Home Liputan Utama MOST INFLUENTIAL PROPERTY FIGURE IN BROKERAGE

MOST INFLUENTIAL PROPERTY FIGURE IN BROKERAGE

317
1
FIGURE IN BROKERAGE

Darmadi Darmawangsa dan Lukas Bong, dua nama yang sudah tidak asing dalam jagat bisnis properti, terutama bagi para broker atau agen properti Indonesia. Pengalaman mereka menggeluti bisnis ini telah menelurkan banyak hal baru, termasuk inovasi dan terobosan untuk memajukan peran broker properti. Broker tidak sekadar sebagai tenaga penjual properti namun lebih profesional bahkan berkiprah dalam menggerakkan sektor properti Indonesia. Pada tahun ini, melalui event Golden Property Awards 2021 yang berkolaborasi dengan 99 Group, keduanya menyabet penghargaan, Most Influential Property Figure In Brokerage.

Baca juga, INPP Rilis Hunian Mewah, Antasari Place di Jakarta Selatan

Darmadi Darmawangsa, Direktur Utama PT Era Graharealty Tbk (ERA Indonesia)

Malang melintang di industri broker properti, khususnya di ERA Indonesia sejak 1999, pria kelahiran Ujung Pandang tahun 1971 ini juga tentunya memiliki pengalaman yang sangat mumpuni. Darmadi juga pernah memimpin DPP AREBI, persisnya sejak 2009 – 2015, dan saat ini menjabat sebagai Dewan Kehormatan DPP AREBI, termasuk Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Jasa Properti Kadin Pusat.

Sebagai President Director ERA Indonesia sejak 2008 hingga saat ini, Darmadi juga telah menuai banyak sukses berkat sejumlah inovasi dan sederet gebrakan yang dilakukan. Bahkan perusahaan waralaba dan jasa agen real estat yang dipimpinnya tersebut juga telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai PT ERA Graharealty Tbk.

Tidak hanya itu, ERA Indonesia pun tercatat tumbuh signifikan, bahkan di tengah pandemi Covid-19. Sepanjang Januari – Juli 2021, penjualan meningkat hingga 104 persen yang didominasi oleh rumah tapak bekas pakai dengan harga jual lebih dari Rp1 miliar.

Pertumbuhan positif tersebut tentu bukan prestasi Darmadi semata, namun harus diakui bahwa melalui kepemimpinan
dan komitmennya, ERA Indonesia kini semakin tumbuh dan berkembang pesat. ●

Lukas Bong, Ketua Umum DPP AREBI

Sebelum terjun ke broker properti, Lukas bergabung bersama PT Intiland Development Tbk. Krisis ekonomi yang terjadi di 1998 mendorong dirinya untuk masuk ke industri broker properti. Menurutnya, bisnis ini mampu menyerap tenaga kerja yang besar, sehingga Lukas berkomitmen untuk memajukannya.

Diawali dari ERA MAX (ERA Indonesia), bahkan sejak tahun 2001 dia dipercayai untuk menakhodai kantor broker tersebut, niat Lukas semakin kuat untuk mencetak broker-broker profesional. Tahun 2011, Lukas masuk dalam jajaran pimpinan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI), persisnya sebagai ketua DPD AREBI DKI Jakarta. Bahkan periode berikutnya, yakni 2014 hingga 2017, Lukas pun kembali dipercaya memimpin AREBI DKI Jakarta, hingga masuk
dalam jajaran Dewan Kehormatan DPD AREBI DKI Jakarta. “Saya rangkul semua broker, rutin mengadakan berbagai kegiatan. Otomatis anggota juga akan bertambah kalau mereka merasakan manfaatnya,” ujar Lukas.

Melalui Musyawarah Nasional (Munas) AREBI ke VIII di Tangerang Selatan, September 2018 lalu, Lukas Bong pun didapuk menjadi Ketua Umum DPP AREBI dengan berbagai terobosan yang membuat AREBI semakin diperhitungkan dalam industri properti tanah air. Melalui wadah asosiasi yang menaungi berbagai perusahaan dan kantor broker di Indonesia tersebut, Lukas yakin AREBI menjadi energi bagi bisnis properti di tanah air, bahkan saat pandemi. ●

Previous articleINPP Rilis Hunian Mewah, Antasari Place di Jakarta Selatan
Next articleDigelar Hybrid, PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-7 Umumkan Pengembang Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here