Home Berita Properti Dorong Kreasi Karpet Tanah Air, Hesitada Group Bersama HDII Gelar Rug Design...

Dorong Kreasi Karpet Tanah Air, Hesitada Group Bersama HDII Gelar Rug Design Award 2022

Salah satu syarat karya yang diikutkan dalam kompetisi ini, yakni karya berupa sebuah design pola karpet/permadani yang isinya sesuai dengan Tema yaitu “Modern Heritage”.

75
5
Karpet Moire
Karpet Moire di Showroom Moire Rugs, Jl. Ahmad Dahlan No. 22, RT 3/RW 3, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan./ Foto: Pius

Jakarta, Propertyandthecity.com — Hesitada Group, perusahaan karpet handmade premium nasional bekerjasama dengan HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia) berinisiatif menyelenggarakan Rug Design Award 2022 yang akan berlangsung pada Juni-Agustus 2022 ini.

Sebagaimana diketahui bahwa minat masyarakat untuk mempercantik hunian terus tumbuh seiring peningkatan jumlah masyarakat kelas menengah di Indonesia. Salah satu produk yang menjadi pilihan masyarakat untuk mengisi hunian mereka adalah karpet.

Baca: Serah Terima Apartemen di Agustus, Triniti Land Bukukan Pendapatan Sejak 2020 Hingga 2022 Sesuai PSAK 72

Bahkan mulai tumbuh pemahaman dari masyarakat yang memandang karpet/permadani sebagai bagian dari gaya hidup dan elemen penting dari sebuah interior, bukan hanya dipandang sebagai sekedar alas lantai.

Namun, pertumbuhan minat masyarakat akan karpet ini tidak dibarengi dengan daya dukung industri karpet dalam negeri. Saat ini belum banyak desainer muda Tanah Air yang terjun menggeluti desain karpet maupun berani melakukan eksperimen desain karpet yang mampu menggabungkan nilai seni Indonesia dengan nilai modern.

Adapun Rug Design Award 2022 yang merupakan sebuah kompetisi desain karpet pertama di Indonesia yang digelar untuk menjaring talenta berbakat Tanah Air dari kalangan mahasiswa desain dan masyarakat umum peminat desain untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan karya desain karpet premium yang diakui secara global.

Founder & CEO Hesitada Group Tama Florentina mengatakan, sebagai perusahaan anak bangsa yang bergerak di bidang produksi karpet handmade premium, Hesitada Group memandang perlu untuk mendorong minat talenta berbakat Tanah Air untuk mulai berani berkreasi menghasilkan desain karpet yang berkelas internasional.

“Harapannya agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar tapi juga produsen karpet berkelas dunia. Oleh karena itu, kami berinisiatif menyelenggarakan Rug Design Award 2022 dengan mengandeng HDII. Kompetisi ini juga dalam rangka menggugah minat masyarakat untuk menjadi individu atau komunitas yang aktif berpartisipasi melestarikan seni, khususnya desain karpet yang menjadi elemen penting dari keindahan sebuah interior,” katanya.

Tahapan kompetisi ini adalah pendaftaran dan pengumpulan karya pada 28 Juni – 28 Juli, Opening Webinar 28 Juni bersama narasumber Eugenio Hendro (product designer) yang bisa disaksikan melalui kanal Youtube Moire Rugs, tahap penilaian 30 Juli hingga 10 Agustus, sementara pengumuman pemenang pada 11 Agustus.

Baca: Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation Segera Luncurkan Klaster Kanade di The Zora, BSD City

Syarat karya yang diikutkan dalam kompetisi ini karya berupa sebuah design pola karpet/permadani yang isinya sesuai dengan Tema yaitu “Modern Heritage”; karya bersifat orisinil, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung SARA, pornografi, hoax, serta hal-hal yang bertentangan dengan peraturan dan norma yang berlaku di masyarakat; judul karya sesuai dengan Tema yang telah ditentukan.

Kriteria penilaian antara lain Kesesuaian karya dengan tema, ide atau gagasan, style & uniqueness, teknik eksekusi (keunikan karya, komposisi warna dan gambar, serta tata letak objek dalam gambar).

Masyarakat yang ingin mengikuti kompetisi ini dapat mendaftar dan membaca ketentuan detail kompetisi di sosial media @moirerugs dan @hdii_pusat.

“Sebagai kompetisi yang baru diselenggarakan, kami menargetkan acara ini dapat diikuti oleh 200 orang peserta. Mengingat banyak sekali pegiat dan peminat desain di Indonesia, kami optimistis target ini dapat tercapai,” terang Tama.

Nantinya semua karya akan dinilai oleh tim dewan Juri yang terdiri dari desainer interior ternama Ayu Sawitri Joddy dan Francine Denise serta Founder & CEO Hesitada Group Tama Florentina.

Baca: Kuartal II, Program Sejuta Rumah Capai 278.725 Unit

“Pemenang dari ajang kompetisi ini akan mendapat hadiah dengan nilai total puluhan juta rupiah. Jadi jangan sampai ketinggalan. Ayo gabung di kompetisi ini,” tutup Tama.

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here