Beranda Berita Properti Memasuki Semester Dua Tahun 2023, Metland Raih Laba Rp301 Miliar

Memasuki Semester Dua Tahun 2023, Metland Raih Laba Rp301 Miliar

Pada kuartal tiga, tahun 2023 membukukan laba bersih sebesar Rp301 miliar atau naik 12% dibandingkan periode yang sama.

0
Jajaran direksi PT Metropolitan Land Tbk pada acara paparan publik mengenai kinerja dan rencana Perseroan untuk pengembangan proyek. (Dok. Metland)

Jakarta, Propertyandtecity.com – Memasuki semester dua, tahun 2023, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) pada kuartal tiga, tahun 2023 membukukan laba bersih sebesar Rp301 miliar atau naik 12% dibandingkan periode yang sama sebesar Rp269 miliar. Pendapatan usaha MTLA pada kuartal tiga 2023 sebesar Rp1,284 triliun atau tumbuh sebesar 29% dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp995 miliar.

“Laba Perseroan meningkat ditopang oleh peningkatan pendapatan dari penjualan properti di unit usaha residensial yang naik hingga 35% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan pendapatan berulang yang naik 16% dari tahun sebelumnya,” ungkap Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk pada acara paparan publik mengenai kinerja dan rencana Perseroan untuk pengembangan proyek (13/11).

Metland Cibitung, Metland Cileungsi dan Metland Cyber Puri memberikan kontribusi terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan. “Penjualan rumah tapak masih cukup baik dan isu politik masih dalam situasi yang menurut kami kondusif,” tambah Olivia. Sementara pendapatan berulang Perseroan didorong oleh Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Hotel Horison Ultima Bekasi.

Kontribusi masing-masing bidang usaha MTLA terhadap total pendapatan adalah 71% dari penjualan dan 29% dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat rekreasi dan pendapatan lain-lain. Selain itu, tercatat nilai aset Perseroan pada akhir kuartal III tahun 2023 senilai Rp6,9 triliun dan ekuitas Perseroan Rp5,04 triliun.

Pendapatan Perseroan versi marketing sales hingga Oktober 2023 sebesar Rp1,3 triliun atau 73% dari target tahun 2023. “Kami menyambut baik kebijakan Pemerintah untuk kembali memberikan insentif PPN DTP. Masyarakat yang sudah siap secara finansial dapat langsung memanfaatkan program ini untuk melakukan pembelian dan tidak menunda-nunda, sehingga diharapkan dapat mengejar target sales hingga akhir tahun,” jelas Olivia.

Pengembangan Proyek Berjalan

Saat ini Perseroan memiliki 21 proyek, diantaranya 19 proyek telah berjalan dan dua proyek lainnya dalam persiapan. Perseroan hingga kuartal III tahun 2023 telah menambah proyek baru diantaranya unit usaha One District at Puri, sebuah area commercial block yang berada di dalam kawasan Metland Cyber Puri. Selain itu, MTLA juga telah mengoperasikan unit komersial baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud di Bali pada pertengahan tahun 2023 yang lalu.

Perseroan terus melanjutkan pemasaran proyek residensial seperti Metland Cyber Puri yang memasarkan cluster The Nortbend phase 3, Metland Menteng yang memasarkan Cluster Costaria, Metland Transyogi Cibubur yang memasarkan Cluster Ivory, Metland Cileungsi yang memasarkan tipe Alstonia dan Metland Cibitung yang memasarkan cluster Barcelona Cove. Selain itu, Perseroan akan segera meluncurkan proyek residensial terbarunya yaitu Metland Cikarang pada akhir tahun 2023.

Penghargaan & CSR

Pada bulan Mei 2023 yang lalu, Perseroan berhasil meraih penghargaan bergengsi Asia Pacific Property Awards 2023 – 2024 dengan kategori “Mixed Use Development” untuk proyek Metland Cibitung dan kategori “Residential Development 20 Plus Units” untuk proyek The Riviera at Puri.

Sebagai rangkaian menyambut hari jadi Metland ke 30 tahun, Perseroan terus melakukan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan dan sesama, diantaranya penanaman dan pembagian pohon dengan jumlah lebih dari tiga ribu pohon yang dilakukan di proyek Metland Cibitung dan Metland Cikarang, yang akan dilanjutkan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 28 November mendatang bekerjasama dengan Real Estate Indonesia (REI) di seluruh proyek Metland.

Melalui Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) Perseroan juga menggelar pengobatan massal dan pembagian sembako gratis sebanyak seribu pasien dikawasan Metland Cikarang, dan kegiatan sosial rutin  lainnya seperti donor darah hingga bantuan sosial bagi panti asuhan maupun panti jompo yang berada disekitar area proyek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini