Beranda Berita Properti Dengan Infrastruktur Canggih, Jababeka Berpotensi Jadi Kota Metropolitan Baru

Dengan Infrastruktur Canggih, Jababeka Berpotensi Jadi Kota Metropolitan Baru

0
Dengan Infrastruktur Canggih, Jababeka Berpotensi Jadi Kota Metropolitan Baru (Dok: Kota Jababeka)
Dengan Infrastruktur Canggih, Jababeka Berpotensi Jadi Kota Metropolitan Baru (Dok: Kota Jababeka)

PropertyandTheCity.com, Jakarta – Setelah Jakarta tidak lagi berstatus sebagai ibu kota negara, kawasan di sekitarnya memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi kota metropolitan selanjutnya. Jakarta sendiri akan berganti nama menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) dan sepenuhnya berfungsi sebagai pusat perekonomian Indonesia.

Salah satu kawasan yang siap menyongsong status kota metropolitan adalah Jababeka. Untuk mencapai status tersebut, sebuah kota harus memiliki infrastruktur yang maju dan pesat, populasi yang besar, menjadi pusat perekonomian, memiliki keragaman peradaban, teknologi yang berkembang, serta menjadi pusat kebudayaan dan pendidikan.

Senior General Manager Corporate Marketing PT Jababeka Residence, Ferry Thahir mengatakan, syarat-syarat tersebut sudah dipenuhi oleh Kota Jababeka. Menurut Ferry, kota yang terletak di koridor timur Jakarta ini sudah dilengkapi dengan sejumlah infrastruktur maju dan sedang melakukan transformasi menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD).

Kawasan ini memiliki akses jalan tol Tol Layang Jakarta-Cikampek Elevated atau dikenal dengan tol MBZ, tol Becakayu, tol Sunter-Pulo Gebang, Cikampek II, dan JORR 2. Selain itu, saat ini sedang dibangun MRT fase III Cikarang-Balaraja dan LRT Jakarta-Cikarang yang nantinya akan berhenti tepat di tengah Kota Jababeka.

“Dalam beberapa waktu mendatang, kawasan ini pun bakal terhubung dengan commuter line (KRL) yang dilengkapi dengan dengan jalur double-double track (Manggarai-Cikarang), Pelabuhan Patimban, serta dekat dengan Bandar Udara Kertajati,” kata Ferry dalam keterangannya, dikutip Minggu (19/5).

Populasi kawasan Jababeka juga semakin berkembang karena banyak tersedia lapangan kerja seiring dengan maraknyanya perusahaan multinasional beroperasi di kawasan industri Jababeka.

Ferry mengatakan, Kota Jababeka telah dihuni oleh lebih dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional. Oleh karena itu, banyak pekerja ekspatriat dari Korea, Jepang, China, dan Taiwan yang memilih tinggal dan menetap di sini.

Dalam upaya menunjang aktivitas bisnis bertaraf internasional di Kota Jababeka, lanjut Ferry, Jababeka menyediakan fasilitas kota kelas dunia, mulai dari pendidikan hingga kesehatan. Contohnya adalah President University dan puluhan fasilitas kesehatan yang tersebar di dalam kawasan.

Kota Jababeka bahkan memiliki Fabrication Laboratory yang berkolaborasi dengan BRIN untuk merancang dan melaksanakan program riset, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta inovasi yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Untuk semakin melengkapi aspek sebagai kota metropolitan, Jababeka Residence secara aktif meluncurkan beragam hunian unggulan seperti Golf Villas, Kraton Residence, serta The Oscar yang merupakan klaster rumah premium. Sedangkan untuk proyek komersial, terdapat Hollywood Boulevard Signature dan Sudirman Boulevard yang menjadi kawasan komersial primadona dengan puluhan tenant ternama di dalamnya.

Ferry juga menyebut, banyak pengembang asing tertarik untuk ikut mengembangkan Kota Jababeka. Saat ini ada toga perusahaan Jepang bekerja sama dengan Jababeka Residence, diantaranya Creed Group, Keihan Group dan Mitsui Fudosan Asia.

Sepanjang kuartal I 2024, Jababeka Residence sukses menjual tiga klaster hunian yang ada di mega cluster Sport City yakni Sevilla Townhouse, Monaco Townhouse, dan Wimbledon Townhouse. Dalam waktu dekat, perusahaan juga akan merilis klaster terbaru kolaborasi kami dengan Mitsui Fudosan Asia (MFA) yakni klaster Ibuki. “Harga unitnya sangat terjangkau dengan cicilan mulai dari Rp3 jutaan per bulan,” ujar Ferry.

Klaster Ibuki menghadirkan dua tipe hunian dua lantai, yaitu Ibuki Hakusan (LB43/LT45) dan Ibuki Fujisan (LB54/LT60). Klaster ini mengusung konsep rumah bergaya Jepang dengan fitur-fitur canggih di setiap unitnya, seperti smart door lock, CCTV, plafon tinggi, sistem ventilasi silang, tata letak rumah yang fleksibel, dan desain rumah terbuka.

“Dari klaster Ibuki, penghuni bisa menjangkau segenap fasilitas yang ada di Kota Jababeka.” pungkas Ferry.

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini