Beranda Berita Properti 6 Kebiasaan Ini Sebabkan Rumah Anda Bau dan Cara Mengatasinya

6 Kebiasaan Ini Sebabkan Rumah Anda Bau dan Cara Mengatasinya

0
6 Kebiasaan Ini Sebabkan Rumah Anda Bau dan Cara Mengatasinya
6 Kebiasaan Ini Sebabkan Rumah Anda Bau dan Cara Mengatasinya

PropertyandtheCity.com, BSD City –Setiap penghuni rumah akan merasa betah bila ruangan Anda terasa wangi dan nyaman. Sebaliknya, akan resah dan kepingin buru-buru keluar bila udara di rumah terasa bau busuk.

Untuk menghindari hal-hal yang tak menyenangkan dan galau itu, maka sebaiknya Anda memeriksa apa saja yang membuat seisi ruangan rumah Anda bau tak sedap. Kebiasaan buruk apa saja yang menyebabkan udara rumah anda terasa sesak. Padahal memasang wewangian dan menyemprotkan parfum ruangan sudah dilakukan, namun tetap saja terasa muak.

Jagan-jangan ada kebiasaan buruk Anda yang terus dipertahankan, bahkan walau Anda tahu itu tak baik. Mulai sekarang, cobalah Anda ubah kebiasaan itu menjadi prilaku yang ramah terhadap rumah dan penghuninya. Jangan biarkan rumah Anda menderita yang penghuninya juga ikutan. Begitupun tamu yang bertandang ke kediaman Anda merasa tak nyaman.

Agar rumah Anda terhindar dari keburukan itu, maka mulailah perhatikan dan hilangkan kebiasaan tak sedap Anda. Segera lakukan kebiasaan baru ini yang sejatinya Anda maui.

Melalui Real Simple, yang disunting detikcom (14/1/2024), kita bisa belajar hal-hal berikut harus Anda jauhi dalam kehidupan rumahtangga atau kesendirian Anda. Kebiasaan meresahkan itu seperti:

Telat Membuang Sampah

Sejatinya sampah pasti menimbulkan aroma busuk. Apalagi kalau barangnya terdiri dari bahan-bahan basah sisa makanan, otomatis berbau. Terlebih disatukan dalam bak sampah. Dalam beberapa jam saja pasti akan menimbulkan bau busuk, apalagi kalau ampai itungan hari.

Jangankan yang terkumpul di bak sampah, yang berada di jarring-jaring westavel pun akan menimbulkan bau busuk menyengat bila tak segera dibersihkan.

Kelalaian atau kemalasan Anda untuk membuang sampah dari tempatnya akan membuat seisi ruangan rumah Anda tercemat bakteri yang sebabkan pelbagai penyakit. Maka Anda haru srajin-rajin membuang sampah sehari sekali. Bahkan kalau bisa jangan sampai sampah itu  menginap. Baru hari kemudian dibuang lantaran Anda menganggap tak berbau atau bak sampahnya belum terisi penuh.

Jika Anda sudah terbiasa membuang sampah sehari sekali, tentu ini melihat situasi penghuni dan aktifitas di rumah, maka jangan pernah absen. Lakukan kebiasaan itu dengan senang hati agar kehidupan Anda terus sehat dan Bahagia.

Dan yang wajib diperhatikan juga adalah bak sampahnya. Kadang pelastik yang kita gunakan untuk melapisi bak sampah itu bolong atau sobek, sehingga air kotoran sampah itu mengalir. Jadi bak sampahpun harus sering-sering dibersihkan. Jangan sampai bak sampahnya basah, apalagi air dari sampah.

Baca juga: Awali Era Baru AI Screen, Samsung Luncurkan 4 Produk Baru Ini di CES 2024

Trik untuk mengurangi bau tak sedap dari tong sampah adalah melapisi bagian bawahnya dengan beberapa lapisan koran. Dengan dilapisi koran, tumpahan sampah yang berbau akan terserap sehingga bisa meminimalisasi munculnya bau tak sedap.

Membersihkan Kulkas

Kulkas salah satu are tersendiri yang harus dibersihkan. Jika Anda buka kulkas dan menimbulkan bau tak sedap, segeralah bersihkan. Karena dipastikan ada noda-noda yang membuat bau busuk.

Bau itu biasanya timbul dari tumpahan susu atau benda cair lainnya yang ditaruh di dalam kulkas. Atau juga sayuran atau buah-buahan busuk yang Anda taruh terlalu lama di dalamnya. Maka segeralah periksa secara rutin.

Dalam membersihkan kulkas, sebaiknya jangan hanya mengelapnya saja, apalagi kalau hanya sebagian. Ini tentu akan menyisakan kotoran yang akan menghembuskan bau. Untuk itu bersihkanlah secara keseluruhan dalaman kulkas dengan cara mengeluarkan rak-raknya lalu dicuci bersih kemudian keringkan.

Mencuci kulkas jangan menunggu jadwal, misalnya 4 kali setahun. Tapi sesering mungkin, bila perlu sebulan sekali. Tapi kalau ada tumpahan dari minuman atau yang lainnya, maka segeralah membersihkannya. Jangan menunggu waktunya tiba untuk membersihkan.

Membersihkan Karpet dan Tikar yang Terkena Noda dan Basah

Biasanya tumpahan makanan dan minuman di karpet tak segera dibersihkan. Jika kebiasaanmu seperti itu, otomatis ruangan rumahmu akan terasa bau.

Untuk menghindari dari bau tak sedap itu, maka segeralah lakukan pembersihan noda di karpet atau tikar dengan cara mencucinya secara keseluruhan atau sebagiannya saja. Setelah itu kasihlah pewangi khusus karpet atau pakaian agar karpet Anda mengeluarkan bau wangi setelah kering.

Baca juga: Real Estate Terbaru: Mustika Garden Tamansari, Rumah 2 Lantai 3 Kamar Tidur Rp600 Jutaan di Bekasi

Jika karpet kotor Anda tak segera dibersihkan, maka akan berjamur dan tentunya menimbulkan bau yang menyengat selain membuat karpet Anda cepat rusak. Kalau Anda merasa tak mampu membersihkannya, maka berikan kepada pihak yang memberikan jasa secara professional di bidangnya, yakni laundry karpet.

Menaruh Sepatu di Tempat Terbuka

Sepatu yang lembab apalagi basah adalah sumber bau tak sedap. Untuk itu segeralah mencuci Sepatu Anda yang lembab apalagi basah. Segera jemur atau keringkan dengan alat pengering bila tak ada panas terik matahari di sekitar rumah Anda.

Biasakan mencuci sepatu minimal seminggu sekali bila keadaan sepatu kering terus. Namun kalau basah, apalagi seperti saat ini yang musim penghujan datang, sepatu harus sering dicuci agar tak menimbulkan bakteri yang bikin bau kaki dan seisi ruangan rumah.

Tempat menaruh sepatu juga perlu diperhatikan. Jangan menaruh di ruang strategis di depan rumah atau di dalam rumah, kecuali tempatnya tertutup.

Pembuangan Air atau Selokan Terbuka

Ini adalah masalah yang tak selesai-selesai di perkampungan padat perumahan. Kebiasaan ini terjadi di sudut-sudut kota besar seperti DKI Jakarta, banyak perkampungan kumuh yang pembuangan air rumah tangganya bahkan sepiteng (septic tank)-nya berantakan – tak teratur.

Pengaturan derainase yang tak memperhatikan aturan itulah yang menyebabkan bau busuk selalu menyengat setiap saat. Bahkan juga menimbulkan penyakit gatal-gatal, paruh, pernafasan, batuk, dan seterusnya.

Maka segeralah melakukan perbaikan rumah dan lingkungan Anda agar permasalahan kesehatan Anda dan orang-orang terkasih terjaga dengan baik. Drainase yang semerawut adalah salah satu pangkal bencana rumah dan lingkungan Anda.

Hewan Peliharaan

Banyak orang yang saat ini menyukai dan memelihara hewan di dalam rumahnya. Kucing dan anjing yang terbanyak berada di rumah mereka. Namun jarang bagi mereka yang lalai membersihkan kotorannya, tentu ini memMeski memelihara hewan di rumah menyenangkan, bau alami mereka umumnya tetaplah tidak mengenakkan. Terkadang rumahmu bisa berbau seperti anjing atau kucing.

Selain itu, bila Anda mempunyai hewan peliharaan, sering-seringlah Anda memandikannya dalam seminggu sekali atau dua kali agar tidak menimbulkan rasa bau dan penyakit pada hewan Anda.

Jika hal-hal di atas telah dilakukan dengan baik, maka bau tak sedap akan hilang dari rumah Anda. Rumah Anda akan terasa lebih wangi dan udaranya lebih segar. Apalagi kalau sirkulasi udara dan panas matahari masuk dengan aturan tertentu, maka rumah Anda akan terasa sejuk dan hangat. (*)

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini