Home Secondary Market HARGA RUMAH SEKEN DI OKTOBER NAIK, DEPOK PALING PESAT TAPI TANGSEL MASIH...

HARGA RUMAH SEKEN DI OKTOBER NAIK, DEPOK PALING PESAT TAPI TANGSEL MASIH PALING DIINCAR

59
0
rumah seken

Pertumbuhan industri properti Tanah Air pada Oktober 2022 terus menunjukkan progres yang sangat baik. Salah satunya dengan sinyal dari kenaikan harga rumah seken di Indonesia pada Oktober 2022 jika dibandingkan dengan laporan September 2022. Data tersebut bersumber dari Flash Report Edisi Oktober 2022 yang barubaru ini diluncurkan. Dalam laporan tersebut disebutkan juga bahwa, kondisi ini didukung oleh meroketnya tren pasar rumah seken yang semakin perkasa dengan kenaikan harga dan suplai pada bulan tersebut.

Berdasarkan data Flash Report November 2022 grafik pergerakan harga rumah seken yang cukup stabil. Dalam laporan tersebut, rata-rata harga rumah di Indonesia menunjukkan kenaikan sebesar 0.1% pada bulan Oktober 2022 dengan perbandingan bulan sebelumnya. Melihat komparasi antar tahun, keseluruhan harga rumah lebih tinggi 3,0 persen dari bulan Oktober 2021. Kenaikan pertumbuhan harga rumah
seken secara umum dipengaruhi oleh kenaikan suplai selama 5 bulan terakhir.

baca juga, Naik Lebih dari 91%, Triniti Land Catatkan Marketing Revenue Rp948,09 Miliar

Di Jabodetabek, jika dilihat secara bulanan, Jakarta, Depok, dan Bogor mengalami kenaikan harga sebesar 0,4 persen, 0,1 persen dan 1,0 persen secara berurutan.

Dalam statistik Flash Report 99 Group tersebut juga tercatat bahwa 10 dari 13 kota mengalami kenaikan harga secara year-on-year. Kenaikan harga tahunan tercepat terjadi di Depok dengan kenaikan tahunan 6,0 persen.

Rumah di Depok Alami Kenaikan Harga Tertinggi

Masih menurut Flash Report Rumah123.com edisi November 2022, tercatat harga rumah di Kota Depok terus mengalami pertumbuhan selama 11 bulan terakhir. Saat ini, Depok merupakan area potensial untuk pengembangan properti residensial, dengan dipengaruhi beberapa faktor.

Adapun faktor tersebut mulai dari lokasi yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, penyediaan infrastruktur yang memadai meliputi Tol DepokAntasari dan Tol Serpong-Cinere, hingga tersedianya jalur commuter line.

“Pengembangan properti di Depok pada tahun mendatang masih akan terfokus pada Cimanggis, Cinere, dan Sawangan. Kehadiran sarana transportasi publik berupa tol Cimanggis-Cibitung, Cimanggis-Cinere, dan Cinere-Serpong, jadi faktor utama pengembangan properti di Depok,” ucap Country Manager Rumah123. com, Maria Herawati Manik lewat siaran persnya, Senin (28/11/2022).

Harga rumah di area Depok pun relatif lebih terjangkau dibandingkan kota satelit lainnya di DKI Jakarta seperti Tangerang ataupun Bekasi.

Harga Rumah Seken di Berbagai Daerah Indonesia Lainnya

Kenaikan Harga Rumah Month on Month (MoM)

Untuk kota besar lainnya di Pulau Jawa, dilihat secara bulanan, harga rumah di Surabaya dan Yogyakarta mengalami kenaikan sebesar 0,1 persen dan 5,1 persen secara berurutan.

Sementara Bandung, Semarang, dan Surakarta mengalami penurunan sebesar 0,7 persen, 0,1 persen, dan 0,9 persen secara berurutan. Untuk kota besar di luar Pulau Jawa, Makassar mengalami pertumbuhan harga sebesar 2,2 persen di bulan Oktober 2022 dibandingkan bulan September 2022.

Sementara harga rumah di Medan dan Denpasar turun sebesar 0,8 persen dan 1,1 persen secara berurutan pada bulan Oktober.

Kenaikan Harga Rumah Year on Year (YoY)

Secara year-on-year, harga rumah di Bandung, Surabaya dan Semarang naik sebesar 3,0 persen, 2,7 persen dan 3,7 persen secara berurutan, sedangkan harga rumah di Yogyakarta dan Surakarta sama-sama turun sebesar 1,1 persen.

Lalu, harga rumah di Medan dan Denpasar tumbuh sebesar 2,3 persen dan 1,6 persen secara berurutan, sementara Makassar mengalami penurunan sebesar 0,1 persen.•

+ posts
Previous articleNGINAP BAJET MINIMAL, TAHUN BARUAN JADI SENANG
Next articleVARIAN GRANITE “BIG SLAB”, Ukurannya Lebih Besar dan Tahan Lebih Lama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here