ANKARA IBUKOTA KEDUA YANG TERUS MEMIKAT

0
840

Tahun ini rencananya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan berkunjung ke Indonesia untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Ada baiknya kita mengenal lebih jauh Ankara yang menjadi ibukota Turki.

Tahun 2020 menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Turki. Perjalanan panjang kedua negara yang mayoritas berpenduduk muslim ini sudah begitu erat. Dalam bidang pendidikan,misalnya, termasuk yang paling maju hubungan kerjasama antar kedua negara. Tidak sedikit pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan ke Turki. Lembaga pendidikan Turki pun ada yang membuka sekolah di Indonesia. Bahkan, sejak Turki dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan disebut-sebut hubungan dengan Indonesia makin hangat. Erdogan dan Joko Widodo santer disebut dua pemimpin negara muslim yang kuat. Tamu kita di tahun 2021 adalah Presiden Recep Tayyip Erdogan yang rencananya akan mengunjungi Indonesia membahas berbagai aspek kedua negara.

ANKARA IBUKOTA KEDUA

Ada dua kota besar di Turki yaitu Kota Ankara dan Kota Istanbul.Dua kota ini dalam sejarahnya tidak bisa dipisahkan karena ibukota pertama Turki sebetulnya adalah Istanbul yang kemudian tahun 1923 dipindahkan ke Ankara setelah Turki menjadi negara republik. Ide pemindahan ibukota Turki ini datang dari pendiri Republik Turki yaitu Kemal Ataturk setelah kekaisaran Ottoman runtuh usia perang dunia satu. Ataturk beralasan Istanbul sebagai ibukota kekaisaran Ottoman telah mengalami kemerosotan moral dan korupsi. Pemimpin sekuler ini ingin memutus hubungan dengan masa lalu Ottoman. Sehingga perlu dicari kota baru sebagai ibukota Turki yang pilihannya ke Kota Ankara.

Walaupun tidak lagi menjadi ibukota Turki, Istanbul lebih populer dan lebih dikenal masyarakat dunia ketimbang Ankara yang memiliki luas 24,521 km persegi. Tidak heran bila para turis mancanegara, termasuk dari Indonesia, selalu menempatkan Kota Istanbul sebagai kunjungan utama ketika berkunjung ke Turki. Ankara lebih mengesankan kota modern. Tahun 2019 tercatat populasi penduduk Kota Ankara mencapai 3,5 juta penduduk.

Industri pariwisata adalah salah satu andalan Turki sebagai pemasukan devisa negara. Salah satu keunikan negara ini yang menjadi daya tarik adalah sebagian wilayahnya masuk ke benua Asia dan sebagian berada di benua Eropa. Sekitar 95 persen daratan Turki berada di Asia.Tetapi negara ini lebih memilih masuk ke lingkungan negara-negara Eropa. Turki termasuk negara favorit destinasi masyarakat Indonesia yang berlibur ke luar negeri. Bahkan, tidak sedikit travel umroh yang menawarkan paket umroh plus kunjungan ke Turki.Setelah Umroh di tanah suci, dilanjutkan berwisata ke Turki. Perpaduan Islam dan Eropa menjadi daya tarik orang Indonesia yang melancong ke Turki.

Ankara sebagai pusat pemerintahan tentu tidak kalah menariknya dari Istanbul yang memiliki icon termasyhur di dunia yaitu Hagia Sophia. Anda yang berkunjung ke Ankara, The Citadel menjadi lokasi favorit yang harus Anda sambangi. The Citadel atau Ankara Castle adalah bangunan berbentuk benteng yang didirikan pada abad ke-8 M. Bangunan berbentuk benteng ini disebut-sebut sebagai lokasi favorit para wisatawan mancanegara. Anda yang hobby mengumpulkan cenderamata di lokasi ini banyak toko-toko yang menyediakan cenderamata khas The Citadel.

Anda yang gemar ke museum untuk melihat peradaban suatu bangsa, tentu tidak akan melewati datang ke Museum of Anatolian Civilization.Inilah museum yang dibangun oleh Mahmut Pasha pada era Ottoman.Museum ini sempat terlantar akibat kebakaran, kemudian direvosi oleh Kemal Ataturk ketika memimpin Turki. Di Museum of Anatolian Civilization Anda bisa menyaksikan benda bersejarah dari era pra sejarah, mulai dari era zaman batu, zaman perunggu, era Byzantine sampai kemasyuruhan Turki di era kesultanan ottoman. Bagi Anda yang tidak ingin larut ke masa lalu, dan ingin menikmati kekinian di Kota Ankara, tempat yang layak Anda tuju adalah Cer Modern.Museum yang dibuka tahun 2010 menampilkan berbagai seni modern,musik yang banyak digemari anak-anak muda di Ankara.

Kata orang kalau ingin mengetahui kultur sebuah bangsa cobalah menu khasnya atau datang ke resto yang menyajikan menu-menu spesial kegemaran masyarakatnya. Turki kaya dengan berbagai makanan yang ternyata cocok dengan lidah berbagai bangsa. Tidak heran wisatawan yang datang ke Ankara pasti menyambangi resto-resto terkenal atau cafe yang menyajikan menu khas Turki. Sebagai negara muslim, tidak sulit bagi wisatawan asal Indonesia berburu akan makanan-makanan enak di Ankara. Hanya saja di masa pandemi yang melanda dunia,tidak terkecuali Turki membuat banyak restoran tutup sementara.

Sambil dunia sudah aman dari pandemi Covid-19 tidak ada salahnya Anda mengumpulkan refensi dulu makanan apa saja yang patut dicoba lidah Anda saat berkunjung ke Ankara. Anda penikmat ikan bakar, nah, tempat yang satu ini jangan sampai terlewatkan yaitu restoran seafood di Yelken Balik. Restoran ini salah satu yang terkenal di Ankara menyajikan menu ikan bakar segar. Yelken Balik memiliki bangunan yang luas dan modern, cocok untuk keluarga Anda menikmati ikan bakar saat di Ankara.

Nama makanan ini tidak asing di telinga Anda karena di Indonesia juga sudah populer yaitu kebab. Tetapi kebab yang satu ini punya selera tinggi yaitu Iskender Kebab. Lidah Anda akan dimanjakan oleh kebab yang terbuat dari roti dengan irisan tipis kebab, saus tomat dan mentega cair. Ada banyak variasi kebab yang bisa Anda pilih. Ankara adalah surganya makanan kebab. Pilihan lainnya Anda bisa menikmati kebab di Haci Arif Bey. Kebab yang dipanggang dengan berbagai pilihan memberi citra rasa yang tinggi. Ingin menikmati kebab yang masih mempertahankan resep tradisional yang rasanya maknyus di lidah, Anda bisa datang ke Bursa Haci Kebabcisi. Resto yang berdiri sejak tahun 1961 ini terkenal dengan doner kebab istimewa yang menggunakan bahan-bahan tradisional. Setelah bebas dari Corona, jangan lewatkan menikmati kebab dengan berbagai varian saat Anda datang ke Ankara.

Nah, buat Anda yang gemar permen, catat baik-baik nama permen ini bila berkunjung ke Ankara yaitu permen Lokum di Ali Uzun. Toko permen jadul ini sudah berdiri sejak tahun 1935. Berbagai rasa permen mulai dari rasa kekinian hingga rasa klasik asal Turki bisa Anda temukan di sini. Jangan lupa selain untuk dinikmati bawa juga buat oleh-oleh yang nungg di rumah.

Ankara seperti juga kota-kota besar lainnya menyediakan berbagai transportasi massal untuk warganya. Ada bus umum EGO, kereta ringan Ankaray, Metro Ankara, Cable Car, termasuk angkutan umum swasta seperti OTA dan OHO. Metro Ankara punya empat jalur yaitu jalur Batikent Metrosu, Koru Metrosu, Torekent Metrosu dan jalur baru Kecioren Metrosu yang dibuka tahun 2017. Metro Ankara adalah transportasi kereta ringan yang mulai beroperasi akhir tahun 1997 yang dimulai dari pembukaan jalur metro M1 pertama yang menghubungkan antara Kota Kizilay dengan Batikent. Dilanjutkan dengan jalur M2 yang dibuka pada tahun 2014. Setelah itu kembali dibuka jalur M3 yang juga dibuka tahun 2014.

Turki adalah salah satu negara favorit tujuan para pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Beberapa lembaga pendidikan tinggi di Turki menawarkan beasiswa bagi pelajar-pelajar asal Indonesia. Sebagai ibutkota negara, Ankara memiliki universitas – universitas ternama menjadi magnet bagi pelajar asing untuk menuntut ilmu. Ankara University, sesuai namanya adalah univeritas yang terletak di pusat ibukota Ankara. Berdiri sejak tahun 1946 Ankara Unvirsity sebaga univeritas favorit yang memiliki jurusan terlengkap di Turki. Tidak kurang dari 45 ribu mahasiswa kuliah di Ankara University. Tercatat ada 120 program sarjana, 40 program doktor dan 110 program magister. 

Gazi University berdiri sejak sejak tahun 1926, salah satu univeritas tua di Ankara yang memiliki 21 fakultas dari berbagai bidang ilmu. Salah satu yang menonjol dari universitas ini adalah memiliki 48 pusat riset yang sangat menompang berbagai penelitian yang dilakukan mahasiswa. Belum lagi perpustakaan Gazi University yang memiliki koleksi buku mencapai 150 ribu judul buku. Ingin menjadi dokter dari univeritas di Ankara. Hacettepe University bisa menjadi pilihan buat Anda karena ini adalah universitas terbaik di Turki. Tercatat mendapat peringkat ke-208 universitas terbaik di dunia. Hacettepe University memiliki 14 fakultas, 15 Institut, 2 Sekolah Tinggi, dan 98 Laboratorium Penelitian.

Ingin menjadi insinyur, Middle East Technical University bisa menjadi pilihan Anda. Universitas dengan singkatan METU ini memiliki lima fakultas mulai dari fakultas arsitektur, sastra dan sains, pendidikan, ekonomi dan teknik mesin. Universitas yang berdiri sejak tahun 1956 ini banyak diminati mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan.Inilah universitas di Turki yang mampu menembus 100 besar universitas dunia karena menduduki peringkat ke-85 di dunia. Universitas lainnya yang bisa jadi pilihan di Ankara ada Yildirim Beyazit University yang terbilang baru karena berdiri tahun 2010. Walaupun baru, universitas ini memiliki 13 fakultas dengan bahasa pengantar perkuliahan bahasa Inggris dan Turki. Jumlah mahasiswa sudah mencapai 16 ribuan.

Masih ada pilihan lainnya seperti Atilim University yang bekerja sama dengan sejumlah universitas di Eropa. Baskent University yang menyediakan program ilmu kesehatan yang menjadi keunggulannya. Cankaya University banyak diminati yang ingin mengambil ilmu hukum, teknik, dan ilmu-ilmu sains. Tertarik dengan universitas swasta di Ankara, Bilkent University adalah universitas swasta pertama di Turki yang berdiri tahun 1984.
Menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah, universitas ini memiliki 34 program S1 dan 58 program S2 dan S3. Bilkent University menawarkan program pertukaran pelajar dengan universitas-universitas di Eropa.
(dari berbagai
sumber