Beranda Berita Properti Terinspirasi dari Kejernihan Air, Kantor Baru TOTO Gabungkan Budaya Jepang dan Indonesia

Terinspirasi dari Kejernihan Air, Kantor Baru TOTO Gabungkan Budaya Jepang dan Indonesia

Kantor Pusat TOTO Indonesia di Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat, berada di tengah cahaya dan kebisingan pusat kota, sekaligus menjadi inspirasi dari desain yang mencerminkan kejernihan air.

1173
0
kantor pusat toto indonesia
Kantor pusat TOTO Indonesia di Jakarta Barat terinspirasi dari kejernihan air. (dok. TOTO)

Propertyandthecity.com, Jakarta – PT Surya Toto Indonesia (TOTO) baru saja meraih penghargaan BCI Asia Interior Design Award 2020 atas desain kantor pusat terbarunya yang dinilai sebagai salah satu karya arsitektur terbaik pada tahun ini.

Penghargaan internasional dimenangkan TOTO pada kategori offices dari 7 negara yang berpartisipasi, yaitu China & Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore, Thailand, dan Vietnam.

Hanafi Atmadiredja, President Director, PT Surya Toto Indonesia menjelaskan, Kantor pusat TOTO Indonesia ini merupakan perpaduan suasana budaya Jepang dan Indonesia, sama seperti perpaduan produk TOTO yang menggabungkan kualitas material dari Indonesia dan aspek modern dari Jepang untuk menciptakan produk yang berkualitas dan inovatif.

Baca: Punya Teknologi Mutakhir, Kloset TOTO Lebih Bersih dan Higienis

“Desain kantor pusat Toto Indonesia ini dapat mencerminkan komitmen perusahaan serta jati diri kami dalam menghadirkan produk sanitasi yang berkualitas, futuristik dan ramah lingkungan,” ujar Hanafi di Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Dalam mewujudkan representasinya tersebut, Field Four Design Office, konsultan desain kelas dunia, telah dipilih untuk mendesain suasana interior kantor pusat TOTO Indonesia. Sementara sentuhan budaya Indonesia dipercayakan kepada Airmas Asri Architects.

Toshiyuki Okubo, Project Director, Field Four Design Office mengatakan, menggabungkan desain dari dua kebudayaan, yaitu Indonesia dan Jepang merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk berinovasi.

“Kami berharap proyek ini dapat menjadi pendorong inovasi pertukaran antar budaya,” katanya.

Toshiyuki melanjutkan, dengan penuh kegigihan, pihaknya menerapkan konsep desain yang kuat dan fleksibel untuk menyatukan dua kebudayaan yang berbeda, teknologi dan bahan bangunan yang berbeda serta pikiran klien dan kontraktor yang berbeda.

“TOTO Indonesia merupakan perusahaan lokal dan bukanlah cabang luar negeri dari TOTO Jepang, karena itu kami bertekad proyek desain ini harus dapat menunjukkan identitas perusahaan mereka,” tegas Toshiyuki.

Kantor Pusat TOTO Indonesia di Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat, berada di tengah cahaya dan kebisingan pusat kota, sekaligus menjadi inspirasi dari desain yang mencerminkan kejernihan air.

Baca: Pertama di Indonesia, SCG Luncurkan COTTO Sanitary Ware

Yuta Shimada, Designer, Field Four Design Office menjelaskan, pihaknya ingin menciptakan pengalaman yang mengingatkan peran air bersih pada kehidupan sehari-hari.

“Dari pintu masuknya sudah terpancar warna identitas perusahaan yaitu biru dengan konsep light from water reflecting the city. Untuk desain dari dinding eskalator yang menghubungkan ke lantai showroom mengekspresikan cahaya dari air mengalir, light from flowing water dan desain dari showroom TOTO dengan konsep light from a quiet pond,” tambahnya.

Showroom

Kantor pusat TOTO Indonesia ini juga sekaligus dilengkapi dengan showroom, dimana pengunjung dapat melihat rangkaian produk TOTO dengan teknologi bebas sentuh dan ramah lingkungan yang mengedepankan kehigienisan.

Adanya peningkatan standar dan anjuran untuk secara rutin menjaga kebersihan, serta mendorong peningkatan penggunaan air bersih, menantang TOTO untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan rangkaian produk TOTO yang telah dilengkapi dengan teknologi eco-friendly, yang memungkinkan efisiensi daya dan air mulai dari keran, shower, bidet, urinal, kloset, wastafel, hingga hand dryer.

Misalnya fitur teknologi aerated bubble, meski air yang keluar terasa deras namun air yang digunakan adalah dalam jumlah yang minimal.

kantor baru toto indonesia
Kantr Pusat Toto Indonesia merupakan perpaduan desain budaya Indonesia dan Jepang. (dok TOTO)

Sebagai perusahaan lokal dengan produksi dalam negeri, TOTO fokus untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas sanitasi di Indonesia, sejalan dengan filosofi TOTO untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik melalui produk saniter berstandar internasional.

Baca: ERA Indonesia Gelar Soft Opening Kantor Baru ERA Mansion

“Saat ini, dimana kebersihan dan kesehatan merupakan prioritas, kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak lagi terhadap masyarakat dan tentunya kami ingin kembali mengajak semuanya untuk tetap menjaga keamanan dan kesehatan di tengah situasi ini,” tutup Hanafi.

TOTO sudah 50 tahun berada di Indonesia. Namun demikian, Hanafi bilang, banyak masyarakat Indonesia hanya mengenal TOTO sebatas sebagai brand toilet. Padahal, selain memiliki banyak jenis produk lainnya, di luar negeri, seperti Jepang dan Amerika, TOTO sangat dikenal dengan teknologi toiletnya.

“50 tahun lalu teknologi masih mahal sehingga, lebih sulit diaplikasikan. Sama seperti produk elektronik, saat ini justru harganya lebih terjangkau, meski dengan teknologi yang mutakhir,” terangnya.

Saat ini TOTO Indonesia telah memiliki 4 pabrik, dimana 3 pabrik berada di Tangerang dan 1 lagi yang baru dibuka berada di Surabaya.

Hanafi berharap agar ke depannya semua Toilet di Indonesia juga bisa ditingkatkan dalam hal kualitas, terutama yang telah menerapkan teknologi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini