Home Liputan Utama Solo CIty, Pasar Mahasiswa

Solo CIty, Pasar Mahasiswa

74
0
jumlah mahasiswa dan dosen

Di sekitar wilayah Jebres dan sekitarnya, paling tidak terdapat 50.214 mahasiswa yang tersebar di 4 kampus antara lain Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Akademi Komunitas Tekstil Surakarta, dan Universitas Slamet Riyadi sedikit ke arah barat.

baca juga, Paramount Land Luncurkan Area Komersial Hampton Avenue @ Manhattan District Gading Serpong

Pasar mahasiswa seringkali menjadi faktor penting dalam terbentuk sebuah pasar properti, baik apartemen maupun perumahan, disertai dengan maraknya komersial termasuk bisnis makanan dan minuman. Pasar ikutan kos-kosan juga menjamur di daerah sekitar kampus-kampus. Meskipun terbilang biaya hidup yang rendah di Kota Solo, namun ternyata harga sewa kos-kosan cukup bervariasi antara Rp400 ribuan sampai yang lebih dari Rp2 juta/bulan. Bahkan ternyata minat kamar kos yang lebih mahal cukup besar.

Diperkirakan sekitar 41,2% kos-kosan yang ada di sekitar kampus dipatok di harga lebih dari Rp2 juta/bulan. Penghuninya juga banyak yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, sampai Pasca Sarjana.

Selain kos-kosan pasar apartemen mulai muncul dengan hadirnya Solo Urbana Residence. Wiryawan Arya, Direktur di PT Mulia Properti Indah yang menjadi satu-satunya pengembang apartemen di dekat kampus UNS ini mengatakan bahwa ide pembangunan proyek apartemennya Solo Urbana Residence memang dengan melihat peluang pasar mahasiswa yang cukup besar di wilayah ini. Dengan waktu tempuh tidak sampai 5 menit dari UNS, proyek Solo Urbana Residence menjadi satu-satunya apartemen dengan konsep mahasiswa, dibandingkan apartemen lainnya yang lebih mengarah ke pusat kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here