Beranda Berita Properti Ingin Punya Rumah Tapi Gaji UMR, Ini Pilihan Rumahnya

Ingin Punya Rumah Tapi Gaji UMR, Ini Pilihan Rumahnya

0

Bogor, PropertyandtheCity.com – Tidak ada yang membantah harga rumah semakin tidak terjangkau masyarakat secara luas. Harganya dipacu kencang meninggalkan tingkat penghasilan masyarakat yang terseok di belakang. Tapi bukan berarti masyarakat yang menerima upah minimum regional (UMR) tidak bisa memiliki rumah.

Ada sejumlah perumahan di kawasan Bodetabek memasarkan rumah yang terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dari Jakarta lokasinya memang cukup jauh, tapi aksesnya cukup bagus dan sebagian mudah dijangkau dengan kereta.  Lokasinya antara lain di Tigaraksa di Kabupaten Tangerang dan Maja di Kabupaten Lebak, Banten. Lalu di Babelan, Tambun, Cikarang di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Paling banyak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tersebar di Ciampea, Ciseeng, Cibatok dan Kemang. Rumah yang dipasarkan hunian bersubsidi seharga Rp162 – 181 jutaan. Tipenya 24-36 m2 dengan tanah seluas 60 m2 dilengkapi dua kamar tidur.

Di Tigaraksa perumahannya yaitu Puri Delta Tigaraksa di Jl Terusan Stasiun Tigaraksa, Cikasungka, Kecamatan Solear, yang memasarkan rumah subsidi tipe 32/60 seharga Rp181 juta. Lokasinya 600 meter dari Stasiun Tigaraksa, sehingga ke Jakarta bisa menumpang kereta dari Stasiun tersebut (Tigaraksa-Tanah Abang). Booking unit Rp1 juta, uang muka Rp5,5 juta dengan angsuran flat Rp1,4 juta selama 20 tahun (KPR).

“Bayar Rp6,5 juta di depan, all in langsung akad. Sebagian besar rumahnya sudah dibangun, bahkan sudah ada yang dihuni. Kalau berminat, isi dulu form BI Checking di web kami, gratis. Ini untuk meminimalisir ditolaknya KPR,” ujar Achmad Dito, salah seorang staf pemasarnya. Pilihan lain, dipasarkan rumah komersial, yaitu tipe yang sama namun dibangun dengan material lebih berkualitas seperti dinding double hebel, carport beton, kusen aluminium, gratis kanopi, sink dan meja dapur. Harganya Rp252 juta, angsuran Rp2,5 juta per bulan selama 20 tahun.

Pilihan lainnya di Pasar Kemis dan Sepatan, sekitar 30-40 menit menuju Bandara Soekarno Hatta. Perumahannya antara lain Pesona Lebak Wangi di Jl Raya Mauk yang memasarkan tipe 36/60 Rp190 juta. Di Tarumajaya Bekasi ada Villa Mutiara Mas yang memasarkan rumah seharga Rp181 juta, lalu Bekasi Green City dan Grand Permata Residence di Tambun, yang memasarkan rumah seharga Rp167-181 juta. Di Cikarang, perumahan Grand Cikarang City 2 (GCC2/260 hektar) memasarkan rumah seharga Rp181 juta untuk tipe 30/60. 

Di kabupaten Bogor pilihannya cukup beragam  tinggal disesuaikan dengan lokasi kerja. Beberapa perumahan di Parung layak dipilih karena dekat stasiun Citayam dan Bojong Gede, selain ke terminal Bubulak dan simpang Yasmin juga tidak begitu jauh. Sebutlah Duta Pakis di Ciseeng yang memasarkan tipe 24/60 Rp181 juta. Di kawasan Bogor barat ada Puri Araya dan Bumi Ciampea Asri, keduanya di Ciampea, yang memasarkan tipe 28/60 dan 36/72 masing-masing seharga Rp184 juta. Semua perumahan di Bogor ini cicilannya mulai Rp1,1 – 1,5 juta per bulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini