Kementerian PUPR Serahkan Pengelolaan Rusunawa MBR ke Pemkot Gorontalo

Pada tahun 2020 ini, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo telah melaksanakan revitalisasi Rusunawa MBR Kota Gorontalo dengan anggaran sebesar Rp1,74 miliar.

0
148
Kementerian PUPR Serahkan Pengelolaan Rusunawa MBR ke Pemkot Gorontalo
Kementerian PUPR serahkan pengelolaan Rusunawa MBR ke Pemkot Gorontalo. (dok. PUPR)

Propertyandthecity.com, Gorontalo – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong pemerintah daerah untuk segera mengelola dan memanfaatkan rumah susun sewa (Rusunawa) untuk hunian bagi masyarakat di daerah. Salah satu Rusunawa yang kini telah dihuni oleh masyarakat dan telah diserahterimakan ke pemerintah daerah adalah Rusunawa untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Gorontalo.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menerangkan, pihaknya berharap pembangunan Rusunawa di daerah dapat membantu masyarakat agar bisa menempati hunian yang layak. Apalagi saat ini lahan untuk perumahan di kawasan perkotaan semakin berkurang.

Baca: Pertengahan Desember, Program Sejuta Rumah Tembus 856.758 Unit

“Kami siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah jika ingin memanfaatkan Rusunawa yang telah selesai dibangun oleh Kementerian PUPR. Masyarakat sangat membutuhkan hunian layak dan Rusunawa di perkotaan adalah salah satu pilihan tempat tinggal yang layak,” ujar Khalawi.

Saat ini, imbuh Khalawi, Kementerian PUPR telah membangun banyak Rusunawa untuk MBR di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kota Gorontalo. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan hunian masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan.

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Alwi Mahdali menjelaskan Rusunawa MBR Kota Gorontalo dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan dan telah direvitalisasi sehingga telah memiliki fasilitas hunian yang baik. Saat ini Rusunawa yang berlokasi di Jalan Uskap Kelurahan Buliide Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo tersebut juga telah dihuni oleh masyarakat Kota Gorontalo.

Lebih lanjut, Alwi menambahkan, pihaknya juga telah melaksanakan Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan terhadap Rusunawa MBR Kota Gorontalo kepada Pemerintah Kota Gorontalo sebagai penerima manfaat.

Prosesi serah terima dilaksanakan pada pertengahan bulan Desember 2020 dan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan antara Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo dengan Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo sebagai Wakil Pemerintah Kota Gorontalo.

Baca: Dua Rusun Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Siap Diresmikan

“Rusunawa MBR Kota Gorontalo memiliki kapasitas hunian sebanyak 90 unit setinggi empat lantai. Kami juga telah melengkapi setiap unit hunian dengan meubulair berupa tempat tidur, meja kursi lemari serta ruangan mushola dan mini market. Kami harap masyarakat bisa tinggal dengan nyaman di Rusunawa ini dengan biaya sewa yang terjangkau,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun 2020 ini, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo telah melaksanakan revitalisasi Rusunawa MBR Kota Gorontalo dengan anggaran sebesar Rp1,74 miliar.

Anggaran tersebut digunakan untuk melaksanakan kegiatan perawatan dan perbaikan pekerjaan arsitektur, mekanikal dan elektrikal serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. Untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di setiap lantai dan bagian luar Rusunawa juga telah dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV.

“Kami harap ke depan Pemkot Gorontalo bisa segera membentuk tim pengelola Rusunawa yang baik untuk mengkoordinir penghuni. Kami juga meminta kepada penghuni Rusunawa untuk dapat tinggal dan menjaga fasilitas-fasilitas yang ada dengan baik dan dapat berfungsi maksimal dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, saat ini dengan jumlah penduduk di Kota Gorontalo tergolong tinggi sehingga membutuhkan program perumahan layak huni bagi masyarakat khususnya bagi kalangan MBR. Hal itu dikarenakan mereka memiliki keterbatasan kemampuan untuk membeli rumah layak.

Baca: Kementerian PUPR Terapkan Teknologi BIM Pada Renovasi Pasar, Sarana Olahraga dan Pendidikan

“Pemkot Gorontalo mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah mengupayakan bantuan Pembangunan Rusunawa bagi masyarakat. Selain itu dengan tinggal di Rusunawa ini masyarakat yang dulu tinggal di kawasan kumuh kini bisa menempati hunian yang nyaman, sehat dan layak huni,” katanya.