Beranda Berita Properti Transformasi Informa ke Layanan Digital

Transformasi Informa ke Layanan Digital

0

Kiri-kanan: Head of Digital Marketing Kawan Lama Retail, Pungkas Riandika; Head of Membership Kawan Lama Retail, Edwina Vierdiany; Store Manager Informa Lenmarc, Herry Darmawan

Sebagai destinasi ritel furnitur dan aksesoris terlengkap untuk hunian dan bisnis, Informa terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan yang disertai dengan transformasi digital.

Marketing Director Kawan Lama Group, Nana Puspa Dewi, mengatakan inovasi merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk merebut hati pelanggan. Dalam upaya ini, Informa mempelajari kebutuhan para pelanggannya melalui survei internal dan eksternal.

“Pelanggan tidak hanya mengutamakan kualitas dan variasi produk dengan harga kompetitif dan pelayanan staf profesional, namun layanan purna jual juga menjadi kebutuhan yang penting,” ujar Nana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, awal bulan ini.

Menurutnya, Informa telah menghadirkan berbagai layanan utama yang bisa dinikmati secara langsung sebagai jaminan berbelanja kepada pelanggan. Diantaranya, seperti Quality & Price Guarantee, yaitu jaminan harga tidak lebih tinggi dari ritel furnitur lain yang berlaku selama 14 hari terhitung sejak tanggal pembelian produk.

Jika pelanggan membeli produk di Informa namun ternyata tidak sesuai, layanan 100% Satisfaction Guarantee bisa dinikmati, yaitu pengembalian produk dalam jangka waktu 14 hari sejak tanggal pembelian.

Melengkapi kemudahan berbelanja, jasa Free Delivery & Installation bisa digunakan pelanggan setiap transaksi dengan nominal dan jarak tertentu. Untuk mendapatkan hunian atau tempat bisnis yang serasi sesuai dengan luas ruangan, pelanggan bisa memanfaatkan Gratis Jasa Konsultasi dengan desainer interior profesional.

Sebagai layanan tambahan, Informa menghadirkan berbagai service product yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, dimulai dari perlindungan produk yang dibeli di Informa, seperti Furniture Protection, yaitu perlindungan hingga 2 tahun terhadap produk furnitur dengan premi terjangkau akibat kerusakan karena kecelakaan yang tidak disengaja, kerusakan karena air, kebakaran, kerusuhan, pembobolan hingga bencana alam.

Untuk produk elektronik, pelanggan bisa memanfaatkan jasa Electronic Protection yang memberikan jaminan hingga tahun kelima berupa penggantian bisaya perbaikan dan suku cadang terhadap produk yang mengalami kerusakan sesuai dengan jaminan garansi dari pabrik.

Informa memperhatikan kebersihan untuk hidup yang lebih baik dan sehat, dengan menghadirkan Clean & Care, yaitu jasa pembersihan matras dan sofa dari tungau, debu, bakteri, virus dan mikro organisme lainnya agar lebih higienis sehingga menghindari pengguna dari gejala alergi seperti kulit gatal, mata berair, bersin, hidung gatal dan batuk, serta penyakit ekstrim seperti peradangan mukosa (lapisan organ tubuh) dan asma.

Selain matras dan sofa, Clean & Care juga memberikan jasa pembersihan AC. Tidak sekadar dibersihkan, namun AC akan diberikan cairan khusus untuk menekan pertumbuhan jamur dan mencegah bau.

Layanan terbaru yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan Informa adalah Pick and Move, yaitu jasa bongkar pasang khusus untuk produk Informa bagi pelanggan yang ingin pindah rumah atau pindah lokasi.

Sedangkan untuk kemudahan bertransaksi, Informa menghadirkan fasilitas cicilan 0% hingga 24 bulan menggunakan kartu kredit dari bank partner, atau menggunakan cicilan tanpa kartu kredit menggunakan lembaga pembiayaan terpercaya.

 

Digital

Selain layanan offline, Informa juga meningkatkan pelayanan melalui teknologi digital, yaitu dengan meluncurkan aplikasi mobile Informa akhir tahun lalu.

Head of Digital Marketing Kawan Lama Retail, Pungkas Riandika, menjelaskan penerapan teknologi digital tersebut didasarkan pada perubahan perilaku pelanggan terhadap penggunaan gadget serta media online.

“Memahami perubahan perilaku pelanggan ini, kami melakukan transformasi digital secara bertahap melalui penggunaan digital tools untuk memperkuat posisi kami di dunia digital, dan pelayanan e-commerce melalui Ruparupa (www.ruparupa.com),” ungkap Pungkas.

Selain itu, Pungkas melanjutkan, transformasi juga dilakukan terhadap aplikasi mobile dengan menghadirkan beragam fitur penting yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Adapun aplikasi tersebut sudah dapat didownload App Store.

“Pada awal peluncuran aplikasi mobile Informa, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan kami di Jabodetabek. Namun untuk pelayanan yang lebih menyeluruh, saat ini fitur pengiriman dan instalasi sudah bisa digunakan oleh seluruh pelanggan Informa di seluruh Indonesia,” katanya.

Fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan pada aplikasi adalah katalog yang disertai dengan notifikasi promo istimewa untuk menemukan momen belanja hemat, kemudahan menemukan toko terdekat dengan panduan untuk tiba di tujuan, serta digital customer care yang akan membuat pelanggan seperti memiliki asisten pribadi yang dapat membantu menjawab pertanyaan seputar produk dan layanan melalui online chatting, e-mail, sms, dan telepon. [Pius Klobor]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini