Bumi Serpong Damai Cetak Marketing Sales Rp4,7 Triliun di 9 Bulan 2020

Selama sembilan bulan tahun ini, penjualan hunian mencapai Rp2,9 triliun, berkontribusi 62 persen terhadap total pencapaian.

0
180
Ruko YC Hub tempat usaha
Ruko YC Hub di BSD City dijual mulai Rp1,3 miliar. (dok. SML)

Propertyandthecity.com, BSD City – PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) melaporkan pencapaian pra penjualan (marketing sales) selama sembilan bulan pertama 2020, yakni Rp4,7 triliun atau setara 65 persen dari target Rp7,2 triliun yang ditetapkan perusahaan untuk tahun 2020.

Namun demikian, jika dibandingkan dengan pencapaian 9 bulan pertama tahun lalu, tercatat turun 11 persen dari Rp5,3 triliun.

Baca: Move in Quickly Dorong Marketing Sales BSDE yang Naik 6% di Semester I 2020

Keterangan resmi BSDE yang diterima, Kamis (15/10/2020) menyebutkan, penurunan penjualan tersebut terjadi di seluruh segmen. Terbesar pada segmen hunian vertikal atau apartemen, diikuti oleh penjualan tanah komersial, ruko, dan tanah joint venture.

Sementara segmen perumahan mendominasi di peringkat pertama, hingga di kuartal ketiga 2020, meningkat 23 persen.

Peningkatan tersebut lantaran pengembang banyak meluncurkan klaster hunian baru, dimana hingga saat ini sudah sebanyak 7 peluncuran perumahan.

Pencapaian tersebut, menurut pengembang merupakan sebuah prestasi yang berarti di tengah berbagai pembatasan, dampak penyebaran Covid-19.

Adapun hingga kuartal III 2020, BSDE telah meluncurkan 6 produk, yaitu, Freja House (180 unit), Freja Suites (211 unit), O2+ Urban Pop (83 unit), Loka 65 (65 unit), 92 Avenix (92 unit), YC Hub (94 unit), dengan total pendapatan Rp920 miliar.

Selain itu, pengembang juga meluncurkan program promosi nasional “Move In Quickly” sejak akhir Maret dan akan berakhir pada Desember mendatang.

Baca: Sinar Mas Land Beri Ragam Keringanan di Program Move In Quickly Periode Terakhir

Pencapaian marketing sales pada kuartal III-2020 ini, juga didukung oleh penjualan lahan sebesar Rp181,02 miliar kepada PT Sahabat Duta Wisata.

Selama sembilan bulan tahun ini, penjualan hunian mencapai Rp2,9 triliun, berkontribusi 62 persen terhadap total pencapaian.

Beberapa produk yang turut berkontribusi, terutama dari pengembangan klaster yang sudah ada, seperti Mozia, Savia, Greenwich, Vanya Park, Tabebuya, Nava Park, Zora, termasuk dari Grand Wisata Bekasi.

Sementara dari klaster yang baru diluncurkan, seperti Freja House, Freja Suites dan O2+ Urban Pop.

Sedangkan unit usaha komersial mencatat penjualan Rp1,6 triliun, atau setara 34 persen dari total marketing sales selama 9 bulan pertama 2020.

Pencapaian ini berasal dari penjualan tanah kavling komersial di BSD City, sebesar Rp625 miliar.

Kemudian penjualan apartemen/kondominium sebesar Rp346 miliar, serta dari penjualan ruko sebesar Rp638 miliar.

Dari perkembangan proyek vertikal yang terjual tersebut, sebagian besar didukung oleh Southgate Condominium TB Simatupang Jakarta Selatan, The Elements Rasuna
CBD Jakarta, Aerium Jakarta Barat dan di unit apartemen BSD City.

Sementara dari ruko, didukung oleh 3 proyek ruko baru di kuartal ketiga, yakni Loka 65, 92 ruko Avenix, dan YC Hub sebanyak 251 unit yang terjual habis dengan nilai penjualan mencapai Rp374 miliar.

Baca: Marketing Sales Metland 27 Persen dari Target, Begini Strategi yang Akan Dilakukan

Secara keseluruhan, BSD City masih memberikan kontribusi terbesar terhadap total pra penjualan di 9 bulan pertama ini, yakni mencapai 63 persen. Selanjutnya dari Grand Wisata 12 persen, Zora 8 persen, dan Kota Wisata 4 persen.