Home Liputan Utama PROPERTI MEMASUKI BABAK BARU

PROPERTI MEMASUKI BABAK BARU

150
0
properti

Fokus meluncurkan proyek-proyek baru dengan konsep produk, penentuan harga dan lokasi yang tepat membuat sejumlah proyek properti tetap mencatat penjualan yang baik. Begitu juga dengan perbankan sebagai salah satu pengampu daya beli masyarakat pun tetap berkelit meski menghadapi tahun yang cukup sulit.

Baca juga, Grup Ciputra Sukses Laksanakan Vaksinasi Massal Covid-19 Hingga Lebih 610.000 Dosis

Tahun 2020 hingga 2021 bisa disebut tahun terberat untuk bisnis properti. Data penurunan yang spesifik dan aktual sukar didapat. Tapi dari wawancara dan keterangan dari developer, penjualan pengembang merosot rerata lebih dari
50,1 persen pada awal pandemi kuartal I/2020. Pergerakan pasar properti sejak pandemi terjadi di awal 2020 memperlihatkan pola yang tidak stabil. “Memang mulai terjadi pertumbuhan tipis sejak semester kedua tahun 2020,
tetapi pasar properti masih rentan terhadap penurunan yang lebih dalam lagi,” ungkap CEO dan Founder Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, dalam paparannya media Juni lalu.

Tonton Unboxing BSD City

Penurunan terjadi akibat pandemi yang masih cukup tinggi, dan berpotensi untuk dilakukannya lockdown atau PPKM/PSBB, sehingga memengaruhi keinginan pasar untuk membeli properti dan jeda tunda pembelian properti semakin tinggi lagi. “Kalau pandemi bisa dikendalikan, situasinya tidak akan semakin parah. Kalau mobilitas dibatasi, orang tidak mau beli properti karena satu was-was ekonomi anjlok, kedua sebagian besar orang tidak happy beli properti secara online,” ujar salah seorang developer perumahan di Bogor, Jawa Barat, kepada Property and the City yang menghubunginya pertengahan November lalu.

Respon pengembang terhadap situasi pandemi berbeda-beda. Sebagian ada yang menunda peluncuran proyek-proyek baru. Sebagian lagi mencoba tetap optimis dengan aneka siasat seperti menawarkan cara bayar yang ringan, meluncurkan hunian khusus pandemi, atau melepas rumah tipe kecil.

Di tengah berbagai kesulitan itu, sejumlah perumahan dan perbankan sebagai pembiayaan tetap mencatat penjualan yang bagus dibanding proyek sejenis dan sekelas dari pengembang lain. Sebutlah misal CitraGarden Puri di Jakarta Barat yang mencapai prasale Rp63,6 miliaran di semester pertama, atau sekitar lebih dari 80% dari total target penjualan tahunan sebesar Rp75 miliar. Yang tak kalah moncer antara lain, BSD City, Summarecon Bogor, The Sanctuary
Sentul, Citra Raya, Meikarta dan masih banyak lagi lainnya.

Golden Property Awards (GPA) ke-4 yang diadakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta, 21 Oktober 2021 lalu, memberikan penghargaan kepada perumahan, perbankan dan tokohtokoh properti sebagai yang terbaik sepanjang 2021 karena penawaran proyeknya direspon baik oleh pasar.

Ajang ini digagas oleh Indonesia Property Watch selaku perusahaan survei dan riset properti independen di Indonesia. Mengambil tema: “Property New Game”, GPA 2021 kali ini menggandeng 99 Group yang membawahi Rumah123.com dan 99.co untuk memperluas jangkauan exposure hingga ke kalangan konsumen. Survei ke masing-masing proyek
dilakukan selama delapan bulan dengan melibatkan tim riset yang capable dan independen.

Tema “Property New Games” mengadopsi ide-ide dari salah satu film box office. Artinya, dalam kondisi pandemi semua berubah, baik perilaku konsumen dan pasar pasti berubah. Adanya tantangan itu membuat bisnis properti memasuki babak baru lagi. Yang kita harapkan ke depan, para pemenang Golden Property Awards 2021 ini bisa bertahan di situasi yang masih tidak menentu ini,” tutur Ali.

Acara ini diharapkan dapat menjadi benchmark pemilihan proyek properti di Indonesia. “Di Indonesia berbicara data
sangat sulit. Konsumen belum 100 persen bisa menilai akurasi dan kapabilitas proyekproyek yang menang di acara penghargaan, sehingga GPA harus menjadi leader dan kiblat penganugerahan properti di Indonesia,” pungkas Deputi CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan.

Previous articleGrup Ciputra Sukses Laksanakan Vaksinasi Massal Covid-19 Hingga Lebih 610.000 Dosis
Next articleManhattan District, Kawasan Bisnis Terbaru Paramount Land Sukses Raih Penjualan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here