Beranda Marketing Breaktrough WOMEN IS THE NEW MEN

WOMEN IS THE NEW MEN

KUNCI UNTUK MENCIPTAKAN PROGRAM PEMASARAN YANG DAPAT MEMENANGKAN HATI PEREMPUAN ADALAH MEMAHAMI NILAI-NILAI YANG MEMENGARUHI PEREMPUAN

0
WOMEN

“You have to be unique, and different, and shine in your own way.”— Lady Gaga

Perempuan adalah potret customer masa kini yang lebih tanggap terhadap perubahan, yang lebih human spirit, dan yang lebih terhubung. (Kata Kunci Era Pemasaran Zaman Now: Terinformasi, Terhubung dan Terlibat).

baca juga, Gaduh Soal Tapera, CEO IPW Minta Pemerintah Transparan dan Tepat Sasaran

Proses menjual kepada perempuan berbeda dengan menjual kepada laki-laki. Perempuan, secara kelompok, memiliki pengalaman bekerja di
perusahaan sebagai profesional secara berbeda, dan memiliki inisiatif. Perempuan yang misinya adalah mendorong pertumbuhan pasar dan menciptakan budaya di mana perempuan berintesitas tinggi, selain memilih berumah-tangga, juga memilih untuk bekerja dan berkarier.

Bisakah inisiatif yang sama menjelaskan pertumbuhan populasi konsumen perempuan dan pemberi pengaruh perempuan, dan mungkin mengungkap pendekatan penjualan yang akan lebih bermanfaat bagi perempuan?.

Pasar perempuan adalah pasar nyata untuk diburu bagi setiap pemasar. Bukan saja ukurannya besar, profil segmennya juga istimewa. Perbedaan inheren antara lelaki dan perempuan adalah subjek bagi psikologi produk dan komunikasi pemasaran. Banyak pakar mengajukan pandangan tentang pemasaran untuk perempuan. Banyak produk, jasa, dan kampanye pemasaran dikembangkan khusus untuk perempuan.

Pengaruh yang dimiliki perempuan terhadap yang lain ditentukan oleh apa yang perempuan lakukan. Menggambarkan segmentasi pasar perempuan, dunia perempuan berkisar antara keluarga dan pekerjaan.

Karena Perempuan umumnya multitasking, perempuan secara inheren adalah manajer yang lebih baik bila menyangkut tugas yang rumit dan banyak segi, di rumah, di tempat kerja, atau keduanya.

Berkebalikan dengan pria, perempuan memang cenderung lebih emosional dan sensitif terhadap lingkungan sekitarnya. Sehingga perempuan lebih stabil dan konsisten berpikir jernih di saat sulit sekalipun.

Di keluarga, memang para suami yang mencari penghasilan, tapi siapa yang sebagian besar menghabiskannya? Para istri. Hampir seluruh keputusan pembelian di keluarga dipegang oleh sang istri. Mulai dari kebutuhan rumah sehari-hari, mobil, sampai rumah baru.

Peran apa saja yang dimainkan perempuan. Keutamaan perempuan adalah pengumpul infomasi. Sementara rute perjalanan pembelian oleh perempuan menyerupai spiral, sering kali kembali ke langkah sebelumnya, mengumpulkan informasi baru dan menilai ulang apakah bergerak lebih lanjut adalah pilihan tepat.

Seperti kita ketahui bersama, perempuan biasa menghabiskan waktu berjam-jam di toko untuk memeriksa kualitas dan membandingkan harga serta juga melakukan obeservasi secara online, sementara lelaki biasanya membatasi pencarian dan berusaha mendapatkan apa yang diinginkan secepat mungkin. Yang menarik dan perlu disikapi, perempuan juga lebih banyak membahas tentang produk suatu merek.

Perempuan meminta pendapat teman-teman dan keluarga, dan perempuan sangat terbuka menerima bantuan dari orang lain. Perempuan ingin menemukan produk, layanan, atau solusi yang sempurna. Bagi sales pemasar, sifat perempuan yang suka mengumpulkan informasi mempunyai keuntungan.

Artinya, semua upaya komunikasi pemasaran dan edukasi pelanggan tidak sia-sia. Perempuan benarbenar menaruh perhatian pada semua informasi, dan perempuan akhirnya merangkumnya untuk orang lain. Sehubungan dengan hal ini, perempuan adalah pembelanja holistik. Kenyataan bahwa perempuan merasakan lebih banyak titik sentuh dalam jalan menuju pembelian spiral berarti perempuan lebih terpapar pada
lebih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, segala keuntungan yang bisa diperoleh, mulai keuntungan fungsional, keuntungan emosional, harga, sampai harapan keuntungan beragam lainnya.

Dan itu pasti, sebelum menentukan nilai sebenarnya dari produk dan layanan. Bagi kategori perumahan dan properti, perempuan akan mempertimbangkan nilai produk secara keseluruhan, tidak hanya untuk diri perempuan sendiri, tetapi juga seluruh anggota keluarga.

Karena ketelitian observasi dan survei, perempuan bisa berperan sebagai manajer rumah tangga, kepala keuangan, manajer pembelian, dan manajer aset keluarga. Apalagi produk yang akan dibeli termasuk barang bernilai tinggi. Perempuan merupakan sosok berpengaruh dalam rencana pembelian untuk produk properti dan investasi.

Emansipasi perempuan menciptakan banyak kesempatan bagi sales pemasar untuk melihat segmen ini lebih dalam lagi. Sebagian perempuan dalam dunia kerja, perempuan memiliki kemampuan keuangan yang sama dengan pria. Perempuan memiliki kebebasan untuk memperoleh dan memiliki barang yang perempuan suka. Perempuan juga lebih terlibat dalam pembuatan keputusan pembelian bagi keluarganya. Kebanyakan dari perempuan yang berkeluarga menjadi penentu dari pengeluaran keluarganya. Perempuan dapat berperan sebagai manajer keuangan, manajer pembelian barang serta manajer aset keluarga.

Pengaruh perempuan sebagai pengumpul informasi, pembelanja holistik, dan manajer rumah tangga, perempuan adalah kunci untuk memenangkan pangsa pasar di ekonomi digital. Untuk mengakses pasar yang lebih besar, merek harus bisa melewati proses pembuatan keputusan komprehensif dari seorang perempuan.

Sebenarnya menyasar konsumen perempuan lebih menguntungkan karena setiap biaya marketing yang diinvestasikan, akan memberikan hasil yang lebih tinggi dibanding pria karena loyalitas dan referral. Dalam jangka panjang, perempuan akan lebih loyal terhadap suatu produk dibandingkan pria. Perempuan merupakan pengumpul informasi sebelum memutuskan membeli suatu produk atau jasa agar memperoleh solusi yang sempurna. Perempuan juga mempertimbangkan banyak hal dalam membuat setiap keputusan pembelian.

Oleh karena itu ketika Perempuan sudah menemukan produk atas merek tertentu yang cocok, perempuan akan cenderung loyal. Perempuan juga sering berbagi informasi mengenai suatu produk kepada konsumen lain dibanding pria. Perempuan memiliki kebutuhan untuk menjalin hubungan dengan orang lain lebih tinggi dibanding pria. Hal tersebut mendorong perempuan melakukan percakapan dengan berbagai topik termasuk me-review suatu produk.

Perempuan adalah segmen yang juga dapat membantu memviralkan suatu produk atau merek tertentu. Ketika perempuan merasa puas dengan suatu produk atau merek, perempuan akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang di sekitarnya baik secara tatap muka maupun melalui media sosial. Oleh karena itu banyak influencer Instagram adalah perempuan yang dari awal senang membagi informasi.

Kunci untuk menciptakan program pemasaran yang dapat memenangkan hati perempuan adalah memahami nilai-nilai yang memengaruhi perempuan. Misalkan apa yang membuat perempuan senang, apa yang membuat perempuan merasa nyaman, apa yang membuat perempuan merasa bangga, dan apa yang membuat perempuan merasa terganggu. Sangat perlu perhatian ketika pengembang ingin memenangkan hati perempuan.

Perempuan lebih yakin tentang pilihannya ketika akhirnya membeli. Karenanya, perempuan lebih setia dan cenderung merekomendasikan pilihan perempuan pada keluarga, komunitas dan kelompok circle-nya. Selamat Hari Kartini untuk para Srikandi pengembang, semangat berkreasi dan berinovasi di pasar perempuan. Karena perempuan, pembeli setia yang perlu dimengerti.




Firman Cecak
Praktisi dan Edukator Kreatif Pemasaran Branding Idea- Creative Marketing Founder @berbedapembeda #BeraniKreatif  | + posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini