Home Investor Corner PERUMAHAN JABODEBEK-BANTEN TUMBUH SIGNIFIKAN DI Q2-2022

PERUMAHAN JABODEBEK-BANTEN TUMBUH SIGNIFIKAN DI Q2-2022

Pergerakan pasar menunjukkan tren kenaikan yang signifikan di segmen harga Rp 1 – 2 miliar yang tumbuh sangat tinggi pada Q2-2022 sebesar 168,5%.

17
0
Q2-2022

Pergerakan pasar perumahan primer di Jabodebek- Banten pada Q2-2022 mengalami kenaikan cukup signifikan setelah penurunan yang terjadi pada 2 triwulan sebelumnya. Terjadi lonjakan penjualan rumah di segmen menengah yang sangat tinggi, khususnya di wilayah Tangerang sekitarnya dan Bekasi, yang mendongkrak nilai penjualan secara keseluruhan menjadi lebih tinggi. Hal ini tergambar dari riset yang dilakukan
Indonesia Property Watch yang memperlihatkan nilai penjualan perumahan wilayah Jabodebek-Banten di Q2-2022 naik sebesar 17,8% (qtq) dan unit terjual yang juga naik 5,6% (qtq) dibandingkan triwulan sebelumnya.

baca juga, Marketing Revenue TRIN per Agustus 2022 Lampaui Capaian 2021

Pergerakan pasar menunjukkan tren kenaikan yang signifikan di segmen harga Rp 1 – 2 miliar yang tumbuh sangat tinggi pada Q2-2022 sebesar 168,5%. Penurunan tertinggi terjadi di segmen Rp 500 juta – 1 miliar, setelah kenaikan tinggi pada triwulan sebelumnya.

Kondisi membuat komposisi penjualan di segmen menengah Rp 1 – 2 miliar mendominasi penjualan rumah pada Q2-2022 sebesar 25,88%. Sementara itu meskipun komposisi unit terjual di segmen atas relatif terus mengalami penurunan. Segmen gemuk tetap terlihat di Rp 500 juta
sampai 2 miliar. Sementara itu komposisi unit terjual di segmen Rp 300 – 500 juta memiliki kecenderungan menurun.

Beberapa isu penting yang diperkirakan akan memengaruhi pasar perumahan ke depan, adalah sebagai berikut:

Fundamental Ekonomi Nasional

Laju pertumbuhan ekonomi nasional dibayangi juga dengan naiknya inflasi. Sektor riil mulai terlihat berjalan. Sementara itu pengeluaran pemerintah mulai dipangkas. Namun demikian melihat tren pertumbuhan penjualan perumahan, daya beli di segmen bawah masih belum sepenuhnya pulih.

Perkembangan Ekonomi Global

Invasi Rusia ke Ukraina terus berdampak ke negaranegara global, termasuk dampak kenaikan harga komoditas. Tersendatnya bahan kebutuhan dan energi membuat beberapa negara mengalami inflasi tinggi. Selain itu krisis juga mengancam China dengan mogok bayar KPR oleh konsumen karena kekhawatiran kepastian pembangunan properti.

Pergerakan Sektor Komoditas

Harga komoditas diproyeksikan masih akan terus mengalami kenaikan. Meskipun demikian, tahun ini akan terdapat koreksi harga mengingat sejumlah kondisi seperti perkembangan krisis energi karena musim dingin di Eropa, perkembangan kasus Covid-19 yang memberikan efek pada sektor transportasi dan travel, serta pergantian musim yang juga memberikan pengaruh pada sektor pertanian.

Tahun Politik

Konstelasi politik nasional diperkirakan akan memanas mulai di tahun 2023 yang menyebabkan pasar properti cenderung stagnan. Tren penurunan pembelian properti menengah-atas mulai terlihat di semester II tahun 2022. Siklus efektif pasar properti mencapai puncaknya akan semakin sempit sebelum tahun politik 2023.

Beberapa isu global akan memengaruhi pasar perumahan secara nasional secara tidak langsung. Namun pasar perumahan nasional akan sangat tergantung dari kekuatan pasar lokal. Daya beli pasar menengah bawah belum sepenuhnya pulih, sementara itu pasar menengah-atas relatif mulai memasuki kejenuhan. Hal ini juga seiring dengan dampak pemilu yang diperkirakan akan mulai terasa memasuki 2023 sampai 2024 yang diperkirakan akan membuat pasar perumahan sedikit stagnan.•

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here