Home Berita Properti Menhub: Intermoda BSD City, Kawasan TOD Terbaik di Indonesia

Menhub: Intermoda BSD City, Kawasan TOD Terbaik di Indonesia

Intermoda BSD City adalah kawasan yang terintegrasi antara layanan publik berupa transportasi KRL commuter line, shuttle bus BSD Link, serta layanan perdagangan melalui Pasar Modern Intermoda BSD City, dan hunian lain.

758
0
kawasan intermoda bsd city
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Stasiun Cisauk, Kawasan Intermoda BSD City, Serpong, Minggu 4/10/2020. (Foto: SML).

Propertyandthecity.com, BSD City – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menilai Intermoda BSD City menjadi salah satu pengembangan kawasan transit oriented development (TOD) terbaik di Indonesia.

Menhub menyampaikan hal tersebut usai menjajal integrasi antar moda transportasi dengan berangkat menggunakan KRL dari Stasiun Palmerah menuju Stasiun Cisauk, Minggu (4/10/2020).

Menurut Menhub, angkutan massal dapat hidup kalau ada layanan intermoda, seperti kereta dengan bus, pesawat, mobil pribadi, dan sepeda.

Baca: Kementerian PUPR Dorong Pembangunan TOD

Dia mencontohkan Intermoda BSD City sebagai kawasan TOD yang paling baik, nomor satu di Indonesia.

“Kita buktikan naik sepeda lebih dari 3 km tidak keringatan. Artinya, orang mau ke kantor bisa naik sepeda. Intermoda BSD City akan kami jadikan percontohan untuk pengembangan TOD di Indonesia,” katanya.

Pengembangan TOD seperti di Intermoda BSD City lanjut Budi Karya, harus terus digiatkan. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran sekaligus menarik minat masyarakat dalam menggunakan transportasi massal.

“Sayangnya, pengguna angkutan massal kita baru mendekati 30 persen, padahal idealnya 60 persen,” tambah Budi Karya.

Intermoda BSD City merupakan salah satu kawasan TOD yang pertama kali dikembangkan di Indonesia. Kawasan TOD di Kabupaten Tangerang ini dibangun di lahan seluas 25 hektar.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam kesempatan yang sama berharap kehadiran TOD membuat masyarakat lebih nyaman bepergian.

Baca: Sinar Mas Land Gandeng Perusahaan Singapura, Kembangkan TOD 100 Hektar di BSD City

“Ini merupakan kolaborasi pemerintah daerah, pengembang, KAI, dan beberapa pihak lain agar menjadi contoh bagi stasiun lain dalam penataan ruang dan lingkungan dengan baik, sehingga kita dapat mengangkat harkat martabat masyarakat dan transportasi umum,” ujarnya.

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany yang juga hadir menambahkan, Intermoda BSD City merupakan kawasan TOD yang sangat luar biasa.

“Berbagai fasilitas lengkap disediakan bagi seluruh kalangan masyarakat sehingga mereka mau menggunakan transportasi massal,” katanya.

Dalam sambutannya, Managing Director President Office Sinar Mas Land, Dhony Rahajoe menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung Kemenhub dalam kampanye bersepeda dan penggunaan kendaraan umum.

“Keberadaan kawasan TOD Intermoda BSD City juga bermanfaat membersihkan udara dari polusi karena penggunaan kendaraan bermotor pribadi menjadi berkurang. Ini turut membuat kawasan BSD City tampak asri dan memiliki kualitas udara yang baik sehingga cocok untuk berolahraga,” kata Dhony.

Intermoda BSD City adalah kawasan yang terintegrasi antara layanan publik berupa transportasi KRL commuter line, shuttle bus BSD Link, serta perdagangan melalui Pasar Modern Intermoda BSD City, Kawasan Niaga Terpadu, Universitas, dan kawasan hunian lain.

Berdiri di atas lahan seluas 11.440 meter persegi, Stasiun Cisauk dibangun dengan konsep arsitektur futuristik serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

Baca: Konstruksi Tol Pondok Aren – Serpong Dimulai

Stasiun memiliki dua lantai dengan dilengkapi eskalator dan lift yang memudahkan pergerakan penyandang disabilitas.

Di lantai dua stasiun, terdapat jembatan penghubung di atas udara atau skywalk sepanjang 350 meter yang mempermudah penumpang stasiun Cisauk menuju ke terminal shuttle bus BSD Link dan Pasar Modern Intermoda BSD City.