Cegah Virus di Rumah dengan Philips UV-C Disinfection Box

Efektivitas sumber cahaya UV-C Signify terhadap inaktivasi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 telah divalidasi[1] oleh Universitas Boston.

0
117
Philips UV-C Disinfection Box 30L
Philips UV-C Disinfection Box 30L./ dok. Signify

Propertyandthecity.com, Jakarta – Bakteri dan virus yang menempel pada barang-barang bawaan atau yang sering disentuh akan mudah menyebar di rumah. Untuk itu, benda-benda yang yang sering digunakan setiap hari tersebut harus sering disterilkan dengan cara desinfeksi.

Salah satu cara yang telah terbukti dan teruji kemampuannya untuk mendesinfeksi berbagai permukaan benda adalah melalui penyinaran UV-C yang dikembangkan oleh Signify. Beberapa produk telah diproduksi dan dipasarkan untuk mempermudah masyarakat, khususnya di rumah. Dua jenis diantaranya adalah Philips UV-C disinfection desk lamp dan rangkaian Philips UV-C disinfection box.

Baca: Untuk Dunia yang Berkelanjutan, Signify Hadirkan Luminer Cetak 3D

Philips UV-C disinfection desk lamp telah dipasarkan sejak tahun lalu dan disambut positif konsumen di Indonesia. Penggunaannya yang mudah dan tentunya keampuhan alat ini dalam mendesinfeksi ruangan serta permukaan berbagai benda di dalamnya, menjadi daya tarik pasar.

Sementara Philips UV-C disinfection box merupakan produk sejenis yang baru dirilis di pasar Indonesia, pada Maret 2021 lalu. Rangkaian produk ini tersedia dalam beberapa ukuran kapasitas, yakni 10 liter, 30 liter dan 48 liter.

Philips UV-C disinfection box ini dapat dengan mudah mendesinfeksi benda-benda kecil seperti kunci, ponsel, mainan, dan barang-barang rumah tangga dalam hitungan menit, tergantung pemakaiannya.

Berikut beberapa benda terpenting untuk didesinfeksi, guna mengurangi risiko tertular atau menyebarkan virus dan bakteri di rumah:

Benda Sehari-hari Berukuran Kecil

Ponsel

Ponsel kini menjadi barang yang tak terpisahkan dalam keseharian manusia. Terlebih lagi selama pandemi, ketika kita bergantung pada alat komunikasi yang ringkas ini saat hidup beralih ke pertemuan virtual untuk bekerja, sekolah, hingga berbelanja.

Ponsel selalu dibawa ke mana-mana. Tidak heran, ponsel mengumpulkan banyak kuman yang kemudian tertinggal di permukaannya.

Baca: Signify Hadirkan Lampu Meja Desinfeksi UV-C, Ampuh Lumpuhkan Virus dan Bakteri

Oleh karena itu, ponsel tersebut harus sering didesinfeksi, setidaknya sekali sehari atau setiap kali tiba di rumah setelah bepergian keluar.

Letakkan ponsel di dalam kotak UV-C dan desinfeksi selama kurang lebih 3 menit.

Kunci, Dompet & Kartu

Benda-benda ini juga selalu dibawa setiap kali keluar rumah, dan selalu disentuh, misalnya saat mengambil uang tunai maupun melakukan pembayaran nontunai, atau menggunakan kartu pass transportasi.

Karenanya, penting diingat untuk selalu mendesinfeksi semua kartu begitu kita tiba di rumah.

Tempatkan kunci, kartu pass, dompet dan bahkan uang di dalamnya ke dalam kotak desinfeksi UV-C.

Rapatkan penutupnya dan tunggu selama 2-3 menit agar benar-benar terdesinfeksi.

Remote Kontrol (TV, AC, Video Game, dll)

Mungkin tidak disadari seberapa sering menyentuh remote control, mulai dari mengganti saluran TV hingga menyesuaikan suhu ruangan, karena menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Hal lain yang mungkin tidak disadari adalah apa yang telah disentuh sebelum mengambil remote control, seperti camilan atau makanan, atau ponsel yang mungkin saja belum didesinfeksi.

Untuk amannya, sering-seringlah melakukan desinfeksi remote control di dalam kotak desinfeksi UV-C selama 3 menit.

Perlengkapan & Mainan Bayi/Anak

Untuk keluarga dengan anak kecil, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan anak. Ini termasuk peralatan makan dan mainan mereka.

Terutama jika anak cukup besar dan sering bermain, penting untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dan benda-benda yang sering mereka sentuh didesinfeksi secara teratur.

Untuk peralatan makan, sebaiknya selalu didesinfeksi sebelum digunakan, sedangkan untuk mainannya harus sering dibersihkan dan didesinfeksi pada keadaan tertentu, misalnya salah satu anak sakit; setelah bermain dengan anak lain; atau ketika lendir, muntahan, makanan atau susu mengenai mainan.

Baca: Kementerian PUPR Sambut Baik Inisiasi Perumahan Tapera

Philips UV-C Disinfection Box 48
Philips UV-C Disinfection Box 48./ dok. Signify

Benda-Benda yang Sering Disentuh

Tas Tangan dan Pouch

Ini adalah benda yang selalu dibawa keluar rumah dan selalu tersentuh tangan.

Untuk ini, selalu mendesinfeksi tas tangan atau tas kecil beserta isi di dalamnya yang mungkin telah tersentuh.

Keluarkan isi tas dan letakkan di dalam kotak desinfeksi UV-C, bersama dengan tas itu sendiri, karena barang yang tertinggal di dalam tas tidak akan terdesinfeksi.

Laptop

Laptop juga salah satu benda yang sering disentuh. Bahkan seringkali disentuh sembari menikmati makanan ringan atau kopi.

Sebuah studi oleh Journal of Hospital Infection mengungkapkan bahwa virus korona manusia seperti SARSMERS, dan HCoV masih dapat bertahan di permukaan seperti logam, kaca, atau plastik hingga sembilan hari.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan permukaan laptop dan keyboard secara teratur dan mendesinfeksinya setiap beberapa hari sekali atau kapan saja setelah laptop digunakan di luar rumah.

Untuk mendesinfeksi laptop, cukup letakkan di dalam kotak UV-C yang lebih besar (30L atau 48L) saat laptop dalam keadaan mati dan desinfeksi selama sekitar 8 menit.

Paket Belanja Online

Paket yang dipesan secara online telah melalui beberapa titik kontak, mulai dari toko, proses pengiriman hingga diterima dari kurir.

Untuk itu, penting juga untuk melakukan desinfeksi barang belanjaan tersebut.

Belanjaan

Mendesinfeksi belanjaan begitu tiba di rumah perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kontaminasi.

Pertama-tama, buang kantong plastik dan kertas. Letakkan belanjaan di dalam kotak desinfeksi UV-C untuk mendesinfeksi sebelum disimpan.

Kotak desinfeksi UV-C Philips juga dapat mendesinfeksi buah dan sayuran, tetapi disarankan untuk mencuci dan mengeringkannya terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam kotak desinfeksi.

Baca: Survei Lamudi Indonesia: Milenial Lebih Suka Beli Rumah Ketimbang Apartemen

Philips UV-C Disinfection Box 10L/ dok. Signify
Philips UV-C Disinfection Box 10L/ dok. Signify

Lebih dari 35 Tahun

UV-C memecah DNA dan/atau RNA mikro-organisme, termasuk virus dan bakteri, menjadikannya tidak berbahaya.

Lampu UV-C Signify memancarkan puncak radiasi pada 254 nm yang berada di dekat puncak efisiensi germicidal dan karenanya ideal untuk mendesinfeksi udara, permukaan, dan benda.

Efektivitas sumber cahaya UV-C Signify terhadap inaktivasi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 telah divalidasi[1] oleh Universitas Boston.

Selama lebih dari 35 tahun, Signify telah menjadi yang terdepan dalam teknologi UV, dan memiliki rekam jejak yang terbukti dalam inovasi pencahayaan UV-C.

Lampu UV-C Signify dirancang, dipasang, dan digunakan sesuai dengan instruksi keselamatan yang spesifik untuk masing-masing produk, dan diproduksi dengan proses industri yang terkontrol baik.

Lampu desinfeksi UV-C harus selalu digunakan sesuai dengan petunjuk dan instruksi keselamatan untuk menghindari paparan terhadap manusia dan hewan, karena dapat merusak kulit dan mata mereka.

Rangkaian produk desinfeksi UV-C Signify menyediakan lapis perlindungan tambahan bagi konsumen dan pengguna profesional.

Baca: Lamudi Online Property Fair 2021 Siap Digelar, Ada Cashback DP Hingga Rp100 Juta

Philips UV-C disinfection box tersedia secara online di toko official Philips Lighting ID serta di beberapa toko Philips dan toko-toko ritel tertentu lainnya.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai produk Philips UV-C, kunjungi website philips.