Beranda Liputan Utama SUSTAINABLE FUTURE THROUGH EDUCATION

SUSTAINABLE FUTURE THROUGH EDUCATION

0
SUSTAINABLE FUTURE

Jacky Thiodore S. Ars. M.A dalam pemaparannya pada Talkshow Green Development di acara Synergy Green Building Festival, 10 Maret 2023, mengetengahkan bagaimana masa depan berkelanjutan dilihat dari pendidikan.

baca juga, Pasar Modern Paramount Terpilih Jadi Pasar Percontohan Bersih dan Nyaman

Melalui materi presentasinya yang berjudul In Pursuit of Sustainable Future Through Education, Dosen Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH) itu nampaknya mengidolakan arsitek legendaris Indonesia: Dipl. Ing. Bianpoen (1930-2020).

Bianpoen, selain sebagai arsitek, juga dikenal sebagai urbanis, dan pendidik yang punya keteguhan sikap terhadap keadilan, kemanusiaan, dan prinsip-prinsip etika lingkungan. Pertanyaannya terkait arsitektur begitu membekas di kalangan masyarakat, terutama di kalangan Arsitek, yakni pertanyaan sederhana: Arsitektur itu untuk Apa? Untuk Siapa? Arsitek dengan nama lengkap Liem Bian Poen yang lulusan Technische Hogeschool di Delft, Belanda itu juga pernah berkarya di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan berperan sebagai perencana dan peneliti lingkungan perkotaan hingga pertengahan 1980-an.

Adapun teman-teman seangkatan Bianpoen yang menempuh pendidikan di TH Delft antara lain Suwondo Bismo Sutedjo (1928-2019), Soejoedi
Wirjoatmodjo (1928-1981), Kho Lin Hek (Herianto Sulindro, 1928), Oei Jan Beng (1933), Eddy Heryadi (1931), Hoemar Tjokrodiatmo (1931-2019), Yusuf Bilyarta Mangunwijaya (1929-1999), Han Hoo Tjwan (Han Awal, 1930-2016), Oei King Han (1931-2021),
Thung Po Hin (1933), dan Mustafa Pamuntjak (1932-
2020).

Kembali ke tema Sustainable Future Through Education,secara teoritis, pendidikan merupakan kunci untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran akan isu-isu lingkungan dan sosial, mempromosikan perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan membentuk generasi yang peduli terhadap keberlanjutan.

Melalui pendidikan, individu dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk berkontribusi dalam pembangunan yang berkelanjutan. Selain itu, pendidikan juga dapat menginspirasi inovasi dan penelitian untuk menciptakan solusi-solusi yang lebih baik dalam menjawab tantangan lingkungan dan sosial yang dihadapi oleh masyarakat global. Dengan demikian, pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk budaya berkelanjutan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini