Home Liputan Utama TOL SERPONG-BALARAJA TINGKATKAN KONEKTIVITAS DAN ARUS LOGISTIK

TOL SERPONG-BALARAJA TINGKATKAN KONEKTIVITAS DAN ARUS LOGISTIK

103
2
TOL SERPONG-BALARAJA

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A telah dapat dilalui oleh masyarakat secara fungsional mulai 10 Agustus 2022 hingga 21 Agustus 2022. Peresmian akan dilakukan dalam waktu dekat.

baca juga, SERPONG-BALARAJA BAKAL MERAJA, Arah Perkembangan Wilayah

Pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol terus digalakkan oleh pemerintah dalam upaya membuka akses dan menumbuhkan perekonomian wilayah sekitar. Salah satunya adalah Jalan Tol SerpongBalaraja (Serbaraja) yang sudah dimulai sejak 2020 lalu oleh Kementerian PUPR.

Tol sepanjang 39,80 kilometer ini menghubungkan wilayah Barat Jakarta, tepatnya dari Kota Tangerang Selatan dengan Kabupaten Tangerang. Tol Serbaraja merupakan sambungan dari ruas Tol Ulujami-Serpong yang dirancang untuk mempersingkat waktu tempuh dari Serpong (BSD) menuju Jakarta dan Merak.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran Jalan Tol Serpong-Balaraja, selain meningkatkan konektivitas menuju wilayah Jakarta juga menjadi akses menuju Merak dan Lampung karena terhubung dengan Balaraja yang menjadi akses masuk ke Tol Tangerang-Merak. “Dengan meningkatnya konektivitas, kawasan industri yang terkonsentrasi di Tangerang hingga Serang dan Cilegon dapat terlayani kebutuhan logistiknya,” kata Basuki.

Selain itu, Tol Serbaraja juga akan mendukung pengembangan wilayah di sisi Barat Jakarta, salah satunya Kota Baru Maja bahkan hingga Lebak. Jalan Tol Serpong-Balaraja direncanakan memiliki 8 Simpang Susun (SS) yang bisa menjadi akses baru dari Serpong hingga Balaraja yakni SS CBD, SS Industri, SS Legok, SS Mekar Jaya, SS Pasir Barat, SS Jambe, SS Cileles, dan SS Tigaraksa. Tol ini terdiri atas 3 seksi, yakni seksi I Serpong-Legok (±9,8 km), seksi II Legok-Pasir Barat (±11,5 km), dan seksi III Pasir Barat-Balaraja (±18,6 km).

Total nilai investasi pembangunan tol tersebut yakni sebesar Rp6,04 triliun, sementara biaya konstruksi sekitar Rp2,70 triliun. Skema pembiayaan pembangunan tol ini merupakan salah satu contoh jalan tol yang diinisiasi oleh pihak swasta untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan jaringan jalan bebas hambatan.

Adapun untuk pembangunan Tol Serbaraja Seksi 1A sepanjang 5,15 kilometer yang terdiri dari 3 paket pekerjaan dilakukan oleh kontraktor PT Trans Bumi Serbaraja.

Beroperasi Fungsional

Untuk diketahui, Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A telah dapat dilalui oleh masyarakat secara fungsional mulai 10 Agustus 2022 hingga 21 Agustus 2022. Pengoperasian sementara tanpa tarif (gratis) tersebut juga dalam rangka menyambut kehadiran pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja telah merampungkan pembangunan tol sepanjang 5,15 km tersebut. Managing Director President Office Sinar Mas Land & Direktur PT Trans Bumi Serbaraja Dony Martadisata mengatakan, tol ini menghubungkan ujung jalan tol
eksisting (Ulujami-Pondok Aren-Serpong) di sisi klaster The Green BSD City menuju simpang susun CBD BSD City (di sisi AEON Mall) dan terkoneksi langsung dengan kawasan Transit-Oriented Development (TOD) Intermoda BSD City. “Ruas tol ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR pada 22-24 Juni 2022 lalu,” katanya.

Menurut Dony, infrastruktur konektivitas pada Tol Serbaraja Paket 1A merupakan bentuk partisipasi Sinar Mas Land untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Selain untuk mempermudah mobilitas masyarakat, pembangunan Tol Serbaraja dimaksudkan untuk menyediakan jalur alternatif guna memperlancar distribusi pasokan komoditas dalam meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang serta Provinsi Banten yang berpotensi semakin berkembang,” terangnya.

Tol Serbaraja akan terkoneksi dengan sejumlah tol lainnya yakni Tol Jakarta-Serpong, Tol Jakarta-Merak, JORR dan berbagai ruas tol di Pulau Jawa. Pada bagian jalan Tol Serbaraja seksi 1A, PT Trans Bumi Serbaraja telah memasang sejumlah petunjuk jalan, pembatas jalan, lampu penerangan, tanda jalan hingga mesin untuk transaksi non-tunai dan portal pembatas kendaraan di gerbang tol.•

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here