Beranda Berita Properti HSE Awards 2021, Ciputra Residence: Ada Pencapaian Luar Biasa di Tengah Pandemi

HSE Awards 2021, Ciputra Residence: Ada Pencapaian Luar Biasa di Tengah Pandemi

HSE Award merupakan program penghargaan yang dirancang untuk mengimplementasikan dan membudayakan pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di setiap proyek pembangunan.

1
HSE Awards 2021 yang diselenggarakan oleh PT Ciputra Residence
HSE Awards 2021 yang diselenggarakan oleh PT Ciputra Residence./ Foto: Pius Klobor

Jakarta, Propertyandthecity.comPT Ciputra Residence (Ciputra Group) kembali menggelar Health, Safety, & Environment atau HSE Awards 2021, setelah tidak digelar di tahun lalu lantaran berbagai pembatasan aktivitas masyarakat yang diterapkan pemerintah akibat merebaknya pandemi Covid-19. Meski demikian, sejumlah prestasi terbaik berhasil diraih pada periode penuh tantangan ini.

Lalitya Ciputra Sastrawinata, Ketua Panitia HSE Award 2021 sekaligus juga Direktur PT Ciputra Residence mengatakan, meski pandemi masih berlanjut pada tahun ini, namun Ciputra Residence tetap bisa memberikan apresiasi atas kinerja para kontraktor yang bekerja sama dengan Ciputra.

Baca: John Riady: Sektor Properti Lebih Cerah di 2022

Dan luar biasanya, kata dia, para kontraktor berhasil meningkatkan Health, Safety dan Environment dalam pengerjaan pembangunan proyek. “Dari sebanyak 66 kontraktor, 63 diantaranya mencapai zero accident dan mendapatkan penghargaan Building Contractors With Zero Accident. Selain itu, ada juga 7 proyek PT Ciputra Residence yang mendapatkan penghargaan Project Area With Zero Accident,” ungkap Lalitya di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

HSE Award pada tahun ketujuh ini memberikan penghargaan untuk 7 kategori. Adapun tema yang diusung adalah “Quality Improvement of Health, Safety and Environment for Business Continuity during the Pandemic” atau peningkatan kualitas dalam unsur Health, Safety dan Environment untuk keberlangsungan usaha selama masa pandemi.

“Kriteria penilaiannya didasarkan pada HSE Scoring, NCR CAR, Incident Report, dan Pengamatan. Keempat kriteria penilaian ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam melaksanakan penilaian dan penentuan para pemenang,” sambung Lalitya.

Selain penghargaan untuk kontraktor yang berhasil menerapkan zero accident di proyek pembangunan, ada pula penghargaan “High Rise Building Contractors of Health, Safety & Environment Performance”.

Tiga HSE Officer kontraktor high rise juga berhasil mendapatkan penghargaan “Best Improved Health, Safety & Environment Officer for High Rise Buildings” karena berhasil meningkatkan HSE pada proyek high rise building. Penghargaan serupa diberikan pula kepada tiga HSE Office untuk kategori landed house atau low rise building.

Baca: Pemda Perlu Fasilitasi Penyediaan Tanah Untuk Program Perumahan

Tidak hanya itu, penghargaan juga diberikan kepada tiga kontraktor landed house dengan kategori “Best Initial Health, Safety & Environment Scoring Average For Low Rise Building Contractors”.

Sementara penghargaan terakhir dengan kategori “Most Improved Initial Health, Safety & Environment Scoring For Low Rise Building Contractors” dimenangkan oleh tiga kontraktor landed house lainnya yang berhasil meningkatkan Health, Safety dan Environment dalam proyek pembangunannya.

Implementasikan K3L

HSE Award sendiri merupakan program penghargaan yang dirancang untuk mengimplementasikan dan membudayakan pentingnya Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di setiap proyek pembangunan.

Meski HSE Award sempat tidak bisa dilaksanakan tahun lalu karena pandemi COVID-19, tahun ini PT Ciputra Residence kembali mengadakan HSE Awards secara hybrid (online dan offline).

Strategi PT Ciputra Residence berbuah manis. Hasil yang diperoleh dari pembudayaan ini sangat signifikan. Sejak 2015 hingga 2021, PT Ciputra Residence secara konsisten terus menurunkan angka kecelakaan kerja di proyek-proyek pembangunan. Sebagian besar proyek PT Ciputra Residence bahkan berhasil mencapai target zero accident.

“Penerapan Health, Safety & Environment di lingkungan PT Ciputra Residence berdampak positif terhadap nilai tambah perusahaan. Kami menilai penerapan Health, Safety & Environment bukan sebagai biaya tambahan, tapi merupakan investasi perusahaan dalam memperlancar proses produksi,” ujar Budiarsa Sastrawinata, Presiden Direktur PT Ciputra Residence dalam kesempatan yang sama.

Penghargaan World Safety Organization Indonesia

Momen ini juga dimanfaatkan oleh PT Ciputra Residence untuk mengumumkan bahwa developer properti terbesar di Indonesia ini mendapatkan penghargaan bintang empat dalam implementasi safety culture oleh World Safety Organization Indonesia.

Selain itu, Budiarsa Sastrawinata selaku Presiden Direktur dari PT Ciputra Residence juga mendapatkan penghargaan “CEO Concern Safety Culture”.

Baca: Astra Land Indonesia Raih Empat Penghargaan di Indonesia Property Awards 2021

Penghargaan yang diperoleh PT Ciputra Residence tidak terlepas dari kerja sama antara karyawan dan kontraktor PT Ciputra Residence dalam menerapkan Health, Safety & Environment secara konsisten.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini