Beranda Liputan Utama TOTO TERAPKAN SUSTAINABILITY MELALUI TECHNOLOGY

TOTO TERAPKAN SUSTAINABILITY MELALUI TECHNOLOGY

0
TOTO
Hanafi Atmadiredja Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia Tbk

Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia Tbk Hanafi Atmadiredja mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah gencar mendukung pembangunan berkelanjutan. Bahkan bukan hanya mendukung secara infrastruktur, namun juga memberikan insentif kepada mereka (perusahaan) yang menerapkan konsep sustainability itu.

baca juga, MENAPAK PELUANG GREEN MATERIAL

“Belakangan ini cukup berkembang, pemerintah pun mendukung green economy dengan memberikan insentif,” ungkap Hanafi, Jakarta, (30/01/2024). Diketahui, saat ini pencapaian target pembangunan berkelanjutan menjadi prioritas utama pemerintah dalam hal upaya mengatasi persoalan perubahan iklim global. Penerapan ekonomi hijau (green economy) adalah hal yang wajib dilakukan. Pemerintah
komitmen mendorong tersediannya sumber daya guna mendukung transisi energi berkelanjutan.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso pada forum International Seminar Leveraging Performance
Audit Impact Towards Green Economy, (6/06/2023), menegaskan sebagaimana dilansir dalam website Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia ekon.go.id, bahwa komitmen Indonesia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan itu ditunjukkan dengan meningkatkan target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada National Determined Contributions (NDC) yang menggunakan kemampuan sendiri sebesar 29% menjadi 31,89% dan dengan dukungan internasional sebesar 41% menjadi 43,20%.

Untuk insentif, pemerintah memberikan insentif guna mempercepat sektor bisnis energi terbarukan dan ramah lingkungan. Insentif itu seperti pembebasan pajak dan tunjangan, pembebasan bea masuk, dan pengurangan PPN dan pajak barang mewah, penetapan tarif pajak erdasarkan emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar, serta insentif untuk pembelian kendaraan listrik.

Terkait hal ini, Hanafi menjelaskan produk TOTO sangat mendukung dan sudah menerapkan konsep sustainability itu.

“Produk kamar mandi TOTO kebanyakan sudah ada water-saving fitur atau teknologinya. Mulai dari produk smart toilet yang sudah neorest yang bisa menyeimbangkan keunggulan antara penghematan air dan kinerja flushing, hingga toilet biasa juga kami lengkapi dengan fitur dual-flushing,” terangnya. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa TOTO juga sangat memperhatikan penggunaan air yang efisien. Untuk itu, TOTO sarat dengan teknologi yang mutakhir. “Hand shower TOTO juga dilengkapi dengan pembatas aliran atau flow restrictor untuk efisiensi tinggi dan teknologi hemat air”.

Bicara penerapan teknologi, TOTO juga sudah melakukan inovasi dalam hal peralatan sanitasi, yakni menerapkan sistem Touchless Flush Toilet. Pengguna cukup melambaikan tangan ke atas permukaan tombol flush, lalu sistem membaca dan menjalankan sesuai perintah.

Hanafi Atmadiredja menegaskan bahwa peralatan sanitasi merupakan faktor penting dalam memastikan kebersihan dan kesehatan. “Pola hidup higienis demi kesehatan diri dan keluarga menjadi sebuah keharusan terutama kamar mandi dan toilet yang bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari, baik di tempat umum maupun khususnya di rumah,” ujarnya.

Harga dan Minat Masyarakat

Perusahaan yang menggunakan bahan produksinya ramah lingkungan, semakin diminati masyarakat. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya kehidupan masa depan yang lebih baik. Terlebih generasi millenial yang sarat dengan teknologi dan berfikir lebih luas dan berorientasi kedepan.

“Semakin diminati oleh konsumen, khususnya millenial yang mungkin lebih sadar akan permasalahan lingkungan hidup dan bagaimana menjaga kelestariannya”, jelasnya. Dan dari sisi produksi, penggunaan bahan ramah lingkungan ini lebih mudah. Ini berimbas pada harga yang lebih ramah kantong. “Justru kami ingin membuatnya lebih terjangkau untuk semua masyarakat,” tegasnya.

Jadi, selain alasan itu, penerapan green building atau menggunakan bahan bangunan yang ramah lingkungan menurut Hanafi sangatlah berdampak positif untuk penanganan perubahan iklim atau global warming. Juga, yang perlu ditekankan di sini adalah alasan bahwa perusahaan sangat mendukung konsep sustainability atau keberlanjutan untuk kehidupan masa depan yang lebih ramah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini