Beranda Berita Properti Jalankan CSR Inovatif, Sinar Mas Land Borong 4 Penghargaan CSR Excellence Award...

Jalankan CSR Inovatif, Sinar Mas Land Borong 4 Penghargaan CSR Excellence Award 2024

0

PropertyandTheCity.com, Bogor (Jawa Barat) – Pengembang Sinar Mas Land menunjukkan komitmen dalam isu ESG (Environmental, Social & Governance). Ini ditunjukkan perseroan dengan mengembangkan dan memberdayakan komunitas masarakat dan kepeduliannya terhadap isu perubahan iklim di Indonesia.

Aktivitas tersebut membawa Sinar Mas Land mampu mencatat prestasi di ajang penghargaan Indonesia CSR Excellence Award 2024.

Empat penghargaan yakni The Best Company for Community Commitment, The Best Integrated CSR, The Best Climate Change Management Sustainability CSR Program dan The Best Leadership Commitment on CSR, diberikan kepada Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land.

Adhityo Galih Priyambodo, Vice President Corporate Social Responsibility and Green Initiative Sinar Mas Land, mewakili perusahaan untuk menerima penghargaan tersebut pada Rabu, (20/3/2024) di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Jawa Barat.

Indonesia CSR Excellence Award merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan atau lembaga pemerintahan yang dinilai telah menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) atau Community Development terbaik. Adapun aspek penilaian penerapan CSR didasarkan pada keterkaitan CSR terhadap tiga hal yakni ISO 26000, Sustainable Development Goals (SDGs) dan praktik Good Corporate Governance (GCG).

Dony Martadisata, Managing Director President Office Sinar Mas Land mengatakan, penghargaan itu menjadi penyemangat sekaligus menguatkan komitmen kami untuk terus meningkatkan program CSR yang lebih baik di masa depan.

“Kami percaya bahwa program tanggung jawab sosial yang selaras dengan SDGs dan konsep Good Corporate Governance (GCG) merupakan aktivitas strategis yang berperan penting dalam memastikan keberlanjutan perusahaan dan membawa manfaat baik bagi masyarakat luas,” tuturnya dalam siaran pers, Senin (25/3).

Sinar Mas Land melalui program CSR telah melakukan pendampingan berbagai komunitas di wilayah Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang hingga Kabupaten Bogor. Melalui berbagai program CSR, perusahaan telah memberdayakan sejumlah komunitas di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pertanian, lingkungan hingga pendidikan. Komunitas tersebut diberdayakan melalui beberapa program di antaranya Bina Sekolah, Bina Literasi, Bina Kampung, Bina Usaha, Pasar Rakyat Go Digital hingga program Kemitraan Pertanian Lokal.

Program Bina Sekolah dan Bina Literasi diimplementasikan melalui sederet aktivitas seperti peningkatan kapasitas tenaga pendidik, bantuan pendidikan, bantuan sekolah, peningkatan kapasitas siswa melalui kelas kewirausahaan sosial dan multimedia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), serta pendampingan program pendidikan secara berkala di wilayah Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, program Kemitraan Pertanian Lokal dilaksanakan melalui budidaya pertanian secara kemitraan dengan petani lokal di wilayah Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Program ini tidak hanya hanya berdampak secara ekonomi saja, tapi juga sekaligus menjadi bentuk upaya pelestarian lingkungan karena berpijak pada prinsip pertanian ramah lingkungan (sustainable farming) dan ketahanan pangan yang berorientasi pada keberlanjutan (sustainability) dengan menggunakan pupuk organik dan pestisida alami.

Berangus Sampah

Pada aspek Climate Change Management Sustainability, Sinar Mas Land telah konsisten melaksanakan program Plastic Exchange. Program tersebut mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Pagedangan dan Cisauk (Kabupaten Tangerang), dan Serpong (Kota Tangerang Selatan) untuk mengumpulkan sampah plastik yang dapat ditukar dengan buku bacaan, ataupun kebutuhan pokok seperti beras dan minyak goreng. Program yang bertajuk Plastic to Food dan Plastic to Book ini membuat masyarakat di sekitar kawasan lebih peduli untuk memilah sampah. Sampah plastik juga dimanfaatkan oleh Sinar Mas Land bersama Chandra Asri Group sebagai bahan dasar pembuatan jalan aspal sepanjang 8,6 kilometer di kawasan BSD City. Inisiatif ini setara dengan memanfaatkan 164,2 juta lembar plastik kresek atau setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA. Pencapaian kolaborasi kedua perusahaan tersebut menjadikan kawasan BSD City sebagai township pertama di Indonesia yang menerapkan aspal dengan campuran sampah plastik yang diolah menjadi biji plastik.

Berbagai inisiatif hijau lainnya juga sudah dilakukan Sinar Mas Land untuk mendukung pembangunan berkelanjutan antara lain penggunaan material ramah lingkungan, penerapan Energi Baru Terbarukan (EBT) melalui penerapan panel surya di bangunan-bangunan komersial, sarana penerangan jalan hingga pemanfaatan layanan Renewable Energy Certificate (REC) dari PT PLN (Persero). Proses energy management di sejumlah gedung milik Sinar Mas Land difokuskan untuk meminimalisir penggunaan energi dan rendah karbon. Melalui layanan dan kegiatan  ini, Sinar Mas Land turut mendukung inisiasi pemerintah dan mengambil bagian dalam mengurangi emisi CO2.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini