Home Kawasan PROPERTI DI BAWAH RP400 JUTA PALING DICARI DI SOLO SEPANJANG APRIL...

PROPERTI DI BAWAH RP400 JUTA PALING DICARI DI SOLO SEPANJANG APRIL – MEI 2022

36
0
PALING DICARI DI SOLO

Solo atau dikenal juga sebagai Surakarta, merupakan salah satu daerah istimewa di Jawa Tengah. Letaknya cukup jauh dari Semarang sebagai Ibu Kota Provinsi Jateng, namun waktu tempuhnya kian singkat berkat kehadiran Tol Solo – Semarang. Selain dikenal sebagai kota wisata, Solo menyimpan banyak potensi dan nyaman untuk ditinggali. Pada tahun 2018, Solo mendapatkan predikat sebagai kota paling layak untuk ditinggali/kota ternyaman di Indonesia. Titel ini didapat dari hasil data survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) yang menilai lima aspek yaitu fasilitas pendidikan, kesehatan, keagamaan, transportasi, dan pengelolaan air bersih.

baca juga, Kredit Rumah di Citaville Pilar Cikarang dan Citaville Parung Panjang Bisa Cicil Sampai 30 Tahun

Wajar bila wilayah yang kini dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka ini disebut sebagai kota ternyaman di Indonesia. Tak hanya tertata rapi Solo terus dilengkapi dengan berbagai fasilitas infrastruktur yang kian berkembang. Di sisi lain, moda transportasi di kota ini pun sangat beragam, termasuk jalur yang menghubungkannya dengan wilayah lain di sekitarnya. Sebut saja Jalan Tol Solo – Semarang yang membuat transportasi antar kedua kota ini semakin singkat.

Tren Pencarian Properti Sekunder di Solo

Banyak hal yang menjadi daya tarik bagi orang untuk berkunjung bahkan menetap di Surakarta, baik untuk berwisata, bersekolah, atau bekerja. Berbagai alasan tersebut pun bisa jadi pengaruh terhadap tren pencarian properti di Solo Raya.

Sepanjang April hingga Mei 2022, Tim Business Intelligence 99 Group mencatat bahwa properti sekunder di bawah Rp400 juta yang dijual di situs Rumah123.begitu diminati dengan persentase jumlah pencarian sebesar 26.05 persen. Pada peringkat kedua, properti dengan harga Rp1 miliar hingga Rp1.5 miliar menjadi incaran dengan persentase 12.67 persen. Sisanya, properti dengan rentang harga Rp400 juta – Rp650 juta,
Rp1.5 miliar – Rp2 miliar, dan Rp650 juta – Rp850 juta menjadi pilihan.

Sementara itu untuk properti disewa, 99.83 persen pencari, membidik properti dengan harga di bawah Rp400 juta pada April – Mei 2022. Sisanya, 0.17 persen pencari berminat untuk menyewa properti dengan harga Rp3 miliar – Rp5 miliar.

Bagi para investor properti, wajib mengetahui daerah mana saja yang memiliki demand pencarian tertinggi. Data Tim Business Intelligence Rumah123.com mengungkap top 5 area properti dijual yang paling diincar selama kurun waktu April – Mei 2022. Kelimanya ialah Solo Baru (17.08 persen), Banjarsari (13.48 persen), Laweyan (10.83 persen), Colomadu (7.84 persen), dan Jebres (7.73 persen).

Selain itu, untuk properti disewa, top 5 daerah yang perlu dijadikan perhatian ialah Colomadu, Solo Baru, Banjarsari, Laweyan, dan Gentan. Kelimanya merupakan wilayah dengan pencarian terbanyak sepanjang April – Mei 2022 dengan persentase pencarian berurutan 17.84 persen, 15.3 persen, 10.16 persen, 9.17 persen, dan 7.53 persen.

Properti apa yang paling diincar di Solo baik dijual maupun disewakan? Berdasarkan data Tim Business Intelligence 99 Group, properti tipe rumah merupakan primadona dengan persentase pencarian yang paling dominan, 75.18 (dijual) dan 65.64 persen (disewa). Pada posisi kedua, untuk properti dijual, tanah begitu diincar dengan persentase pencarian 15.39 persen. Sementara untuk posisi kedua properti disewakan, ruko (shop house) menjadi incaran dengan persentase pencarian 13 persen.

Selanjutnya, untuk properti dijual yang paling diminati ialah ruko (4.31 persen), apartemen (2.26 persen), dan gudang (1.33 persen). Lalu, untuk properti disewakan yang paling diminati selanjutnya ialah gudang (7.92 persen), apartemen (6.69 persen), dan area komersial (4.42 persen) •





LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here