Beranda Berita Properti IKEA Bagikan Tips Persiapan ‘Back to School’ Jadi Lebih Mudah

IKEA Bagikan Tips Persiapan ‘Back to School’ Jadi Lebih Mudah

0
Press event 'Back to School' IKEA Mall Taman Angrek (Dok: IKEA)
Press event 'Back to School' IKEA Mall Taman Angrek (Dok: IKEA)

Property and The City, Jakarta – Menyambut tahun ajaran baru seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Mengembalikan rutinitas dan semangat sekolah anak-anak setelah libur panjang bukanlah hal yang mudah.

Peran orang tua sangat penting dalam mendukung anak menjelang hari pertama sekolah. Dukungan ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri anak, yang akan menjadi fondasi penting dalam proses pembelajaran mereka di masa yang akan datang.  

Untuk mendukung orang tua dan anak dalam persiapan hari pertama sekolah, IKEA Indonesia berkomitmen melalui program Back to School. Program ini dirancang untuk membantu keluarga mempersiapkan segala kebutuhan sekolah secara maksimal.

Communication & Public Relations Manager IKEA Indonesia, Ririn Basuki mengatakan program Back to School yang diadakan oleh IKEA Indonesia bertujuan untuk memberikan tips dan inspirasi kepada para orangtua dalam mengembalikan semangat anak bersekolah melalui perubahan kecil yang dapat diterapkan di rumah. 

“Sebagai orang tua, kita dituntut untuk bisa memahami apa yang dibutuhkan anak untuk kembali ke sekolah. Visi utama IKEA untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang, termasuk orang tua dan anak-anak. Oleh karena itu, IKEA sebagai solusi belanja serba ada untuk mempersiapkan semua kebutuhan perlengkapan kembali ke sekolah, menyediakan berbagai macam produk untuk menunjang aktivitas anak, seperti perabot ruang belajar, alat tulis sampai dengan perlengkapan pendukung lainnya yang dapat menumbuhkan semangat belajar anak di tahun ajaran baru ini, ” papar Ririn.

Atasi Kekhawatiran Orang Tua dengan Persiapan Matang dan Pemilihan Kebutuhan Sekolah yang Tepat

Tahun ajaran baru berarti teman, guru, dan ruang kelas baru. Berapapun usia mereka, banyak anak yang khawatir untuk mulai bersekolah atau kembali ke sekolah. Wajar jika anak-anak (dan orang tua mereka) merasa cemas untuk kembali ke sekolah. Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu bersiap menghadapi tahun ajaran baru.

Persiapan kembali ke sekolah seringkali membuat orang tua lebih mudah stres karena banyaknya keperluan yang harus dipersiapkan dalam waktu singkat.

Psikolog anak, Fabiola Priscilla M.Psi menjelaskan bahwa stres pada orangtua sebelum hari pertama sekolah merupakan hal yang wajar dan dapat diatasi dengan persiapan matang. Seperti misalnya belanja kebutuhan alat sekolah bersama anak, alokasi waktu tidur anak yang cukup, menciptakan rutinitas pagi yang konsisten, serta penggunaan solusi penyimpanan untuk mengakses barang kebutuhan sekolah anak dengan lebih mudah di pagi hari. Dengan melakukan hal ini, anak dapat berangkat sekolah di hari pertama dan seterusnya dengan percaya diri. 

“Melakukan berbagai macam persiapan sekolah dengan matang dapat membantu mengajarkan keterampilan hidup yang penting pada anak seperti kemandirian, tanggung jawab dan manajemen waktu,” ujar Fabiola.

Kepala Sekolah SD BPK Penabur Pondok Indah, Evert F. Fanggidae juga menekankan bahwa guru memiliki peran penting dalam persiapan sekolah anak. Oleh sebab itu, guru dan orangtua harus bersinergi agar anak dapat menjalani hari pertama sekolah dengan percaya diri.

“Dukungan berupa komunikasi yang lancar antara orangtua dan guru merupakan salah satu kunci utama dalam kesuksesan anak di sekolah. Dengan memberikan informasi yang lengkap melalui buku panduan sekolah atau menyediakan forum tanya jawab melalui group chat, guru diharapkan dapat membantu mengurangi kekhawatiran orangtua dan anak dalam menjalani hari pertama sekolah,” kata Evert.

Evert menambahkan bahwa informasi yang diberikan jauh sebelum anak masuk sekolah sangat membantu dalam mengurangi kebingungan pada hari pertama.

Ciptakan Ruang Belajar yang Nyaman dan Aman untuk Anak di Rumah dengan Sentuhan Interior yang Menyenangkan

Selain di sekolah, anak juga menghabiskan sebagian besar waktunya belajar di rumah. Oleh karena itu, penting sekali bagi para orangtua untuk memilih perabot untuk ruang belajar anak yang sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

Ilustrasi: Ruang belajar aman dan nyaman untuk anak dari IKEA
Ilustrasi: Ruang belajar aman dan nyaman untuk anak dari IKEA

“Masing-masing anak pastinya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan tentunya harus disesuaikan dengan fase tumbuh kembang mereka. Sebagai contoh, anak yang berada di fase taman kanak-kanak cenderung suka bermain dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya, orang tua bisa memfasilitasi dengan perabot seperti meja kecil, papan tulis dan perlengkapan yang bisa mereka gunakan untuk berkreasi,” ujar Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek, Dimas Haryo Wirawan. 

Dengan upaya orang tua dalam menyiapkan kebutuhan dan menciptakan area belajar yang nyaman dan menyenangkan di rumah, anak-anak akan lebih siap menghadapi kegiatan belajar di tahun ajaran baru dengan antusias.

Tak hanya itu, untuk mendukung aktivitas belajar anak di rumah, IKEA menghadirkan solusi untuk membantu mengamankan aktivitas sehari-hari anak termasuk saat belajar di rumah.

Ikea memiliki penahan pintu dan jendela sehingga anak terhindar dari terjepit, ada juga alas anti slip untuk menghindarkan anak-anak dari risiko tergelincir, bumper corner agar anak tidak terbentur ujung perabot yang tajam dan penutup steker atau penutup stopkontak yang melindungi anak dari sengatan listrik.

Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek, Dimas Haryo Wirawan saat tunjukan penutup steker IKEA yang melindungi anak dari sengatan listrik. 
Interior Design Manager IKEA Mall Taman Anggrek, Dimas Haryo Wirawan saat tunjukan penutup steker IKEA yang melindungi anak dari sengatan listrik.

“Untuk safety (keamanan) anak pada produk di IKEA sudah teruji,” ungkap Dimas.

 

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini