Beranda Berita Properti Bank Dunia Akui Potensi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tengah Krisis Global

Bank Dunia Akui Potensi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tengah Krisis Global

18
0
Bank Dunia Akui Potensi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tengah Krisis Global (Foto: Bank Dunia/file - Anadolu Agency)
Bank Dunia Akui Potensi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Tengah Krisis Global (Foto: Bank Dunia/file - Anadolu Agency)

Property and The City, Jakarta – Bank Dunia memberikan apresiasi terhadap pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang tetap kuat di tengah perlambatan ekonomi global.

Dalam laporan Global Economic Prospects – June 2024 yang dirilis pada Selasa (11/6/2024), Bank Dunia memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 5 persen pada 2024 dan meningkat menjadi 5,1 persen dalam dua tahun berikutnya.

“Ada sejumlah titik terang dalam perekonomian global,” kata lembaga keuangan internasional tersebut dalam keterangan resminya.

Bank Dunia mencatat bahwa kinerja ekonomi Indonesia, bersama dengan Amerika Serikat (AS) dan India, menunjukkan ketahanan dan potensi pertumbuhan tinggi di tengah situasi global yang menantang.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Bank Mandiri Terapkan Digital Carbon Tracking

Performa ketiga negara ini dinilai lebih baik dibandingkan sebagian besar anggota G20 lainnya.

“Performa mereka menunjukkan bahwa pertumbuhan tinggi masih mungkin dicapai di tengah situasi yang sulit,” tambah Bank Dunia.

Meskipun demikian, Bank Dunia memproyeksikan perekonomian global hanya akan tumbuh sebesar 2,6 persen pada 2024, angka yang jauh lebih rendah dibandingkan level pra-pandemi. Bank Dunia juga memperingatkan bahwa pertumbuhan PDB dunia hingga 2027 diperkirakan tidak akan mengalami lonjakan signifikan.

Hal ini disebabkan kesulitan yang masih dihadapi oleh sejumlah ekonomi besar seperti China dan Uni Eropa (UE) dalam proses pemulihan mereka.

Laporan ini memberikan gambaran yang jelas mengenai tantangan yang dihadapi perekonomian global, namun juga menyoroti beberapa negara yang berhasil menunjukkan performa kuat dan menjadi titik terang di tengah ketidakpastian ekonomi dunia.

Indonesia, dengan pertumbuhan PDB yang stabil dan prospektif, diakui sebagai salah satu negara yang mampu mengatasi tantangan global dan tetap mempertahankan momentum ekonominya.

Baca Juga: Begini Taktik Perbankan Menghadapi Dilema Kenaikan Suku Bunga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini