Home Liputan Utama KORIDOR TIMUR JAKARTA BEREVOLUSI SECARA DRASTIS

KORIDOR TIMUR JAKARTA BEREVOLUSI SECARA DRASTIS

1149
0
timur jakarta
EDWARD GUNAWAN, DIRECTOR OF CORPORATE STRATEGY DAMAI PUTRA GROUP

Timur Jakarta sepertinya bakal lebih cepat pulih setelah Covid-19. Faktor apa yang mendorong percepatan ini?

Pertama, koridor timur jakarta lebih fleksibel karena ekonominya cukup bervariasi dari adanya industri jasa, manufaturing, komersial, SME, hospitality. Tidak tergantung hanya satu sumber ekonomi saja. Ekonomi yang bervariasi akan cepat pulih, sesuai prinsip diversifikasi dalam teori ekonomi. Kedua, secara geografis, koridor timur menguasai posisi strategis secara nasional
karena menghubungkan antara Ibu Kota Jakarta dengan seluruh Pulau Jawa, bahkan ke pulau Indonesia bagian timur. Ini hal kunci yang tidak bisa diganggu gugat.

Baca juga, Sinar Mas Land dan Hongkong Land Luncurkan Hunian Premium Rp30 Miliar

Ketiga, banyak program infrastruktur yang dijalankan sepanjang koridor timur seperti DDT, Kereta Api Cepat, tol double decker, MRT, LRT. Umumnya pembangunan infrastruktur adalah kunci pemerintah untuk ekonomi dalam kondisi krisis. Jadi bisa dibilang proyek massif ini tetap berjalan meskipun di masa pandemic Covid-19, dan keberlangsungan proyek-proyek ini akan mempercepat pemulihan ekonomi.

Ketika infrastruktur tersebut terealisasi, selain meperlancarkan kondisi ekonomi selama ini, juga akan membuka peluang ekonomi yang baru. Dalam kata lain, infrastruktur baru akan memperluas jangkauan ekonomi di sepanjang koridor timur. Secara demografi, koridor timur mengalami pertumbuhan populasi cukup tinggi dan besar. Ini selaras dengan harga properti yang masih terjangkau di koridor timur.

Harga properti di koridor timur masih tergolong relatif rendah dibandingkan wilayah yang lain. Ini selaras untuk pertumbuhan demografi yang relatif tinggi dan besar. Ketika kondisi ekonomi pulih, hal ini akan tepat sasaran untuk orang-orang yang sedang mencari hunian idaman
dengan kemampuan terbatas pasca pandemi. Koridor timur juga menarik untuk para investor, karena nilai keuntungannya masih besar, dengan harganya masih rendah. Jadi, ekomomi mulai pulih, investor akan cenderung ke arah timur. Koridor timur cukup stabil. Banyak pangsa
pasar end user dibandingkan daerah lain. Jadi, populasinya akan lebih stabil dan bukan hanya spekulasi.

Apa yang akan dilakukan para pengembang timur untuk dapat menarik minat pasar?

Selain support rencana infrasturktur, Kota Harapan Indah juga fokus kepada merencanakaan kota yang nyaman dan sehat untuk warga. Menyediakan fasilitas yang lengkap supaya warga
tidak harus menghabiskan waktu untuk kebutuhan sehari-hari untuk hiburan, perkerjaan, edukasi. Tetapi jika mau berpergian ke Jakarta masih mudah untuk ditempuh. Kota Harapan Indah juga fokus ke pembangunan public space untuk warga, penghijauan, dan perencanaan kota yang sehat dan sustainable.

Kawasan industri di timur Jakarta menjadi penopang utama pesatnya properti di timur Jakarta?

Kawasan industri di timur Jakarta merupakan salah satu penopang pesatnya properti di timur Jakarta. Dahulu, industri merupakan penopang utama mulainya “koridor timur”. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kawasan di koridor timur berevolusi secara drastis tumbuh menjadi kota mandiri. Sehingga sumber ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tidak hanya disektor industri saja melainkan juga sumber ekonomi lainya seperti di bidang pelayanan, pendidikan, hospitality, jasa.

Bagaimana meminimalisasi image timur Jakarta yang terkesan panas karena dominan diisi kawasan industri?

Dengan cara pembuktian dalam pengembangan kawasan yang sustainable. Kota Harapan Indah fokus bukan hanya ke penghijauan, tetapi juga dalam mengembalikan suasana alam ke dalam kota. Mengembalikan ekosistem air, biodiversity dalam perencanaan landscape dan waterscape.

Apa yang melatarbelakangi terbentuknya Mapanesia sebagai konsorsium pengembang di timur Jakarta?

Untuk menyelelaraskan rencana kawasan di timur Jakarta, sehingga pembangunan bisa sinkron, bersinergi, saling mendukung, dan memastikan dampaknya tepat sasaran. Akan lebih baik jika developer yang berlokasi di timur Jakarta bekerja sama mewujudkan pengembangan di area timur Jakarta.

Ke depan apakah anggota konsorsium akan berkembang dari jumlah yang sekarang?

Bisa saja selama anggota baru selaras dengan tujuannya yaitu tujuan untuk bersinergi.

Saat ini ada berapa proyek Damai Putra Group di timur Jakarta?

Kota Harapan Indah, Tera Damai, Segara City. Di dalam masingmasing kawasan itu terdapat banyak proyek atau klaster di dalamnya. Kota Harapan Indah sendiri terdiri dari banyak klaster di antaranya Alindra Harapan Indah (Cluster Arana, Samata, Adara, Lavesh, Vasana, dan Neo Vasana), Cluster Arum Taman Sari, Cluster Asia Tropis, dan masih banyak lagi. Untuk Segara City terdapat cluster Atlantis, Baltic, Celtic, Descada, Feia, dan Galea. Dan Kawasan baru dari Damai Putra Group yaitu Tera Damai dengan klaster pertamanya yakni Astama yang sedang pre-sale saat ini dimana tahap 1 untuk klaster tersebut sudah sold 90 persen, dan akan segera mulai dipasarkan tahap 2.

Seperti apa proges penjualan Damai Putra Group di timur Jakarta dalam semester I/2020 dan target untuk semester II/2020?

Penjualan Damai Putra group semester I sudah mencapai 50 persen dari target, untuk semester II masih sesuai target tahun 2020 yakni naik 20 persen dari tahun 2019.●

Previous articleSinar Mas Land dan Hongkong Land Luncurkan Hunian Premium Rp30 Miliar
Next articleSummarecon Serpong Rilis Hunian Milenial di Cluster Baroni