Beranda Property Tips RENOVASI RUMAH

RENOVASI RUMAH

0
renovasi rumah

Banyak berbagai cara untuk menghadirkan rumah impian menjadi kenyataan. Renovasi rumah bisa jadi salah satu cara yang menarik
untuk dilakukan dalam menghadirkan hunian idaman sesuai dengan keinginan Anda. Apalagi jika Anda sudah tinggal cukup lama di rumah yang sedang ditempati saat ini. Pemugaran atau renovasi rumah cukup perlu dilakukan agar umur hunian yang Anda miliki saat ini bisa bertahan lama dan mungkin bisa juga diwariskan kepada generasi berikutnya.

baca juga, MUSTIKA GARDEN TAMANSARI, KOLABORASI 3 PENGEMBANG DENGAN HARGA TERJANGKAU

Meskipun renovasi rumah bisa jadi alternatif dalam menekan biaya pengeluaran dalam menghadirkan rumah impian, kegiatan menata rumah kembali juga bukan hal yang terbilang murah untuk dilakukan. Oleh karena itu, perencanaan yang matang perlu dilakukan, terutama soal budget atau anggaran dana yang dibutuhkan agar hasil renovasi rumah bisa sesuai dengan apa yang telah Anda idamkan selama ini.

Renovasi rumah juga merupakan salah satu bentuk perawatan rumah yang bisa dilakukan agar rumah tetap terjaga dalam kondisi prima, agar seiring berjalannya waktu rumah tetap nyaman, indah, dan mampu mengakomodir kebutuhan penghuninya.

URUTAN RENOVASI RUMAH TINGGAL

  • Persiapan renovasi rumah, yang termasuk dalam hal ini adalah perencanaan kapan akan melakukan renovasi, berapa biaya yang dianggarkan, dan hal-hal lain yang mendukung kelancaran renovasi rumah.
  • Pembuatan data existing rumah, jika kita bekerjasama dengan penyedia jasa desain rumah online maka perlu menyiapkan data rumah sekarang meliputi seperti apa denah perletakan ruangan, foto existing dan data lain yang diperlukan untuk membuat desain renovasi rumah.
  • Perencanaan rumah pasca renovasi, langkah selanjutnya adalah merencanakan seperti apa hunian yang akan kita bangun nantinya.
  • Pendatangan material dan tenaga kerja ke lokasi pembangunan rumah.
  • Pelaksanaan renovasi rumah, setelah direncanakan dengan matang maka bisa dilanjutkan dengan proses pelaksanaan dengan berpedoman hasil perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya.
  • Perawatan rumah, setelah direnovasi maka perlu adanya pemeliharaan bangunan agar tetap dapat berfungsi dengan baik, awet serta tetap layak untuk digunakan.

HAL PENTING UNTUK DIPERTIMBANGKAN SEBELUM MELAKUKAN RENOVASI RUMAH

Maka dari itu, renovasi rumah merupakan alternatif yang bisa Anda pilih sebagai cara menghadirkan impian jadi kenyataan. Namun, sebelum memulai melakukan renovasi rumah, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

1. Rencanakan Renovasi Secara Matang

Perencanaan merupakan langkah awal agar setiap kegiatan atau impian Anda dapat terlaksana dengan baik, bahkan sempurna. Begitupun dengan renovasi rumah. Untuk rencana awal, pastikan Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai gambaran rumah idaman sebelum melakukan rumah. Anda bisa melakukan konsultasi kepada pihak-pihak yang ahli di bidangnya, seperti arsitek dan desainer interior. Tahap
konsultasi ini dianggap perlu agar gambaran yang Anda miliki terkait rumah idaman tersebut bisa terlihat secara konkret, meskipun masih dalam sketsa 2D atau 3D. Perhatikan juga tentang material yang akan digunakan, sebab material tersebut memiliki peranan dalam menjaga kondisi rumah setelah renovasi jadi lebih awet. Biasanya Anda juga akan diberikan estimasi biaya dari para ahli di bidang renovasi rumah. Sebagai perbandingan, Anda bisa untuk mencari referensi lain agar baik dari segi desain rumah dan biaya berada dalam titik yang sesuai.

2. Persiapkan Anggaran Renovasi Rumah

Setelah mendapatkan gambaran yang cukup jelas dan rencana yang detail, langkah selanjutnya adalah mulai untuk membuat perincian budget atau anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah. Jika Anda menggunakan jasa arsitek, desainer interior, atau kontraktor, biasanya rancangan anggaran renovasi rumah ini sudah termasuk ke dalam jasanya. Jadi pada masa konsultasi yang lebih lanjut, para ahli tersebut akan memberikan proposal anggaran yang menjelaskan perincian biaya yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah impian Anda. secara umum, anggaran yang Anda miliki nantinya tersebut akan berisi penjelasan biaya menggunakan rumus volume pekerjaan x harga
satuan. Volume pekerjaan tersebut biasanya dihitung dalam satuan meter (m), meter persegi (m2), atau meter kubik (m3) tergantung dari luas bangunan atau lahan yang akan dilakukan proses renovasi. Sedangkan untuk harga satuan mengacu pada akumulasi biaya material serta biaya tenaga kerja.

3. Kenali Luas Bangunan Dan Lahan Rumah Anda

Mengetahui bahwa luas bangunan atau lahan yang Anda miliki memiliki peranan besar dalam mengatur biaya yang dibutuhkan pada proses renovasi rumah, ada baiknya Anda mengenal lebih detail tentang rumah Anda sebelum direnovasi. Terutama mengenai luas bangunan dan lahan pada rumah Anda. Dengan mengenal lebih detail tentang rumah, bisa saja Anda tidak membutuhkan perombakan rumah secara besarbesaran, seperti merekonstruksi ulang ruangan dari nol yang akan juga membantu Anda dalam memangkas biaya renovasi rumah.

4.Selalu Sediakan Dana Tak Terduga

Meskipun Anda telah menyetujui dan menentukan budget yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah impian, perlu diingat bahwa Anda membutuhkan cadangan biaya untuk hal-hal yang tidak terduga. Kejadian yang di luar rencana ini bisa saja hadir dari perubahan harga bahan baku renovasi rumah saat di tengah-tengah proses renovasi atau faktor alam yang harus menunda pekerjaan sehingga waktu dan biaya pun harus terkuras. Pastikan untuk menyiapkan dana tidak terduga sebesar 10 hingga 20 persen dari budget anggaran utama agar proses renovasi rumah tetap berjalan lancar.

TIPS MEMILIH KONTRAKTOR RENOVASI RUMAH

Secara umum, pasti Anda dan keluarga memiliki tukang bangunan atau kontraktor langganan yang biasanya sudah turun temurun jadi pilihan utama di keluarga untuk pengerjaan pembangunan atau renovasi rumah. Namun, terkadang rencana tersebut bisa saja tidak terlaksana karena waktu dari kedua belah pihak yang tidak sesuai. Oleh karena itu, Anda pun harus siap memiliki kontak kontraktor cadangan lainnya yang dapat
mengisi kekosongan tersebut dan bisa menjalankan renovasi rumah idaman Anda sesuai timeline yang Anda inginkan. Bagi Anda yang belum punya kontraktor renovasi rumah cadangan, berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti.

– Rekomendasi tetangga
Dalam mencari rekomendasi kontraktor yang mumpuni untuk mengerjakan proyek renovasi rumah, Anda bisa mulai dengan cara menanyakan terlebih dahulu kepada para tetangga di sekitar rumah Anda. Pasalnya, dengan cara ini Anda bisa mengetahui secara detail tentang pengerjaan kontraktor tersebut melalui rumah tetangga Anda. selain itu, Anda juga bisa menanyakan tentang biaya tenaga kerja yang ditawarkan dari rekomendasi kontraktor tersebut, sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.

– Rekomendasi secara online
Di zaman modern seperti ini, hampir semua aspek berjalan secara digital dan online. Tidak terkecuali jasa kontraktor rumah. Melalui internet akan ada banyak penawaran yang bisa Anda temukan dalam mencari kontraktor yang sesuai dengan kebutuhan renovasi rumah Anda. Anda pun juga memiliki kemungkinan mengetahui rekam jejak pekerjaan yang telah dilakukan oleh kontraktor tersebut, dimulai dari portofolio yang ada, seperti dokumentasi proyek renovasi rumah yang pernah dikerjakan atau testimoni dari para konsumennya terdahulu.

Renovasi sendiri banyak macamnya, mulai dari skala kecil, skala sedang, hingga skala besar yaitu renovasi rumah secara total dan menyeluruh.

Anda bingung menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan renovasi rumah?

– Usia Rumah Sudah Melebihi 10 Tahun
Rumah dengan kualitas terbaik sekalipun tidak akan bisa selalu terlihat baru, tidak pula mampu bertahan tanpa kerusakan selamanya, akan tiba waktunya rumah tersebut tetap membutuhkan perbaikan dan renovasi. Kondisi setiap rumah tentu saja berbedabeda, namun saat usia rumah sudah memasuki usia 10 tahun, tidak ada salahnya jika Anda mulai melakukan inspeksi teknis untuk melihat kelayakan bangunan
rumah secara menyeluruh.

Anda bisa menunjuk tim ahli untuk menilai kelayakan teknis bangunan ini, karena cukup banyak hal yang harus diperiksa, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan sistem dan kekuatan struktur bangunan, serta sistem dan kelayakan utilitas bangunan.

– Rumah Menunjukkan Beberapa Tanda Kerusakan
Seiring berjalannya waktu, merupakan hal yang wajar jika mulai ditemukan tanda-tanda kerusakan rumah. Seperti atap rembes bahkan bocor, cat yang mulai mengelupas, retak rambut pada dinding, lantai mulai berderit dan keropos, pipa saluran mampet, hingga kerusakan pada sistem kelistrikan.

Jika salah satu atau lebih dari tanda-tanda kerusakan tersebut muncul dan mengganggu fungsi rumah, maka jangan segan untuk segera merencanakan perbaikan dan renovasi rumah, baik skala kecil, sedang, maupun besar. Karena tanda-tanda kerusakan rumah tersebut
tidak hanya akan berdampak pada aspek estetika dan keindahan saja, namun juga bisa berdampak pada aspek keselamatan penghuni.

– Kebutuhan Ruang Berubah
Kebutuhan penghuni tentu akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, misalnya penambahan jumlah anggota keluarga sehingga membutuhkan banyak ruangan baru. Bisa juga perubahan hobby, perubahan pekerjaan, atau anak-anak yang mulai menginjak usia
remaja bahkan dewasa, yang kemudian berdampak pada perubahan kebutuhan fungsi ruangan.Atau bisa juga rumah mulai terasa sempit dan membutuhkan pengorganisasian ulang.

Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan kebutuhan ruang ini, dan renovasi adalah jawaban jika Anda ingin rumah tetap bisa berfungsi optimal dan mampu mengakomodir berbagai kebutuhan tersebut.

– Style Interior Terlihat Ketinggalan Jaman Dan Kusam
Setelah beberapa tahun, mungkin rumah mulai terlihat kusam dan style interiornya mulai ketinggalan jaman. Anda tentunya menginginkan
rumah tetap terlihat fresh dan stylish, maka renovasi interior adalah jawabannya. Anda bisa melakukan update dan upgrade desain interior pada rumah Anda agar terlihat lebih modern dan segar.

– Ingin Meningkatkan Nilai Rumah

Tidak ada salahnya berinvestasi dengan rumah sendiri, salah satu caranya Anda bisa meningkatkan value rumah dengan melakukan perbaikan dan renovasi. Tentunya rumah yang berfungsi dengan baik, kokoh, aman, terlihat fresh dan stylish akan memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding rumah yang sudah rusak, kusam, dan ketinggalan jaman.

Meningkatkan nilai rumah dengan renovasi juga bisa dilakukan saat Anda hendak menjual kembali rumah Anda, dengan demikian rumah bisa dijual dengan harga yang jauh lebih baik.

BEBERAPA HAL YANG DAPAT DIHINDARI AGAR PROSES RENOVASI DAPAT DILAKUKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA:

Apabila renovasi dilakukan dengan benar, maka proses dan hasilnya akan menyenangkan karena dapat memunculkan perasaan puas dan nyaman yang menjadi tujuan merenovasi rumah. Namun apabila renovasi dilakukan dengan hal yang salah maka akan timbul halhal yang tidak menyenangkan seperti kerusakan bagian rumah yang direnovasi, proses renovasi yang tidak sesuai jadwal, hingga anggaran yang embengkak.
Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dihindari agar proses renovasi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya:

  • Menggunakan bahan baku yang murah Sering kali dalam proses renovasi anggaran untuk bahan baku dikurangi agar menjadi lebih hemat anggaran. Sejujurnya hal ini merupakan hal yang berbahaya karena penggunaan bahan baku yang murah berarti menggunakan bahan baku dengan yang memiliki kualitas rendah. Penggunaan bahan baku dengan kualitas rendah dapat mengakibatkan hasil renovasi menjadi tidak indah atau bahkan dapat rusak karena kualitasnya yang buruk. Tentu saja hal ini merugikan karena harus mengeluarkan uang lagi untuk melakukan renovasi kembali.
  • Tidak memperhatikan ketersediaan ruang Saat melakukan renovasi rumah, terkadang muncul untuk mengisi rumah dengan barang-barang baru yang dapat menciptakan suasana baru. Namun hal ini dapat menjadi masalah apabila barangbarang yang dibeli tidak memiliki manfaat lebih dan hanya memenuhi ruang yang ada di rumah dan menimbulkan rasa sempit di rumah yang baru direnovasi.
  • Kurangnya anggaran dalam merenovasi Keinginan merenovasi rumah kadang diikuti dengan anggaran yang tidak realistis sehingga terasa tidak mungkin untuk mewujudkan rumah impian. Di sisi lain setelah melakukan renovasi malah terasa “kecolongan” karena biaya yang mahal. Hal ini dapat dihindari dengan membuat anggaran yang masuk akal, tidak terlalu murah ataupun mahal. Hal ini dapat dikonsultasikan dengan konsultan ataupun orang-orang yang sudah berpengalaman sebelumnya.
  • Tidak menentukan prioritas dalam renovasi Prioritas menentukan bagian mana yang harus direnovasi merupakan langkah penting untuk memulai renovasi. Hal ini tentu saja berkaitan dengan anggaran, bahan baku yang ditentukan, hingga keperluan barang-barang baru untuk mengisi bagian yang telah direnovasi. Rasa ingin merenovasi secara besar-besaran terkadang muncul karena ingin mendapatkan kondisi rumah yang serba baru. Prioritas kepada bagian-bagian yang rusak dan harus diperbaiki merupakan salah satu cara agar anggaran untuk merenovasi tidak berlebihan.
  • Menggunakan jasa pekerja atau kontraktor yang salah. Selain bahan baku yang berkualitas, orang-orang yang mengerjakan renovasi rumah menjadi salah satu faktor penting dalam hasil akhir dari renovasi. Apabila menggunakan tenaga yang kurang
    terpercaya dapat memberikan hasil yang buruk dari renovasi rumah dan menimbulkan suasana yang tidak sesuai keinginan, bahkan terkadang harus melakukan renovasi ulang. Untuk itu diperlukan penggunaan jasa pekerja atau kontraktor yang sudah ternama atau terpercaya agar hasil renovasi sesuai dengan keinginan.
+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini