Beranda Secondary Market SELAIN RUMAH, PABRIK DAN GUDANG BANYAK DIINCAR DI BALARAJA SEPANJANG...

SELAIN RUMAH, PABRIK DAN GUDANG BANYAK DIINCAR DI BALARAJA SEPANJANG JULI SAMPAI AGUSTUS 2022

0
DIINCAR DI BALARAJA

Balaraja menjelma menjadi daerah yang terus mengalami perkembangan pesat dalam berbagai aspek. Apalagi bagi masyarakat Tangerang, Balaraja dikenal pula sebagai kota seribu pabrik karena menjadi salah satu wilayah industri nasional. Ditinjau dari sudut pandang lokasi, Balaraja adalah daerah yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang bagian barat. Artinya, Balaraja termasuk daerah yang berstatus sebagai kota penyangga ibu kota Jakarta.

baca juga, TOL SERPONG-BALARAJA TINGKATKAN KONEKTIVITAS DAN ARUS LOGISTIK

Nama Balaraja sendiri terdiri dari dua kata; yaitu Bala dan Raja. Menurut banyak sumber, dua kata itu diambil lantaran Balaraja pada zaman dulu sering dipakai untuk tempat istirahat (Bale) para Raja setelah berperang.

Zaman terus berubah, waktu terus maju, daerah Balaraja pun ikut terus berkembang. Seperti sudah disinggung di muka, Balaraja yang dekat dengan ibu kota Jakarta kini pelan-pelan dilirik oleh masyarakat untuk ditinggali. Ada beberapa faktor yang membuat Balaraja dilirik oleh masyarakat luas, selain karena dekat dengan Jakarta, daerah yang mempunyai 9 kelurahan ini, dilengkapi banyak fasilitas publik yang terbilang lengkap. Sebut saja seperti moda transportasi (bus, jalan tol, kereta api), fasilitas pendidikan, pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

Bahkan baru-baru ini, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tengah sedang merencanakan pengembangan MRT Fase 3 yang nantinya akan disebut MRT EastWest Line. Rute pengembangan MRT fase 3 tersebut akan mencakup wilayah Banten dan Jawa barat. Untuk rute MRT Banten akan melalui Kembangan, Kelapa Dua, sampai Balaraja sebagai pemberhentian terakhir.

Dengan berbagai faktor di atas, pemburu properti pada saat ini dan untuk beberapa tahun mendatang akan terus meninjau Balaraja sebagai tempat ideal untuk mencari hunian impian, termasuk bagi mereka yang bekerja di ibu kota Jakarta.

Tren Pasar Properti yang Dijual di Balaraja per Juli sampai Agustus 2022

Untuk membuktikan sejauh mana Balaraja dilirik oleh masyarakat, Tim Business Intelligence 99 Group kemudian mengurai tipe properti yang paling banyak diburu pada periode 1 Juli sampai 14 Agustus 2022.

Hasilnya mengungkap, rumah merupakan jenis properti paling banyak dicari dengan persentase 51,44 persen, kemudian disusul oleh tanah di angka 19,74 persen pencari. Angka di atas 50 persen membuktikan jika masyarakat mengincar Balaraja sebagai daerah untuk dijadikan tempat
tinggal.

Menariknya, pencarian properti pabrik bekas dan gudang cukup tinggi. Hal ini tampaknya wajar, sebab Balaraja merupakan kawasan industri di Indonesia.

Rinciannya sebagai berikut: pencarian pabrik sebesar 13,68 persen, gudang 12,11 persen, sisanya masyarakat mencari ruko dengan 3,03 persen.

Dengan lokasi yang tak terlalu jauh dari ibu kota, tapi juga tak terlalu dekat, masih banyak rumah-rumah terjangkau yang harganya di bawah Rp400 juta di Balaraja.

Hal ini pun tercermin dari data 99 Group per Juli sampai Agustus 2022, di mana pencarian properti di bawah Rp400 juta ada di angka 55,56 persen.

Uniknya pencarian properti di atas Rp10 miliar cukup banyak di Balaraja, yaitu sebesar 16,4 persen. Ini ditengarai karena masyarakat juga
banyak yang mencari jenis properti pabrik dan gudang sebagai tempat usaha.

Sementara sisanya jenis properti yang dicari dengan harga Rp650-Rp850 juta (5,74 persen), Rp400-Rp650 juta (4,18 persen), dan Rp5-Rp10
miliar (3,71 persen).

Tren Pasar Properti yang Disewa di Balaraja per Juli sampai Agustus 2022

Lalu, bagaimana dengan geliat pasar properti yang disewa di Balaraja?

Tim Business Intelligence 99 Group menemukan data yang menarik. Lewat data yang dihimpun per 1 Juli sampai 14 Agustus 2022, ditemukan bahwa pencarian sewa gudang dan pabrik paling banyak dicari oleh masyarakat luas. Sedangkan jenis hunian seperti rumah berada di posisi ketiga.

Berikut rincian lengkapnya: Pencarian gudang untuk disewa (40,45 persen), pabrik (32,03 persen), rumah (17,25 persen), tanah (5,34 persen), dan ruko (4,93 persen). Data di atas mempertegas bila Balaraja akan terus berkembang sebagai kawasan industri besar di Indonesia.• (99.co rumah123.com)

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini