Beranda Berita Properti 7 Tips Membuat Taman di Halaman Rumah dengan Lahan Terbatas

7 Tips Membuat Taman di Halaman Rumah dengan Lahan Terbatas

Menurut International Journal of Environmental Health Research, taman memiliki manfaat; mengurangi stres, tekanan darah, dan detak jantung, serta mendorong aktivitas fisik dan meningkatkan suasana hati, dan kesehatan mental.

0
Ilustrasi taman minimalis. (Sumber: Okegarden)

Selain dapat mempercantik rumah kita, taman memiliki banyak manfaat lainnya. Menurut studi yang diterbitkan International Journal of Environmental Health Research, taman memiliki manfaat; mengurangi stres, tekanan darah, dan detak jantung, serta mendorong aktivitas fisik dan meningkatkan suasana hati, dan kesehatan mental.

Pada umumnya hunian di perkotaan memiliki halaman terbuka yang terbatas, namun halaman terbatas itu bisa kita siasati jika kita mengetahui apa saja yang diperlukan untuk membuat taman tersebut. Berikut 7 tips sebelum kita membuat taman di rumah.

    1. Hitung Luas Lahan yang Tersedia

Sebelum mulai membuat taman depan rumah, Anda harus menghitung luas lahan yang tersedia. Hal ini harus dilakukan agar nantinya taman yang Anda inginkan bisa sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada. Selain itu, akan berpengaruh pada konsep maupun tema dan jenis tanaman yang ditanam.

Tidak ada patokan khusus di mana letak lokasi untuk membuat taman. Akan tetapi area yang paling baik untuk menanam tanaman rumah adalah di teras bagian depan rumah. Anda bisa memanfaatkan area sudut di depan halaman rumah.

    2. Tentukan Konsep Taman Anda

Agar lebih mudah menentukan bagaimana jadinya taman Anda, sesuaikan konsep taman dengan tema keseluruhan rumah. Hal tersebut sangat penting agar sinkron atau sesuai dengan konsep rumah yang Anda miliki.

Hal ini diperlukan agar kita mengetahui apa jenis taman yang diinginkan. Apakah berbentuk kebun sayur, taman kecil berisi bumbu dapur, atau kebun bunga? Agar kita bisa mempersiapkannya dengan matang. Anda sebelumnya juga harus mencari referensi sebanyak-banyaknya agar ada gambaran bagaimana jadinya taman Anda nantinya.

     3. Ketahui Kondisi Tanah

Sebelum menggunakan media tanam, kita harus mengetahui bagaimana kondisi lahannya, jika tanah kita memiliki tekstur yang agak basah atau gembur, bisa langsung ditanam dengan tanaman yang kita inginkan. Jika tidak, harus disiasati seperti, dengan memberikan pupuk organik dan memastikan penyebarannya yang merata dengan baik.

     4. Pilih Jenis Tanaman yang Kita Inginkan

Pastikan jenis tanaman yang Anda pilih dalam cara membuat taman sendiri ini sudah sesuai dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan. Anda harus mempertimbangkan ruang tumbuh tanaman nantinya.

Karena tanaman akan tumbuh besar, dan Anda harus memperkirakan seberapa besar tumbuhnya agar tidak mengganggu tanaman yang lainnya maupun rumah Anda.  Sebaiknya, lapisi tanah dengan dominasi rumput taman, sementara tanaman lainnya cukup 3-4 jenis.

    5. Perhatikan Pasokan Air dan Pupuk

Sebelum mendesain taman untuk halaman kita, jangan lupa untuk memastikan ketersediaan pasokan air serta pupuk yang akan kita gunakan nantinya. Jika tanaman yang Anda tanam cukup banyak, maka Anda harus perhatikan ketersediaan saluran air untuk mengatur dan menyerap kelebihan air agar tidak menggenang.

Jika air menggenang, maka bisa membuat tanaman Anda cepat busuk di bagian akar. Selain itu pastikan nutrisi tanaman kita nantinya apakah cukup atau tidaknya. Karena tanaman jika tidak ada nutrisi tanaman pun akan mudah mati.

    6. Persiapkan Anggaran yang Dibutuhkan

Jika Anda menggunakan jasa orang lain untuk pembuatan taman, maka Anda harus menyiapkan anggaran lebih. Bahkan harus dipersiapkan anggaran untuk hal yang tak terduga.

Karena ada kemungkinan anggaran dapat membengkak akibat adanya hal-hal tak terduga dalam proses pembuatannya, di luar rencana yang Anda buat. Jika kita membuatnya sendiri, kemungkinan selisih dari anggarannya akan sedikit berkurang, karena kita bisa atur sesuai biaya yang ada.

    7. Buat Target dan Waktu yang Jelas

Visi dalam membuat taman memang berbeda-beda bagi tiap orang. Agar Anda tidak kewalahan, bagi proyek cara membuat taman depan rumah ini dalam beberapa fase dan beri target waktu yang jelas serta terukur.

Hal ini dilakukan untuk rencana jangka pendek bisa diselesaikan satu persatu, dkarena semakin lama jangka waktu yang dibutuhkan, semakin berkurang pula mood untuk kita membangun taman di rumah. Selain itu, prosesnya akan membuat tanaman yang sudah tertanam akan terbengkalai.

 

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini