Beranda Travel and City JALAN-JALAN KE KAMBOJA

JALAN-JALAN KE KAMBOJA

0
KAMBOJA

Phnom Penh yang menjadi lokasi utama penyelenggaraan SEA Games ke-32 pada 5 hingga 17 Mei 2023, tak hanya terkenal sebagai kota metropolis di Kamboja, tapi juga memiliki banyak hal menarik.

Kamboja adalah negara yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alamnya. Dari kuilkuil kuno yang megah hingga pantai-pantai yang mempesona, Kamboja menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata di Kamboja yang harus Anda kunjungi:

1. Angkor Wat
Tidak ada yang bisa melewatkan Angkor Wat saat mengunjungi Kamboja. Kuil ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang terkenal dengan keindahan arsitektur Khmer yang megah. Jelajahi kompleks kuil yang luas, termasuk Angkor Thom dan Bayon, untuk merasakan keagungan
masa lalu Kamboja.

2. Phnom Penh
Phnom Penh, sebagai ibu kota negara, merupakan pusat ekonomi dan budaya yang berkembang cukup pesat. Dikutip dari laman resmi kementerian Pariwisata Kamboja, terjadi peningkatan jumlah turis bersamaan dengan akomodasi pelengkapnya.

Wisata di dalam kota pun menjadi pilihan praktis banyak pelancong untuk mengenal negara dengan julukan ‘Land of Khmer’ ini. Kota yang
dikelilingi oleh kota satelit dan gedung-gedung tinggi itu juga dihiasi oleh ragam bangunan bersejarah dari kerajaan. Pelancong bisa mengunjungi Istana Kerajaan (Royal Palace) dan Museum Nasional yang bisa dibilang menjadi ikon di Phnom Penh.

3. Pantai Sihanoukville
Jika Anda mencari keindahan pantai di Kamboja, Sihanoukville adalah destinasi yang sempurna. Pantai-pantai seperti Serendipity Beach, Otres
Beach, dan Sokha Beach menawarkan pasir putih, air biru jernih, dan suasana santai yang menyegarkan. Nikmati kegiatan menyelam, snorkeling, atau sekadar bersantai di tepi pantai.

4. Kampong Thom
Kampong Thom adalah destinasi wisata yang jarang terjamah di Kamboja, tetapi menawarkan banyak pesona alam.

Kunjungi kompleks kuil kuno seperti Sambor Prei Kuk yang lebih sepi dan terpencil, serta Taman Nasional Preah Khan yang indah. Jelajahi dan nikmati keindahan alam dan kehidupan satwa Kamboja yang beragam.

5.Central Market
Central Market yang terletak di pusat Ibu Kota Phnom Penh menjadi pilihan yang tepat. Central Market atau yang biasa dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Phsar Thum Thmei, merupakan pasar sekaligus ikon sentral di Phnom Penh. Pasar ini memiliki desain terbuka namun juga ada gedung di dalam yang memiliki sentuhan zaman kolonial Prancis. Memasuki pasar ini, pengunjung langsung disambut dengan sederet toko kecil yang menjual ragam barang untuk dibeli dan diberikan kepada orang terkasih di kampung halaman. Ada kaus, pajangan, mangkok dan piring hias, kartu pos, hingga krama atau kain tradisional Kamboja yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat lokal. Bagian dalam dari gedung Central Market ada berbagai pajangan permata dan emas yang mempesona. Selain itu, barang elektronik, alat tulis,
pakaian bekas, dan bunga juga dijual di sini. Barang-barang khas Negeri Khmer pun ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Namun,
apabila wisatawan ingin mencoba menawar harga, para penjual dengan senang hati bernegosiasi dengan senyuman yang seakan tak bisa lepas dari wajah mereka.

Harga-harga yang dibanderol oleh para pedagang dari sisi depan hingga belakang pasar pun cenderung sama. Berbeda dengan beberapa pusat belanja oleholeh tradisional di Indonesia yang memiliki range beragam dari satu toko ke toko lainnya. Central Market pun letaknya dekat dengan berbagai ikon kota Phnom Penh seperti Istana Kerajaan (Royal Palace), Sungai Mekong, dan Museum Nasional Kamboja. Sehingga, tidak mengherankan jika banyak sopir tuk-tuk yang sudah siap di depan pasar untuk mengantarkan para turis menuju ikonikon kota lainnya.

Transportasi di Kamboja untuk Memudahkan Perjalanan Anda Transportasi menjadi salah satu hal penting dalam sebuah perjalanan wisata. Sebab hal itu akan mempermudah mobilitas kita, terlebih jika bepergian secara berombongan. Terkait dengan hal itu, berikut ini akan dibagikan 11 mode transportasi yang dapat digunakan selama berada di Kamboja.

– Taxi
Mode transportasi pertama yang dapat digunakan selama berada di Kamboja adalah Taxi. Barangkali taxi bukanlah suatu hal yang tabu untuk digunakan. Anda dapat meminta bantuan kepada pengelola hotel atau penginapan untuk mencarikan taxi. Sebab biasanya mereka memiliki jaringan tersendiri. Selain itu, jangan lupa untuk mencoba melakukan penawaran harga agar tidak membebani biaya perjalanan Anda.

– Bus
Ingin bepergian secara berombongan? Maka bus dapat menjadi pilihannya. Mode transportasi satu ini cukup banyak dan akrab digunakan oleh para pelajar. Anda pun juga dapat menumpanginya dengan memperhatikan jalur bus itu sendiri. Biar tidak salah jalur, sebaiknya perhatikan tujuan perjalanan Anda. Jika bingung, jangan segan untuk bertanya kepada masyarakat setempat.

– Kereta Api
Mode transportasi berikutnya adalah kereta api. Sejatinya kereta api merupakan moda transportasi yang banyak digunakan. Di Kamboja sendiri ada beberapa stasiun kereta api yang tersedia dan salah satu jalur favoritnya adalah jalur hai van pass. Perlu Anda ketahui bahwa tiket kereta api ini memiliki varian yang cukup beragam. Agar tidak salah pilih, maka perhatikan tipe kursi yang dipesan. Sebab berbeda tipe kursinya, maka berbeda pula harga tiketnya.

– Remork (Remork-motors)
Sekilas remork memiliki kesamaan dengan bajaj, sebab transportasi ini memiliki 3 roda. Namun demikian perbedaannya akan dapat ditemukan ketika Anda mencobanya. Harganya pun cukup bersahabat dan cocok digunakan untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata. Remork sendiri kini juga telah dapat dipesan secara daring melalui aplikasi mobile. Jika Anda berniat untuk memesannya secara offline, maka gunakanlah kemahiran dalam menawar harga.

5. Cyclo
Jika Anda pernah menumpangi becak, Nah, di Kamboja Anda juga dapat menemukan jenis transportasi yang mirip becak ini. Namun sebutan untuk transportasi bertenaga manusia ini disebut dengan istilah Cyclo. Biaya untuk menggunakan cyclo berkisar dari $1 hingga $3. Walaupun kini pamornya sedikit tersaingi dengan jenis transportasi lain, namun cyclo tetap bertahan dan memiliki peminatnya tersendiri.

6. Moto
Secara sederhana, moto merupakan istilah lain dari motor kecil. Jika Anda memang membutuhkan kendaraan yang cepat, maka moto ini dapat
menjadi pilihannya. Jangan lupa pada saat menemukan jasa moto, Anda melakukan negosiasi harga untuk mendapatkan harga yang layak sesuai tujuan.

7. Rotei Ses
Secara istilah, rotei ses merupakan sebuah kendaraan berbentuk gerobak (rotei) yang ditarik oleh kuda (ses). Transportasi satu ini termasuk salah satu warisan masyarakat Kamboja dan biasanya dapat ditemukan di pedesaan. Namun kini di sejumlah ruas Kamboja, rotei ses tersebut
telah ditenagai oleh kendaraan bermotor. Anda pun dapat mencobanya untuk merasakan sensasi berbeda dalam menikmati wisata Kamboja.

8. Share Taxi
Sharer Taxi merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang melakukan perjalan seorang diri. Jika dirasa menyewa taxi sendiri terlalu mahal, maka cobalah untuk mengajak wisatawan lain dengan tujuan yang sama. Tentunya hal ini akan sangat membantu dan kita juga memiliki kesempatan untuk menambah teman dalam perjalanan itu. Lagi-lagi jangan lupa untuk bernegosiasi ketika ingin menggunakan share taxi ini.

9. Sleeper Bus
Satu lagi solusi perjalanan wisata yang ada di Kamboja, yaitu sleeper bus. Jenis transportasi ini cocok untuk digunakan bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan biaya dan waktu dalam penginapan. Melalui sleeper bus, Anda dapat menikmati perjalan ke sejumlah tempat wisata dengan rute yang telah disediakan. Menginapnya di mana? Tentu saja dalam bus tersebut dengan berbagai fasilitas yang telah tersedia.

10. Feri dan perahu
Ingin merasakan sensasi menumpangi kendaraan air di Kamboja? Maka cobalah untuk menggunakan feri atau pun perahu. Jenis transportasi ini
dapat Anda gunakan ketika tiba di bandara dan ingin langsung ke pusat kota Kamboja. Mode transportasi feri dan perahu ini cukup mudah ditemukan, sebab banyak masyarakat lokal yang menawarkan penyewaan dua pilihan transportasi tersebut.

11. Outboards
Jenis transportasi terakhir adalah merupakan pilihan lainnya transportasi umum yang ada di Kamboja. Outboards sendiri dapat berupa kendaraan air dan kendaraan darat seperti bus. Outboards sendiri cukup banyak ditawarkan, sehingga Anda akan mudah menemukannya. Biasanya jenis transportasi ini dapat menampung 6 orang wisatawan.



Berapa banyak Dolar AS yang harus Anda miliki selama satu minggu di Kamboja? Jika Anda ingin menghabiskan waktu seminggu di Kamboja biaya tinggal Anda akan:

• Rp.4,547,000,- (304 USD) -menginap murah selama 7 hari di Kamboja

• Rp.5,794,000,- (388 USD) – Perjalanan hemat selama 7 hari di Kamboja

• Rp.9,360,000,- (627 USD) selama satu minggu menginap yang nyaman di Kamboja

• Rp.29,639,000,- (1,900 USD) selama seminggu liburan mewah di Kamboja

Bagaimana cara mengunjungi Kamboja pada anggaran yang terbatas? Bagaimana cara bepergian Kamboja dengan cheaply?

Agar tidak melebihi anggaran biaya yang telah dianggarkan selama perjalanan ke Kamboja, maka perkiraan biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp.827,000,- (55 USD) selama satu hari, berikut ini adalah tips-nya:

• Pilih untuk tinggal di Hostel dengan rate Rp151,000,- (10 USD) atau di hotel murah dengan rate Rp.245,000,- (16 USD).

• Gunakan angkutan umum. ongkos untuk sekali jalan adalah Rp.15,000,- (1.00 USD)

• Membuat sarapan sendiri dan makan malam sendiri. Biaya belanja harian di toko adalah sekitar Rp.180,000,- (12 USD) di Kamboja.

• Pilihlah restoran di luar pusat kota dan dekat dengan tempat wisata. Makan di restoran murah biaya sekitar Rp.52,000,- (3.50 USD) di
Kamboja. McMeal di McDonalds (atau setara makan di restoran Fastfood lain) harganya sekitar Rp.89,000,- (6.00 USD).

Biaya yang terkait dengan mobil terutama bahan bakar, jalan tol dan biaya parkir. Tentu saja, harga tergantung pada tujuan perjalanan dan efisiensi energi kendaraan. Dalam Kamboja, Anda akan membayar untuk bahan bakar yang sesuai:

Harga bensin di Kamboja adalah sekitar: Rp.20,000 IDR (1.30 USD)

Harga bahan bakar diesel di Kamboja adalah sekitar: 18,000 IDR (1.20 USD)

Harga bahan bakar di Kamboja adalah 1.38 kali lebih tinggi daripada harga rerata di Indonesia.

Dalam Kamboja, perlu untuk mempertimbangkan menggunakan angkutan umum. Harga tiket sekali jalan adalah sekitar Rp.15,000,- (1.00 USD). Sebagai perbandingan, ongkos taksi untuk 1km di Kamboja adalah sekitar Rp.15,000,- (1.00 USD).

Harga produk makanan 1.68 kali lebih tinggi di Kamboja dari rata-rata harga makanan di Indonesia. Produk makanan yang paling populer dibandrol dengan harga:

• 1kg sosis: Rp.390,000 (26 USD)
• 0,5 kg roti: Rp.27,000 (1.80 USD)
• 10 butir telur: Rp.26,000 (1.80 USD)
• 1kg keju: Rp.194,000 (13 USD)
• 1 liter susu: Rp.31,000 (2.10 USD)
• 1 kg apel: Rp.51,000 (3.50 USD)
• Sebotol bir lokal (0,5 liter): 15,000 (1.00 USD

Ketika mengunjungi Kamboja, Anda harus mencoba makanan khas setempat, cara termudah adalah dengan memesannya di restoran lokal. Makan di restoran kelas menengah untuk dua orang adalah dengan rata-rata harganya Rp.448,000,- (30 USD).

Selain makanan, akomodasi juga penting. Harga Kamar Hotel di Kamboja tergantung pada standar. Berapa banyak uang yang Anda perlukan per hari untuk tinggal di Kamboja?

Harga Hostel di KambojaRp.151,688,-10 USD
Harga hotel bintang 1Rp.245,989,-16 USD
Harga hotel bintang 2Rp.375,858,-25 USD
Harga hotel bintang 3Rp.558,183,-37 USD
Harga hotel bintang 4Rp.1,008,167,-67 USD
Harga hotel bintang 5Rp.2,488,137,-166 USD

Di Kamboja, kami merekomendasikan antara lain:
Zannier Hotels Phum Baitang, Sala Lodges, Angkor Village Resort & Spa, Raffles Grand Hotel d’Angkor, The Great Duke Phnom Penh, Raffles Hotel Le Royal, Xihu Resort Hotel, Angkor Village Hotel, Anjali by Syphon, Rosewood Phnom Penh, Victoria Angkor Resort & Spa, The Bale Phnom Penh Resort, Golden Temple Retreat, Koh Russey Villas & Resort, Sofitel Phnom Penh Phokeethra, La Résidence d’Angkor, A Belmond
Hotel, Siem Reap, eOcambo Resort & Spa, Sokha Phnom Penh Hotel

Harga sewa mobil di Kamboja

Pertanyaan yang sering dilontarkan terkait sewa mobil di Kamboja adalah:

Apakah lebih murah untuk menyewa mobil selama seminggu di Kamboja? berikut ini adalah rincian harga sewa mobil di Kamboja.

Harga rata-rata sewa mobil di Kamboja adalah berkisar dari Rp.433,000,- (29 USD) sampai sekitar Rp.2,121,000 (142 USD). Harga sewa tergantung pada ukuran dan peralatan mobil. Mobil kompak akan biaya sekitar Rp.1,060,000,- (71 USD) dan harga sewa SUV adalah Rp.1,284,000,- (86 USD). Menyewa mobil selama seminggu akan dikenakan biaya sekitar Rp.14,329,000,- (959 USD) di Kamboja. •

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini