Beranda Berita Investasi Cara dan Tips Investasi Properti untuk Pemula

Cara dan Tips Investasi Properti untuk Pemula

Jika Anda ingin memulai investasi properti di Indonesia, berikut adalah caranya, langkah-langkah dan info terbaru berdasarkan penelitian yang cocok untuk pemula. Baca panduan ini untuk mendapatkan tips berguna dalam berinvestasi di berbagai jenis real estat.

1
Tips dan Cara Berinvestasi di Properti

Mari kita mulai dari dasar-dasarnya! Investasi properti adalah ketika Anda membeli properti seperti rumah, apartemen, atau tanah dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan dari properti:

    1. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari menyewakan properti kepada orang lain; 
    2. Anda dapat menjualnya di masa depan dengan harga yang lebih tinggi;
    3. Kedua-duanya cara tersebut.

Meskipun real estat adalah salah satu jenis investasi yang paling umum, banyak investor baru tidak tahu di mana atau bagaimana cara berinvestasi properti untuk mendapatkan keuntungan.

Berbagai Jenis Properti yang Harus Dipahami

Kita memulai dengan jenis-jenis properti. Investasi properti menawarkan berbagai bentuk, yaitu: 

  • Tanah;
  • Gudang;
  • Ruko;
  • Apartemen;
  • Hotel;
  • Rumah (paling diminati);
  • Saham perusahaan properti (buka jenis properti, tapi jenis investasinya).

Selain itu, kita dapat membagi semua jenis ini menjadi 3 kategori berikut:

1. Properti Residensial

Investasi residensial melibatkan pembelian properti perumahan, kondominium, dan apartemen, yang kemudian dapat disewakan kepada orang lain. Dengan ini, Anda dapat menghasilkan pendapatan dari biaya sewa yang dikumpulkan setiap bulan. Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis dan menarik bagi penyewa potensial. 

2. Properti Komersial

Investor juga dapat membeli properti komersial yang dirancang khusus untuk kegiatan bisnis. Properti komersial seperti apartemen di daerah komersial atau lokasi toko ritel membutuhkan perawatan yang lebih tinggi dan peningkatan kualitas. Namun, biaya tersebut dapat terbayar dengan pendapatan dari penjualan atau uang sewa yang diperoleh.

3. Properti Campuran

Properti campuran adalah jenis properti yang dapat digunakan baik untuk tujuan residensial maupun komersial. Misalnya, ruko yang memiliki bagian bawah yang digunakan untuk kegiatan usaha seperti restoran atau toko, sementara lantai atasnya dapat dijadikan tempat tinggal pemilik usaha atau disewakan sebagai kos-kosan. Ini memberikan fleksibilitas dalam mengoptimalkan penggunaan properti.

Sebelum melakukan investasi properti, lakukan riset yang teliti dan konsultasikan dengan ahli atau agen properti yang tahu cara investasi real estate di area tertentu. Dengan pemahaman yang baik tentang jenis-jenis properti ini, Anda dapat memilih investasi yang sesuai dengan tujuan dan kepentingan Anda. Ingatlah untuk selalu meminimalkan risiko dan meningkatkan potensi keuntungan dengan melakukan analisis yang cermat sebelum mengambil keputusan investasi properti.

Baca juga tentang investasi rumah dan tanah.

Langkah-Langkah untuk Memulai Investasi Real Estate

Berikut adalah daftar anjuran atau tips utama untuk memilih properti yang akan menguntungkan investor pemula.

1. Periksa Lokasi

Memilih lokasi yang strategis merupakan langkah penting dalam investasi properti. Banyak orang memutuskan untuk membangun rumah atau memulai bisnis properti karena pertimbangan lokasi yang strategis. Lokasi menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan saat memulai investasi properti. 

Lokasi properti juga berpengaruh signifikan terhadap harga jualnya. Sebuah rumah yang terletak di lokasi strategis, mudah diakses, dan dekat dengan pusat keramaian cenderung memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memilih lokasi yang menarik dan memiliki potensi pertumbuhan nilai properti di masa depan.

Selain itu, perhatikan juga faktor-faktor lain seperti keamanan, aksesibilitas, fasilitas umum, dan potensi perkembangan di sekitar lokasi tersebut. Melakukan riset menyeluruh dan berkonsultasi dengan ahli properti dapat membantu Anda dalam memilih lokasi yang tepat untuk investasi properti Anda.

Ingatlah bahwa lokasi merupakan salah satu faktor kunci dalam kesuksesan investasi properti. Dengan memilih lokasi yang strategis, Anda dapat meningkatkan peluang keuntungan dan nilai investasi properti Anda di masa depan. Untuk dapat info terkini tentang lokasi strategis dan pembangunan baru, baca artikel-artikel lain di portal berita Property And The City

2. Persiapkan Dana dengan Teliti

Mempersiapkan dana yang cukup merupakan langkah penting dalam investasi properti. Selain menentukan lokasi yang strategis, Anda perlu mempersiapkan dana untuk mengatasi berbagai biaya yang terkait dengan investasi properti. Berikut adalah beberapa biaya yang perlu Anda siapkan sebelum memulai investasi:

2.1 Biaya Tanda Jadi atau Booking Fee

Biaya tanda jadi ditentukan oleh pengembang atau penjual properti dalam kasus pasar sekunder. Biaya ini merupakan tanda keseriusan Anda dalam membeli properti dan biasanya dikenal sebagai booking fee.

2.2 Uang Muka atau Down Payment (DP)

Salah satu tips investasi properti untuk pemula adalah menyiapkan uang muka, atau down payment. Jumlah uang muka yang harus dibayarkan bervariasi tergantung pada kemampuan Anda dan kebijakan developer. Semakin besar nominal uang muka yang Anda bayarkan, semakin kecil cicilan yang harus dilunasi.

2.3 Cicilan atau Angsuran

Investasi properti untuk pemula umumnya melibatkan pembayaran melalui kredit atau cicilan selama beberapa tahun. Anda akan membayar angsuran setiap bulan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak bank. Pastikan bahwa jumlah angsuran yang harus Anda bayar tidak melebihi penghasilan Anda dan pasangan.

2.4 Dana Tambahan

Selain biaya-biaya di atas, penting untuk menyiapkan dana tambahan. Dana ini dapat digunakan dalam situasi mendesak terkait pembelian properti, seperti renovasi rumah, pembuatan kitchen set, atau pembayaran premi asuransi properti. Dana tambahan ini akan memberikan rasa aman dalam berinvestasi properti tanpa khawatir terjebak dalam utang yang berlebihan.

Dengan mempersiapkan dana dengan matang, Anda dapat melakukan investasi properti sebagai pemula dengan lebih baik. Selalu pertimbangkan anggaran dan keuangan Anda secara cermat sebelum memutuskan untuk membeli properti.

3. Pilih Pengembang yang Memiliki Reputasi yang Baik

Memilih developer properti yang terpercaya adalah langkah penting dalam proses investasi rumah. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika memilih developer terpercaya:

3.1 Kredibilitas yang Tinggi

Pastikan developer memiliki kredibilitas yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan. Periksa testimoni dari pembeli sebelumnya, tinjau portofolio proyek sebelumnya, dan perhatikan pelayanan yang diberikan oleh developer ketika Anda mengunjungi galeri pemasaran.

3.2 Penguasaan Lahan

Pastikan developer memiliki penguasaan lahan yang sah. Hal ini penting untuk melindungi kepemilikan rumah Anda dalam jangka panjang. Pastikan tidak ada sengketa lahan yang mungkin terjadi dan verifikasi status kepemilikan lahan dengan jelas.

3.3 Legalitas yang Jelas

Developer dengan legalitas yang jelas sangat penting karena memberikan kekuatan hukum dalam pengembangan proyek. Developer yang tidak memiliki legalitas yang jelas dapat berisiko tergusur oleh pihak lain yang lebih kuat secara hukum. Periksa keabsahan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) proyek tersebut.

3.4 Reputasi dan Pengalaman

Periksa reputasi dan pengalaman developer dalam industri properti. Developer yang memiliki rekam jejak yang baik dan pengalaman yang luas cenderung lebih dapat diandalkan dalam membangun rumah dan menyediakan layanan yang memuaskan.

3.5 Fitur dan Kualitas Bangunan

Perhatikan fitur dan kualitas bangunan yang ditawarkan oleh developer. Pastikan mereka menggunakan bahan berkualitas dan mengikuti standar konstruksi yang baik. Tinjau desain, keamanan, dan fasilitas yang disediakan dalam proyek properti.

Memilih developer properti yang terpercaya adalah langkah penting untuk memastikan investasi properti Anda berjalan lancar dan aman. Lakukan riset menyeluruh, kunjungi galeri pemasaran, dan ajukan pertanyaan yang relevan sebelum membuat keputusan pembelian.

4. Cari Tahu Fasilitas Apa Saja yang Ada di Sekitar

Tentu, berikut adalah beberapa fasilitas yang perlu diperhatikan di sekitar properti yang akan kamu beli:

    • Tempat ibadah;
    • Arena olahraga;
    • Area bermain;
    • Pintu masuk/keluar perumahan;
    • Daerah perkantoran;
    • Akses transportasi umum;
    • Sekolah;
    • Rumah sakit;
    • Pusat perbelanjaan.

Pengecekan fasilitas ini penting sebagai cara investasi properti untuk pemula. Fasilitas yang lengkap di sekitar properti dapat meningkatkan kenyamanan bagi penghuni dan menarik minat penyewa jika hendak dikontrakkan kembali.

5. Cek Harga Jual Real Estate yang Ada Dekat

Saat hendak membeli properti, penting untuk tidak terburu-buru. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah harga pasar properti yang berlaku. Anda perlu mengetahui harga pasaran rumah yang ingin Anda beli melalui pengecekan online atau riset langsung. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh harga terbaik untuk investasi properti Anda.

Setiap properti memiliki harga jual yang berbeda, ditentukan oleh faktor seperti lokasi, fasilitas sekitar, dan prospek pengembangan. Penting untuk mengetahui harga normal pasar properti yang akan Anda beli. Anda dapat melakukan riset dengan bertanya harga rumah yang telah terjual. Dengan membandingkan berbagai harga, risiko tertipu oleh developer akan semakin kecil.

6. Pertimbangkan Desain yang Laris di Pasaran

Salah satu tips investasi properti untuk pemula adalah menentukan desain properti yang berlaku. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dalam penataan interior rumah. Pilih desain yang sesuai dengan tren dan selaras dengan selera masyarakat.

Dengan memperhatikan desain yang laris di pasaran, investor pemula dapat memaksimalkan potensi investasi properti.

Apakah Investasi Properti Cocok untuk Pemula?

1. Investasi properti berbentuk fisik

Anda sebagai investor akan memiliki properti yang dapat terlihat secara fisik, memberikan kepuasan melalui kepemilikan aset yang nyata.

2. Pendapatan sewa

Selain memiliki properti, Anda dapat mempunyai penghasilan dari persewaan properti tersebut. Pastikan bahwa pendapatan sewa yang Anda hasilkan dari properti lebih banyak daripada semua pengeluaran Anda, termasuk pembayaran kembali pinjaman, pemeliharaan, dan pengelolaan properti.

3. Pasar yang stabil dan risiko rendah

Pasar properti umumnya menunjukkan pertumbuhan yang stabil dari waktu ke waktu. Properti adalah cara berinvestasi bagi investor yang perlu keuntungan jangka panjang. Nilai properti tahan terhadap fluktuasi pasar. Ciri khas ini memberikan tingkat risiko yang lebih rendah kalau dibandingkan dengan investasi lain seperti saham.

Kekurangan Investasi Real Estate

1. Properti jarang dijual dengan cepat

Proses penjualan properti cenderung memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan aset investasi lainnya, seperti saham yang dapat dijual dengan cepat.

2. Properti perlu modal besar 

Investasi properti biasanya membutuhkan modal yang signifikan, baik untuk pembelian maupun perawatan properti, sehingga diperlukan persiapan keuangan yang matang.

3. Biaya perawatan properti mahal 

Setelah membeli properti, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan dan pemeliharaan rutin, seperti perbaikan, pemeliharaan taman, dan perawatan bangunan.

Sebagai pemula dalam berinvestasi di real estate, penting untuk Anda memahami dan mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan ini. Merencanakan dengan baik, melakukan riset yang mendalam, dan berkonsultasi dengan ahli dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat dan mengoptimalkan potensi keuntungan dalam investasi properti.

Apa Yang Mempengaruhi Permintaan Investasi di Indonesia?

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan investasi di Indonesia, dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Suku Bunga Dalam Negeri memiliki pengaruh negatif terhadap permintaan investasi di Indonesia. Hasil estimasi menunjukkan bahwa suku bunga dalam negeri memberikan pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap permintaan investasi, dengan tingkat kepercayaan 90%. Semakin tinggi suku bunga dalam negeri, semakin rendah permintaan investasi karena kredit menjadi kurang menarik bagi investor.

2. Pendapatan Nasional memiliki pengaruh positif dan sangat signifikan terhadap permintaan investasi di Indonesia. Hasil estimasi menunjukkan bahwa pendapatan nasional memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap permintaan investasi, dengan tingkat kepercayaan 90%. Peningkatan pendapatan nasional akan mendorong penanam modal baik dalam negeri maupun asing untuk melakukan investasi di Indonesia.

Jadi, dengan memperhatikan dan memahami kedua faktor ini, investor pemula di Indonesia dapat mempertimbangkan tingkat kompetisi dan memilih wilayah.

Selain itu, hasil survei mengungkapkan bahwa faktor kurs Sertifikat Bank Indonesia (SBI) dan nilai tukar terhadap dolar AS berpengaruh signifikan terhadap indeks harga saham, dan inflasi serta pertumbuhan PDB tidak berpengaruh signifikan.

Kesimpulan

Di artikel ini kami memberikan tips, panduan, dan langkah-langkah terbaik untuk menghasilkan uang di real estat. Para pemula di dunia properti harus ingat berikut:

    1. Investasi properti merupakan pilihan yang menjanjikan untuk pemula yang ingin membangun kekayaan jangka panjang.
    2. Penting bagi investor pemula untuk memahami jenis-jenis properti, melakukan riset menyeluruh, dan membuat perencanaan yang matang sebelum memulai investasi properti.
    3. Faktor-faktor penting dalam investasi properti meliputi lokasi strategis, fasilitas di sekitar properti, harga pasar yang berlaku, pilihan developer terpercaya, desain properti yang laris di pasaran, dan kesiapan dana.

Saat mencari cara investasi properti, seorang pemula tidak harus memilih cara yang singkat — setiap langkah harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana. Jika semuanya diteliti terlebih dahulu, investor pemula dapat memperoleh penghasilan dari persewaan properti atau penjualannya di masa depan dengan harga yang lebih tinggi.

1 KOMENTAR

  1. Artikel ini berguna. Menurut saya memang tips-tips ini penting jika Anda ingin memulai bisnis investasi. Semoga sukses terus!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini