TREN PERUMAHAN JABODETABEK – BANTEN

0
389
Jabodetabek Banten

Tren Pertumbuhan Nilai Penjualan Rumah Jabodetabek – Banten

Propertyandthecity.com – Setelah penurunan 14,2% (qtq) pada Q2/2019 sebagai dampak siklus musiman tahun ajaran baru dibarengi dengan perayaan Idul Fitri, pada Q3/2019 pasar kembali mengalami kenaikan 32,0% berdasarkan nilai penjualan.

Tren Pertumbuhan Unit Terjual Rumah Jabodetabek – Banten

Jabodetabek Banten

Sejalan dengan kenaikan nilai penjualan, jumlah unit terjual juga mengalami kenaikan bahkan lebih tinggi sebesar 34,8%.

Jabodetabek Banten

Tangerang dan sekitarnya masih membukukan penjualan terbesar. Pergerakan di Bekasi dan Bogor relatif tidak bergerak signifikan. Kenaikan penjualan terjadi di Serang – Cilegon.

Baca: PERSEPSI PASAR MASIH BELUM SEJALAN

Tren Pertumbuhan Harga Jual

Harga Rata-Rata Terjual (Rp)

Harga Rata-Rata Terjual

Pertumbuhan Harga (%)

Pertumbuhan Harga

Tren Pertumbuhan Harga JualPenjualan masih didominasi oleh rumah dengan harga jual Rp300 – Rp500 jutaan. Pengembang relatif masih berhati-hati untuk menaikkan harga jual.

 

 

 

 

Market Commentary

Kondisi PasarKondisi Pasar

Peningkatan terjadi pada triwulan 3 khususnya untuk segmen harga Rp300 – Rp500 juta. Meskipun demikian di beberapa wilayah di Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, penjualan rumah di segmen > Rp1 Miliar mulai bergerak meskipun belum signifikan.
Pengembang relatif masih menahan harga jual sambil melihat dinamika pasar ke depan.

Prospek PasarProspek Pasar

Faktor strategis yang akan menjadi pemicu kenaikan penjualan perumahan diperkirakan berasal dari tren suku bunga yang menurun. Pasar konsumen end-user dengan rentang harga Rp300 – Rp500 jutaan akan tetap menjadi primadona. Sedangkan pasar investor relatif belum akan masuk sampai 1 semester ke depan