Beranda Berita Properti Sinar Mas Land Beberkan Komitmen Terapkan ESG

Sinar Mas Land Beberkan Komitmen Terapkan ESG

0

PropertyandTheCity.com, Tangerang – Upaya peningkatan kualitas bangunan hijau, penggunaan lahan yang berkelanjutan, energi yang dapat diperbaharui, kredit hijau, pengentasan kemiskinan dan transportasi rendah karbon merupakan sejumlah respon meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mitigasi dampak perubahan iklim. 

Sinar Mas Land kian serius menekankan keterkaitannya sebagai perusahaan pengembang properti dengan pembangunan berkelanjutan tersebut. Konsep dan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) yang dijalankan penggagas kota baru BSD City (6.000 ha) di Tangerang, Banten, ini bukan sekadar celup-celup kaki. Urgensi bangunan dan tata kota berkelanjutan menjadi sangat nyata manakala disadari berdasar global outlook report dari UN Enviroment yang menyatakan, sektor bangunan merupakan penghasil emisi gas rumah kaca sekitar 39%, 25% sampah dunia, menyerap 30% energi global dan 15% air dunia. 

Bahkan penerapan ESG ini telah membawa perusahaan menjadi satu-satunya pengembang properti di Indonesia yang masuk dalam 2024 Top-Rated ESG Companies List untuk regional Asia Pasifik. Berdasarkan data Morningstar Sustainalytics, Sinar Mas Land mencatat ESG Risk Rating poin 14,5 yang berarti berada pada tingkat low risk.

Perlu diketahui, ESG Risk Rating mengukur penerapan ESG pada sebuah perusahaan dan seberapa baik perusahaan mengelola risiko ESG. Semakin rendah ESG Risk Rating perusahaan, maka semakin baik  perusahaan tersebut dalam mengelola risiko ESG.

Chief Risk & Sustainability Officer Sinar Mas Land, M. Reza Abdulmajid mengatakan, Sinar Mas Land  berkomitmen untuk menerapkan prinsip ESG di semua aspek operasional perusahaan. Diantaranya, tahun 2023 perusahaan telah menambahkan lima gedung operasional yang memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan Renewable Energy Certificate (REC), yakni Sinar Mas Land Plaza Thamrin, Sinar Mas Land Plaza BSD City, My Republic Plaza BSD City, Green Office Park 1 BSD City, dan Green Office Park 9. Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan Chandra Asri untuk mengaplikasikan aspal dengan campuran olahan sampah plastik sepanjang 8,6 km atau setara 410 ton sampah plastik di kawasan BSD City.

“Semua jalan utama BSD City jalanan aspalnya sudah menggunakan campuran sampah plastik. Artinya, kami telah mengurangi sampah plastik yang terbuang sebanyak 410 ton untuk membangun jalan aspal di kawasan BSD City sepanjang 8,6 km,” ujarnya dalam buka puasa bersama media di Tangerang, Rabu (27/3/2024).

Dari aspek sosial governance, Sinar Mas Land  melakukan pendampingan masyarakat di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pertanian, lingkungan hingga pendidikan di wilayah Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang hingga Kabupaten Bogor. Komunitas tersebut diberdayakan melalui beberapa program di antaranya Bina Sekolah, Bina Literasi, Bina Kampung, Bina Usaha, Pasar Rakyat Go Digital hingga program Kemitraan Pertanian Lokal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini