Home Berita Properti Primartono: BRI Siap Tawarkan Program KPR Lebaran

Primartono: BRI Siap Tawarkan Program KPR Lebaran

Ditengah situasi wabah Covid-19 Bank BRI berupaya mengoptimalkan produk-produk KPR yang dimiliki. Program utama BRI saat ini adalah KPR Lebaran. Apa daya tariknya.

997
0
Primartono Gunawan
Primartono Gunawan, Divisi Konsumer BRI./ Foto: dokpri

Propertyandthecity.com, Jakarta – Kita tidak tahu kapan wabah pandemik Covid-19 akan berakhir, yang ada baru prediksi-prediksi yang muncul karena sampai saat ini dunia belum menemukan anti virus yang diyakini berasal dari China. Sementara kondisi ekonomi nasional hari-hari ini babak belur karena berbagai keterbatasan akibat wabah Covid-19.

Walaupun demikian, kalau boleh disebut beruntung, beberapa kegiatan bisnis geliatnya masih tampak karena masih ada konsumen yang membutuhkan dan mencarinya. Pelaku bisnis properti, misalnya, mengakui masih ada kegiatan akad kredit KPR. Penjualan properti masih terjadi karena ada konsumen yang mencarinya. Artinya, sesulit apapun situasi peluang tetap masih ada walaupun tidak sebagus sebelum ada wabah.

Baca: Yance Onggo: Citra Maja Raya Sebagai Trigger Awal

Primartono Gunawan, Divisi Konsumer BRI, mengakui wabah pandemik Covid-19 saat ini cukup berpengaruh terhadap bisnis properti karena kecenderungan masyarakat untuk menunda kegiatan di luar rumah akibat keharusan social distancing. Termasuk dalam kegiatan survey-survey lokasi perumahan yang biasanya dilakukan konsumen sebelum menentukan pilihan properti yang akan dibeli. Boleh dibilang tidak ada konsumen yang berani datang ke lokasi.

BRI sendiri, lanjut Primartono, saat ini masih fokus dalam kualitas portofolio KPR karena tidak sedikit masyarakat yang ekonominya terdampak akibat Covid-19. Pukulan ekonomi yang diterima masyarakat tidak bisa dipungkiri berpengaruh terhadap penyaluran fasilitas KPR. “Namun kami yakin dan sangat berharap dengan progres pengendalian Pandemic ini, sehingga kami optimis KPR tetap bisa tumbuh tahun ini,” ujar Primartono, dalam jawaban tertulis kepada Property and the City.

Di tengah situasi serba sulit ini, optimisme tetap menyeruak di BRI dengan tetap menyalurkan KPR kepada masyarakat, terutama calon debitur yang tidak terdampak langsung terhadap wabah pandemik Covid-19. Ini dibuktikan dengan tetap melayani penyaluran KPR kepada nasabah eksisting BRI, ASN, TNI, Polri, dan segmen fix income dan non fix income lainnya yang tidak terdampak.

Baca: Sanny Iskandar: Belum Ada Industri yang “Gulung Tikar”

“Kami tetap melaksanakan akad kredit, dan kami berusaha agar akad kredit tersebut dilakukan sesuai prosedur social distancing, seperti pemakaian masker, memberikan jarak yang cukup dan melakukan pengaturan jadwal akad agar tidak menimbulkan kepadatan antrian atau keramaian di unit kerja kami,” ujar Primartono.

Terkait kemungkinan akad kredit dilakukan secara online karena keharusan social distancing, BRI sesuai dengan regulator dan internal bank, sampai saat ini akad kredit masih dilakukan secara bertatap muka atau face to face. Walaupun demikian tidak tertutup kemungkinan melakukan penyesuaian jika mekanisme online tersebut sudah diatur oleh regulator.

Banyak pengembang mengakui saat ini kalau mau jualan yang paling dicari adalah segmen rumah dengan harga terjangkau dan produk yang affordable house atau end user. “Kami pikir peluang besar tersebut pada segmen end user atau pembeli properti pertama,” ujar Primartono. Mereka inilah yang membeli properti untuk ditempati. Termasuk yang masih menjanjikan adalah pembeli rumah subsidi. Beruntung sampai saat ini penyaluran KPR subsidi relatif masih lancar sesuai dengan kuota subsidi yang diberikan oleh pemerintah.

Baca: Tuti Mugiastuti: Penjualan Rumah Subsidi Turun Lebih dari 60 Persen

BRI sendiri tidak ingin kehilangan moment penting saat ini yaitu di bulan Ramdhan dengan meluncurkan program KPR menarik. Menurut Primartono program utama BRI saat ini adalah “Program KPR Lebaran” yang menawarkan suku bunga yang kompetitif dan masa fix rate hingga 5 tahun. Disamping KPR Lebaran, BRI juga menawarkan program-program lain yang menyesuaikan dengan segmen pasar tertentu, seperti Program ASTRI yang berpayroll di BRI, Nasabah Prioritas BRI. *(Hendaru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here