Home Travel and City Amsterdam, BELANDA ITU TIDAK MAHAL

Amsterdam, BELANDA ITU TIDAK MAHAL

86
0
Amsterdam

Saat Anda berlibur ke benua Eropa, Belanda merupakan salah satu negara paling popular untuk pertama kali dikunjungi. Hal ini tak lain karena
Belanda memang memiliki sejuta objek wisata yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan para wisatawan yang sedang berlibur ke Eropa. Amsterdam adalah sebuah kota iconic di Belanda yang punya banyak pilihan tempat wisata yang dapat dikunjungi. Karena sangat banyak Anda harus selektif dalam memilih tempat wisata, Tipsnya adalah kunjungi ikon kota. Tempat wisata yang paling terkenal, yang paling keren dan instagramable. Lalu bila Anda lebih memilih tempat asik, original dan gratis. Berikut adalah 6 destinasi wisata terbaik Amsterdam:

baca juga, Kolaborasi QNET dan Kodim 1611 Badung Bali Wujudkan Rumah Layak Huni Bagi Warakuwuri

RIJKSMUSEUM

Museum terlaris di Amsterdam, terdapat lebih dari 8000 lukisan dan obyek seni lainnya yang disimpan di dalam 100 ruangan dan galeri. Koleksi karya seninya berasal dari abad 15 hingga abad 21. Tiket online bisa dibeli langsung melalui website official Rijksmuseum seharga 19€ untuk 1
orang dewasa atau sekitar Rp304.000. Untuk usia kurang dari 18 tahun, GRATIS. Siapkan paspor atau identitas lain untuk membuktikan. Sedangkan untuk membeli secara langsung di tempat seharga 20€ atau sekitar Rp320.000. Disarankan untuk membeli secara online beberapa jam sebelum datang dengan kartu kredit. Lebih murah dan tak perlu antre. Bagi Anda yang ingin memandang dengan hikmat semua karya seni yang di galeri, sebaiknya memilih mengunjungi pada hari kerja karena saat akhir pekan selalu padat pengunjung.

MUSEUM VAN GOGH

Terdapat semua karya besar Van Gogh. Pada 2015, museum ini memiliki 1,9 juta pengunjung, dan merupakan museum ke-2 yang paling banyak dikunjungi di Belanda dan museum seni yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tidak ada beda harga antara membeli tiket online atau
langsung di loket. Harga 1 orang dewasa adalah 19€ atau sekitar Rp304.000. Gratis untuk usia dibawah 18 tahun. Ketika membeli secara langsung atau lewat loket yaitu maka Anda akan mendapati antrean yang sangat panjang sekali sekali! Beli disarankan untuk membeli secara online 30 menit sebelum masuk museum.

ANNE FRANK HOUSE

ANNE FRANK HOUSE Adalah rumah penulis dan museum biografi yang didedikasikan untuk penulis buku harian perang Yahudi, Anne Frank. Selama Perang Dunia II, Anne Frank bersembunyi dari penganiayaan Nazi bersama keluarganya dan empat orang lainnya di kamar tersembunyi di belakang rumah kanal abad ke-17, yang dikenal sebagai Secret Annex (Bahasa Belanda: Achterhuis). Anne Frank tidak selamat dari perang tetapi pada tahun 1947, buku harian masa perangnya diterbitkan. Pada tahun 1957, Anne Frank Foundation didirikan untuk melindungi properti dari pengembang yang ingin menghancurkan rumah tersebut. Museum dibuka pada 3 Mei 1960. Tempat itu menyimpan tempat persembunyian, memiliki pameran permanen tentang kehidupan Anne Frank, dan memiliki ruang pameran tentang semua bentuk penganiayaan dan diskriminasi. Pada tahun 2013 dan 2014, museum ini memiliki 1,2 juta pengunjung dan merupakan museum ke-3 yang paling banyak dikunjungi di Belanda, setelah Rijksmuseum dan Van Gogh Museum. Harga tiket Anne Frank House untuk 1 orang dewasa 10€ atau sekitar Rp 160.000. Anak usia 10 – 17 tahun seharga 5€ atau sekitar Rp 80.000. Anak usia 0 – 9 tahun GRATIS. Museum buka jam 9.00 – 19.00 kecuali Sabtu. Dari jam 9.00 – 22.00

KAPAL PESIAR DI KANAL AMSTERDAM

Pelayaran ini membawa pengunjung ke beberapa situs utama Amsterdam. Pelayaran berlangsung selama satu jam saja. Meskipun durasinya relatif singkat, tetapi Anda akan melihat banyak hal termasuk Jembatan Skinny, kapal VOC, Zevenbogenbruggengracht, dan dermaga. Operator terkenal adalah Lovers Canal Cruises. Dengan membayar tarif 11€ per orang dewasa dan 7€ per anak (4-12 tahun), selama 1 jam kami bisa melihat indahnya arsitektur kota Amsterdam diiringi penjelasan melalui headphone dari virtual guide dengan pilihan 14 bahasa, termasuk bahasa Indonesia . Untuk boat tour, Anda bisa memulainya di Anne Frank Huis. Pemandu wisata sekaligus juru mudi akan membawa Anda menelusuri kota Amsterdam yang cantik. Jangan heran pula, Anda akan bertemu beberapa boat house di sepanjang perjalanan Anda. Ada sebagian warga Amsterdam yang memilih untuk tinggal di boat house. Jika Anda beruntung, kita akan melihat sekilas penataan ruang house boat dari balik jendela. Ini seperti suasana di rumah yang nyaman dan apik ditambah interior yang menunjang. Ingin mengesankan pasangan dengan romantisme makan malam di atas kapal sambil menyusuri kanalkanal cantik Amsterdam? Inilah pilihan tepat. Anda pasti akan merasakan keajaiban saat menginjak perahu kayu yang indah, yang berasal dari tahun 1898. Setiap perahu membutuhkan maksimum 20 penumpang. Jadi inilah satusatunya perahu wisata paling intim di Amsterdam. Tidak seperti perahu lainnya yang memberikan penjelasan melalui audio , disini kapten hanya mengarahkan sorotan lampu di sepanjang jalan. Daya tarik sebenarnya adalah menu dengan tiga hidangan: pembuka, utama dan penutup, yang akan Anda nikmati selama tour sekitar dua jam dan 45 menit. Jadwal pelayaran makan malam bervariasi dari minggu ke minggu, tetapi biasanya tour berjalan mulai jam 19.30 malam pada hari Kamis dan Sabtu. Biaya tour antara 110€ dan 130€.

PASAR BUNGA TERAPUNG AMSTERDAM

Pasar Bunga Amsterdam sangat terkenal dan populer. Terletak di pusat Canal Ring. Tepatnya di Singel Canal, antara Koningsplein dan Muntplein. Alamat lengkap Pasar Bunga Amsterdam adalah Singel 360 to 600, 1017 AZ Amsterdam. Pasar ini telah ada sejak 1862 dan salah satu warisan budaya UNESCO.

Datanglah pada musim semi. Pada pertengahan April hingga akhir Mei, mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan tulip, dafodil, snowdrop, anyelir, bunga violet, peony, anggrek dan masih banyak lagi. Bila Anda datang bulan Desember saat musim dingin bersalju, di sini banyak dijual pohon-pohon natal nan indah. Setiap hari buka dari Senin sampai Sabtu dari jam 9.00 – 17.30. Mengunjungi dan berselfi ria GRATIS.

Tulip selalu dikaitkan dengan Belanda. Khususnya Amsterdam. sejak Masa Keemasan Belanda 400 tahun lalu, saat bunga ini pertama kali didatangkan dari Kerajaan Ottoman. Saat ini, menanam tulip dan bunga umbi lainnya merupakan industri besar. Setiap musim semi, saat ladang bunga berubah menjadi deretan warna cerah, bunga tulip di Belanda adalah objek wisata utama.

RED LIGHT DISTRICT

Wisata lainnya yang unik di Amsterdam adalah di Distrik Lampu Merah (Red Light District) dan kedai-kedai kopi soft drugs (weed, hashish, paddestoel-mushroomBila cuma untuk berjalan-jalan dan menikmati suasana sekitar red light district aja GRATIS. Saat paling ideal mengunjunginya adalah malam hari. Lampu-lampu temaram menghiasi area ini. Hati-hati di daerah ini karena terkenal sebagai daerah rawan skandal. Dilarang mengambil foto atau video dari cewek-cewek yang ada di gallery rumah kaca. Patuhilah demi keamanan diri.

Karena Red Light District adalah wisata untuk dewasa, saya tidak merekomendasikan untuk wisatawan dengan keluarga ataupun Anda yang berkunjung dengan pasangan. Tidak direkomendasikan untuk berkunjung ke kedai-kedai kopi ganja. Namun bagi yang ingin mencoba, sekali lagi patuhilah segala peraturan yang berlaku. Karena walaupun mengkonsumsi ganja legal di Amsterdam, tapi pengguna tidak boleh melakukannya di tempat umum. Ada ruang khusus yang disediakan. Apabila dilanggar, polisi akan memberikan sanksi tegas. Catatan: Amsterdam kota aman. Dalam artian Anda bebas keluar malam tanpa takut dilecehkan atau menemui tindakan anarki. TAPI bukan berarti Anda akan terhindar dari COPET. Di kota besar manapun di dunia, terutama dengan jumlah turis yang sedemikian besar, pasti ada copet. WASPADALAH.

WISATA KULINER AMSTERDAM

Mencicipi kuliner lokal adalah salah satu pengalaman asyik saat kita berpetualang di negeri orang. Di Amsterdam, Anda bisa merasakan nikmatnya makanan khas, maka Anda wajib mencoba bitterballen, stroopwafel, kentang goreng tebal (Dutch Fries), ikan Hering, Croquettes, Keju : Gouda, Geitenkaas, Maasdammer serta yang paling fenomenal adalah Indonesian Rijstafel . Menurut warga lokal disana Belanda itu terselamatkan oleh pengaruh masakan Indonesia. Karena restoran yang paling diapresiasi bagi wisatawan di Belanda adalah justru restoran yang menyuguhkan Indonesian Rijstafel.

Tapi untuk street food di Belanda yang menyajikan camilan sejenis fast food, silakan mencoba berbagai stand di Albert Cuyp Markt yang asyik. Seperti pasar tradisional yang menjual tak hanya makanan tapi juga souvenir, baju, bunga dan sebagainya. Atau silakan mencoba datang ke
counter makanan. Disana tidak terdapat pelayan, hanya ada pilihan makanan dari box kaca beserta harga. Anda tinggal masukkan uang receh sesuai dengan harga dan sajian camilan seperti bitterballen atau kroketten hangat langsung bisa Anda nikmati. Smakelijk !

HOTEL MURAH DI AMSTERDAM

Bagi Anda yang mencari tempat tepat untuk bermalam. Cek saja di Booking.Com, Hotel.Com TripAdvisor atau Airbnb. Com untuk Amsterdam. Harga kamar per malam bisa lebih dari 700€ tergantung lokasi hotel dan fasilitas. Jangan takut, yang murah banyak. Jika lihai memilih area, banyak hotel murah, walau kadang agak jauh dari tempat wisata. Satu kamar paling murah dipatok harga 60€-an atau Rp 960.000 dengan fasilitas Wifi gratis tanpa sarapan. Tambah sarapan di hotel harganya bisa sangat mahal. Lebih baik beli sarapan di luar.

Area Damrak sangat ideal untuk turis muslim. Banyak resto dan snack halal di sepanjang area ini. Tentang kualitas makanan, jangan cemas. Di Eropa secara umum kualitas makanan bagus. Makanan India, Turki, Indonesia banyak tersedia. Porsi bule. Jadi kalau perut kita kecil, bolehlah satu porsi dibagi dua. Irit kan?

SHOPPING MURAH DI AMSTERDAM

  • DAMRAK
    Di sini banyak menjual souvenir murah. Lumayanlah untuk oleh-oleh orang sekampung dan teman kantor sekompi. Ada magnet kulkas, kaos bertulis Amsterdam, syal, parfum hingga cokelat ganja. Hati-hati saat kembali ke Indonesia bila Anda membeli barang yang mengandung ganja.
  • HAARLEMMERBUURT
    adalah salah satu tempat belanja murah pula. Bukan mall, tapi toko-toko kecil menjual souvenir dan barang khas Belanda. Area ini bangunan arsitekturnya bagus banget. Bila tidak ingin belanja, selfi aja.
  • BATAVIA STAD FASION OUTLET
    Juga tempat belanja yang bagus dan tidak mahal. Tempat ini diburu oleh pecinta brand-brand Internasional. Sering memberikan diskon besar. Sangat menggiurkan.
  • THE NINE STREETS (DE NEGEN STRAATJES)
    Shopping trendy nan asik ya di sini. Letaknya di Old Town. Untuk shopping baju, sepatu, parfum, ataupun make-up. Karena banyak sekali galeri koleksinya oke habis. Dan bila Anda beruntung, ada banyak diskon pula. Shopping Branded di Eropa!
  • KALVERSTRAAT DAN LEIDSESTRAAT
    Beli berlian di Amsterdam? Siapa takut! Kunjungi area Kalverstraat dan Leidsestraat Jangan lupa mempertimbangkan volume bagasi sebelum kalap belanja sana sini ya. Dan cek lagi aturan bea cukai terbaru.


Waktu Terbaik Mengunjungi Amsterdam

Belanda adalah negeri empat musim, dan setiap musim punya daya tariknya sendiri-sendiri. Berikut adalah gambaran kisaran waktu terbaik untuk mengunjungi Amsterdam setiap musimnya.

Musim Semi: Akhir April – Mei – Pada akhir April, cuaca mulai hangat dan tidak terlalu fluktuatif seperti di Maret hingga awal April. Pada 27 April, Anda juga bisa melihat kemeriahan King’s Day!

Musim Panas: Agustus – Pada bulan Agustus, banjir turis yang biasanya terjadi pada Juli sudah menyusut di Amsterdam, jadi Anda bisa lebih menikmati kota tanpa takut keramaian yang keterlaluan. Pada Agustus juga akan terjadi banyak festival di Amsterdam seperti Pride in Amsterdam, Lowlands, hingga Into the Great Wide Open.

Musim Gugur: Sepanjang musim! – Gak bisa dipungkiri, musim gugur adalah salah satu musim terbaik untuk traveling ke Eropa! Inilah saatnya melihat daun-daun yang menguning atau memerah, dan udara yang tidak lagi panas tetapi belum terlalu dingin di Amsterdam.

Musim Dingin: Desember-Januari – Amsterdam adalah kota yang cukup menyenangkan untuk dikunjungi menjelang Natal dan Tahun Baru, tetapi jika Anda enggan berkunjung ke kota ini ketika ramai-ramainya, Anda mungkin ingin berkunjung ke sana di bulan Januari saja, ketika warga Eropa selesai liburan dan kembali bekerja. •



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here