Beranda Berita Investasi PosIND dan Bina Karya Luncurkan Nusantara Logistics Hub, Ini Kelebihannya!

PosIND dan Bina Karya Luncurkan Nusantara Logistics Hub, Ini Kelebihannya!

0
PosIND dan Bina Karya Luncurkan Nusantara Logistics Hub, Ini Kelebihannya!
PosIND dan Bina Karya Luncurkan Nusantara Logistics Hub, Ini Kelebihannya!

Propertyandthecity.com –PosIND bersama PT Bina Karya (Persero) bekerjasama meluncurkan Nusantara Logistics Hub and Services yang mempunyai kelebihan-kelebihan bagi penggunanya.

Peluncuran Nusantara Logistics Hub and Services berlangsung di IKN pada 17 Januari 2024 juga sekaligus dukungan penyediaan layanan logistik di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) tersebut.

Direktur Utama PosIND Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, dalam mendukung proses pembangunan dan penyediaan layanan logistik jangka panjang di Nusantara, Pos Indonesia bersinergi dengan Bina Karya dengan membentuk kerja sama operasi atau KSO.

Baca juga: Conwood Luncurkan Wajah Baru Website, Apa Keuntungannya?

Ada beberapa kelebihan terkait dengan Superhub ini. Faizal membeberkan bagaimana pentingnya peranan Superhub dalam arus mobilitas seperti perdagangan atau kepentingan lainnya.

“KSO ini akan mengembangkan dan memperkuat rantai pasok nasional melalui pembangunan Nusantara Logistics Hub di Ibu Kota Nusantara. Selain untuk Ibu Kota Nusantara, Superhub ini nantinya dapat menjadi penghubung arus perdagangan dan Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia,” jelas Faizal.

Nusantara Logistics Hub di Nusantara merupakan upaya PosIND untuk mendukung Nusantara menjadi Superhub IKN, yang merupakan penggerak ekonomi bagi Kalimantan Timur dan pemicu untuk memperkuat rantai nilai domestik di seluruh kawasan timur Indonesia dan seluruh Indonesia.

“Dalam KSO ini PosIND salah satu peran utamanya sebagai koordinator dalam menyiapkan model bisnis dan model operasi untuk pelaksanaan kegiatan logistik di Otorita IKN,” ujar Faizal.

Sebagai tahap awal, kerja sama operasi ini akan melayani kebutuhan logistik untuk pengangkutan barang-barang milik pribadi ASN/TNI/POLRI, Pegawai BUMN dan Pegawai Swasta yang pindah tugas dan menuju Nusantara.

Tak hanya itu, pengangkutan dokumen dan barang milik Kementerian/Lembaga, BUMN, serta dukungan logistik untuk pekerja konstruksi pembangunan Nusantara juga dilakukan.

PosIND, bagi Faizal menjadi bagian penting dari proses pembangunan Nusantara dan penyediaan layanan kurir dan logistik bagi warga Nusantara melalui investasi secara bertahap dengan perkiraan nilai investasi keseluruhan mencapai Rp 350 miliar.

Investasi tersebut difokuskan untuk membangun infrastruktur Green Logistics Hub yang didukung oleh teknologi terbaru antara lain delivery robot dan drone, advance robotic sorting machine dan utilisasi operasional logistik menggunakan electric vehicle (EV).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bina Karya Boyke P. Soebroto mengatakan, kerja sama yang dijalin dengan PosIND mampu mengkoordinir aktivitas marketing dan sales untuk seluruh target pasar secara intensif dan berdedikasi.

Fasilitas Nusantara Logistics Hub di antaranya meliputi Cargo Drones, EV autonomous work vehicle, green packaging, dan supply chain monitoring system.

Adapun peta jalan yang telah ditetapkan kedua belah pihak mencakup dari rencana kerja jangka pendek (2024-2029) yang terdiri dari pemindahan barang ASN, TNI/Polri, dan pegawai BUMN, pemindahan dokumen arsip dan arsip negara, penanganan proyek & kontrak logistik.

Rencana kerja jangka panjang (2030-2045) meliputi pengembangan Nusantara Green Logistics Hub yang mencakup pembangunan container depo, climate control station, pusat logistik berikat, dan lainnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini