Beranda Fashion in the City PADU PADAN SETELAN JAS PRIA

PADU PADAN SETELAN JAS PRIA

0
jas pria

Setelan jas pria merupakan salah satu pilihan serbaguna. Namun, terkadang outfit yang elegan dan mengenakannya bisa menjadi tantangan bagi beberapa pria. Untuk membantu Anda tampil stylish dan percaya diri dengan jas, berikut adalah beberapa tips mengenakan dan mix & match setelan jas pria dengan berbagai gaya:

baca juga, Pengembang Jangan Terlena di Pasar ‘Empuk’, Cermati juga Pasar ‘Gemuk’

1. Ukuran Jas yang Pas

Pertama-tama, pastikan jas yang Anda pilih memiliki ukuran yang pas dengan tubuh Anda. Jas yang terlalu besar atau terlalu kecil akan membuat penampilan Anda kurang rapi dan kacau. Pastikan bahu jas sejajar dengan bahu Anda, lengan jas tidak terlalu panjang, dan potongan jas mengikuti garis tubuh Anda dengan baik.

2. Warna Netral untuk Kesan Elegan

Untuk tampilan formal dan elegan, pilihlah setelan jas dengan warna netral seperti hitam, abu-abu, atau navy. Warna-warna ini mudah untuk di-mix and match dengan kemeja dan aksesoris lainnya. Jika ingin tampil lebih berani, Anda juga dapat mencoba warnawarna seperti biru tua atau cokelat gelap.

3. Kemeja yang Cocok

Penting untuk memilih kemeja yang cocok dengan setelan jas Anda. Jika memakai jas berwarna gelap, kemeja dengan warna terang atau pola yang menarik akan memberikan sentuhan kontras yang menarik. Namun, jika jas Anda memiliki warna cerah atau pola yang mencolok, pilihlah kemeja dengan warna netral untuk menjaga keseimbangan keseluruhan penampilan.

4. Aksesoris Tepat

Aksesoris dapat menjadi sentuhan akhir yang membuat penampilan Anda semakin menonjol. Gunakan dasi atau bowtie yang cocok dengan warna kemeja Anda. Jangan lupa juga memakai ikat pinggang yang sesuai dengan warna sepatu Anda. Jika acara lebih formal, kenakan lencana atau pin di kerah jas Anda untuk memberikan kesan yang lebih elegan.

5. Eksperimen dengan Lapisan

Untuk gaya yang lebih santai dan modern, Anda dapat bereksperimen dengan lapisan pakaian. Cobalah kenakan kemeja polos di bawah jas tanpa dasi, atau bisa juga hanya menggunakan kaus polos dengan jas yang dipadukan dengan celana chino. Penggunaan celana jeans juga
bisa memberikan sentuhan kasual yang menarik dengan jas pria.

6. Celana yang Sesuai

Penting untuk memilih celana yang sesuai dengan potongan jas Anda. Jika jas Anda memiliki potongan ramping (slim-fit), maka gunakanlah
celana yang juga slim-fit untuk menjaga keseimbangan proporsi tubuh Anda. Celana kain berpotongan lurus cocok dengan jas klasik yang
lebih longgar.

7. Perhatikan Sepatu

Sepatu juga berperan penting dalam keseluruhan tampilan Anda. Untuk gaya formal, kenakan sepatu oxford atau loafer yang bersih dan terawat. Untuk acara yang lebih santai, sepatu brogue atau sepatu kasual lainnya dapat menjadi pilihan yang tepat.

8. Kebersihan dan Perawatan

Terakhir, pastikan jas, kemeja, dan aksesoris Anda selalu dalam keadaan bersih dan terawat. Setelan jas yang kusut atau kotor dapat merusak
penampilan keseluruhan. Selalu setrika jas dan kemeja sebelum dipakai, serta simpanlah setelan jas dengan baik agar tetap awet dan tampil
menarik setiap kali Anda memakainya.

Jas dengan Mix and Match alternatif

jas juga cocok untuk busana sehari-hari, loh. Ini karena tidak ada yang baku dalam dunia fashion. Gaya bisa diubah dan juga dipadukan untuk menjadi sesuatu yang berkesan baru. Kendati demikian, tidak banyak kaum pria yang berani melakukan perubahan dalam hal fashion. Mereka kerap merasa ragu untuk memadukan jas dengan fashion item selain kemeja dan celana bahan. Nah, coba deh cek inspirasi tampilan kasual dengan jas berikut ini:

• Gunakan Kaos Oblong Daripada Kemeja

Kaos oblong merupakan fashion item yang kerap kita kenal sebagai pakaian untuk keseharian yang kasual. Nah, Anda bisa coba padukan kaos oblong dengan jas juga loh. Gunakan sneakers juga supaya tampilan Anda terkesan lebih swag, ya.

Tapi ada yang perlu Anda ingat ya saat memadukan kaos dan jas. Kalau jas Anda berwarna terang, hindari kaos dengan warna yang sama terangnya. Ini hanya akan bikin tampilan Anda jadi terlalu menyilaukan. Sebaiknya gunakan kaos berwarna netral atau gelap jika Anda memakai jas warna terang.

• Celana Pendek Sebagai Bawahan

Fashion makin berkembang setiap tahunnya dan ini membuat hampir tidak ada yang tida mungkin untuk dilakukan dalam hal fashion. Contoh nyatanya adalah, Anda bisa mengombinasikan jas dengan celana pendek. Terlihat sedikit aneh mungkin, namun ini sedang menjadi tren di beberapa negara kiblat fashion, seperti Perancis, Korea, dan Jepang. Paduan jas dan celana pendek ini bisa memberi kesan kasual. Sebagai pelengkapnya Anda bisa kenakan kaos, sepatu kets, sandal, atau pantofel. Kenakan jas model slim fit supaya tampilan Anda jadi lebih proporsional, ya.

• Jangan Masukkan Kemeja

Umumnya ketika kita memakai jas, maka paduan yang tepat adalah kemeja yang dimasukkan dalam celana bahan. Kali ini coba jangan kemeja dimasukkan saat memakai jas. Ini akan memberikan nuansa tampilan edgy. Selanjutnya, biar kesan kasual makin terasa, Anda bisa buka dua hingga tiga kancing teratas. Untuk jenis kemejanya, Anda bisa kenakan kemeja kasual. Panjang kemeja ini biasanya berakhir sedikit di bawah ikat pinggang. Potongan kemeja kasual cocok untuk dikenakan dengan model dikeluarkan dan bukannya dimasukkan.

• Kenakan Sneakers

Saat mengenakan jas, akan lebih pas kalau Anda memakai sepatu formal seperti pantofel. Namun, coba deh kenakan sneakers sebagai padanan jas. Gaya kasual Anda akan makin terlihat kala memadukan dua fashion item ini. Meski terlihat sepele, nyatanya mengenakan jas pria nggak sesimpel yang Anda pikir. Ada sederet aturan dasar mengenakan jas yang wajib diketahui setiap cowok.

• Biar jas Anda terlihat bagus di badan (dan tidak terlihat seperti hasil pinjaman), maka ukurannya harus pas. Nggak kedodoran di bahu, panjang lengan juga nggak melewati pergelangan tangan, tepatnya berjarak 3-4 cm dari telapak tangan Anda.

• Saat datang ke acara formal, cowok-cowok seringkali abai soal ukuran kemeja yang dipakai. Lengan kemeja harus 2-3 lebih panjang dari jas yang Anda pakai. Panjang badannya juga nggak boleh lebih panjang dari bokong.

• Selain ukuran kemeja yang ideal, panjang dasi Anda juga nggak boleh menyentuh ikat pinggang, bro. Simpul dasi harus menutupi kancing kemeja dengan simetris dan rapi. Motifnya harus dicocokkan dengan kemeja dan warna jas yang Anda pakai.

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini