Beranda Berita Properti Bingung Memilih Warna Tampak Rumah? Berikut Langkah-Langkah Sebelum Memilihnya

Bingung Memilih Warna Tampak Rumah? Berikut Langkah-Langkah Sebelum Memilihnya

Memilih cat rumah memang tricky, atau gampang-gampang susah, namun jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan baik, akan memperkecil kemungkinan kita untuk salah memilih cat rumah. Buatlah persiapan yang matang, dan jangan terburu-buru.

0
Contoh kombinasi cat eksterior rumah (Dok. static.asianpaints)

Memilih warna tampak rumah bisa membuat kita bingung, tapi salah memilih warna cat eksterior rumah bisa lebih membuat stres. Dalam semua aspek waktu, uang, dan keberadaan, ini adalah keputusan yang besar. Untungnya, beberapa langkah yang dipertimbangkan dengan cermat dapat membantu Anda menavigasi pekerjaan ini dengan sukses.

  1. Kenali Gaya dan Lingkungan Rumah Anda

Meskipun Anda tidak perlu terikat oleh tradisi, secara tidak langsung gaya rumah memang memberikan panduan saat Anda memilih warna tampak rumah. Seperti halnya rumah, Anda yang memberikan inspirasi, lingkungan Anda juga dapat memberikan inspirasi mengenai warna cat yang terbaik. Apakah Anda tinggal di daerah dengan rumah-rumah bersejarah, atau daerah pinggiran kota yang lebih baru dengan beberapa tema dominan? Gunakan itu untuk memberi Anda acuan awal.

  1. Amati, Tiru, Modifikasi

Saat Anda mencoba memperkecil kemungkinan warna cat Anda nantinya, berkelilinglah di sekitar lingkungan dan ambil foto palet warna eksterior yang Anda sukai, atau rumah yang mirip dengan rumah Anda.

  1. Jangan Terjebak dalam Tren

Tetapkan selera Anda, tren dapat mengubah pilihan kita sebelumnya karena mungkin selera Anda bisa saja berbeda dengan orang kebanyakan. Jadi Anda harus memiliki pendirian dalam memiliki selera, jika tidak suatu saat Anda akan menyesal karena mengikuti tren yang sedang marak.

  1. Lihatlah Konsep ke Rumah Anda untuk Panduan

Rumah Anda mungkin sudah memiliki beberapa warna sebelumnya dan harus disertakan dalam skema warna cat rumah Anda nantinya: batu bata atau batu pada fondasi, trim jendela, bahkan atap. Semua itu bisa menjadi dasar untuk memilih warna cat. Karena banyak orang tidak mengerti seberapa besar pengaruh warna tetap yang ada saat memilih warna cat.

Sebagai contoh, ukuran rumah juga mempengaruhi tampilan warna. Rumah yang sangat besar dan dicat dengan warna gelap mungkin terlihat tidak menyenangkan dan suram, sementara skema warna yang terlalu terang pada rumah kecil dapat menghasilkan rumah yang tidak terasa membumi.

  1. Gunakan Color Wheel Rules

Banyak kombinasi warna rumah yang sukses menggunakan tiga warna-satu warna dominan dan dua aksen, termasuk satu warna yang sering kali lebih kaya atau lebih cerah daripada yang lain. Jika ragu, andalkan panduan warna yang sudah teruji dan benar dari roda warna. Warna-warna yang bersebelahan (analog) bekerja dengan baik bersama-sama, seperti halnya warna yang berlawanan, juga disebut warna komplementer, dan juga koordinasikan warna trim Anda untuk menyelaraskannya.

  1. Setelah Anda Memiliki Pilihan, Cobalah Terlebih Dahulu

Setelah Anda memperkecil kemungkinan pilihan warna tampak rumah Anda menjadi beberapa pilihan, ambil sampel warna dan catlah dalam petak-petak besar. Lihatlah pada waktu yang berbeda sepanjang hari, di bawah sinar matahari dan bayangan atau dalam gelap. Jika Anda masih belum bisa memutuskan, pekerjakan seorang desainer yang Anda percayai atau ajaklah seorang teman untuk memberikan pendapat.

Memilih cat rumah memang tricky, atau gampang-gampang susah, namun jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan baik, akan memperkecil kemungkinan kita untuk salah memilih cat rumah. Buatlah persiapan yang matang, dan jangan terburu-buru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini