Beranda Berita Properti Kota Masa Depan: Jokowi Yakin Kualitas Udara IKN Melampaui Melbourne dan Paris

Kota Masa Depan: Jokowi Yakin Kualitas Udara IKN Melampaui Melbourne dan Paris

1
Jokowi Yakin Kualitas Udara IKN Melampaui Melbourne dan Paris (Dok. Kementerian PUPR BPPW Kaltim)
Jokowi Yakin Kualitas Udara IKN Melampaui Melbourne dan Paris (Dok. Kementerian PUPR BPPW Kaltim)

Property and The City, Jakarta –Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti buruknya kualitas udara di Jakarta saat menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan gedung PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi membandingkan indeks kualitas udara di Jakarta dengan beberapa kota besar lainnya seperti Singapura, Melbourne, Paris, serta IKN Nusantara.

“Tadi pagi saya membandingkan indeks kualitas udara di Jakarta, Singapura, Melbourne, Paris, dan Nusantara, angkanya seperti apa. Di jakarta, 176. Singapura 44, Melbourne 38, Paris 38,” kata Jokowi, dikutip dari laman resmi Sekretariat Presiden secara daring, di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Presiden Jokowi juga menyoroti bahwa standar kualitas udara yang baik berada pada angka 0-50.

“Jakarta masih jauh dari standar tersebut. Saya kira, bukan hanya Jakarta tetapi juga seluruh Jabodetabek. Sementara di Nusantara, belum diukur,” ujarnya.

Meski belum ada pengukuran resmi, Presiden Jokowi yakin bahwa kualitas udara di IKN Nusantara akan lebih baik dibandingkan dengan Jakarta dan kota-kota besar di negara tetangga.

Jokowi juga menyebut, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai konsep kota masa depan perlu ditopang dengan pemenuhan kualitas udara yang baik. Dengan demikian, penggunaan energi hijau (green energy) di IKN Nusantara akan berkontribusi signifikan terhadap kualitas udara.

“Apalagi nanti, yang diperbolehkan hanya electric vehicle, akan nol, karena penggunaan energi di sini yang diperbolehkan energi hijau. Inilah konsep Ibu Kota Nusantara ke depan,” terang Jokowi.

+ posts

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini