Beranda Berita Properti Tips Mendekorasi Rumah Mungil Agar Terlihat Luas

Tips Mendekorasi Rumah Mungil Agar Terlihat Luas

41
0
Tips Mendekorasi Rumah Mungil Agar Terlihat Luas
Tips Mendekorasi Rumah Mungil Agar Terlihat Luas

Propertyandthecity – Memiliki rumah dengan lahan terbatas, pemilik dituntut untuk lebih kreatif dalam mendekorasi dan memilih furniture yang sesuai. Jika tidak mempertimbangkan berbagai aspek dan asal membeli, rumah bisa terlihat sempit dan terasa sesak.

Mendekorasi rumah yang mungil bisa menjadi tantangan, namun dengan beberapa tips dan trik, Anda dapat menciptakan ruang yang nyaman, fungsional, dan menarik. Berikut adalah beberapa tips mendekorasi rumah mungil:

  1. Gunakan Warna Terang

Warna-warna terang seperti putih, krem, atau pastel dapat membuat ruangan terasa lebih besar dan terang. Warna-warna ini memantulkan cahaya lebih baik daripada warna gelap, sehingga memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

  1. Maksimalkan Pencahayaan Alami

Biarkan cahaya alami masuk sebanyak mungkin. Hindari penggunaan tirai tebal yang menghalangi cahaya. Tirai tipis atau jendela tanpa penutup bisa menjadi pilihan yang baik untuk memaksimalkan cahaya alami.

  1. Perabot Multifungsi

Pilih furnitur yang memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya, tempat tidur dengan laci di bawahnya, meja yang bisa dilipat, atau sofa bed. Ini membantu menghemat ruang dan menjaga rumah tetap rapi.

  1. Gunakan Cermin

Cermin bisa membuat ruangan tampak lebih besar dengan memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi ruang tambahan. Tempatkan cermin besar di dinding yang strategis.

  1. Manfaatkan Ruang Vertikal

Gunakan dinding untuk penyimpanan tambahan. Rak dinding, lemari gantung, atau gantungan bisa digunakan untuk menyimpan barang tanpa memakan ruang lantai.

  1. Dekorasi yang Minimalis

Hindari penggunaan dekorasi yang berlebihan. Pilih beberapa item dekorasi yang penting dan bermakna, dan hindari menumpuk banyak barang yang hanya akan membuat ruangan terasa sempit.

  1. Furniture yang Sesuai Skala

Pastikan ukuran furnitur sesuai dengan ukuran ruangan. Hindari furnitur yang terlalu besar dan mendominasi ruang. Pilih furnitur yang ramping dan sesuai dengan proporsi ruangan.

  1. Zona Fungsional yang Jelas

Pisahkan area berdasarkan fungsinya meskipun dalam satu ruang. Misalnya, buat area kerja yang terpisah dari area santai dengan penggunaan karpet atau penataan furnitur yang berbeda.

  1. Gunakan Penyimpanan Tersembunyi

Gunakan furnitur dengan penyimpanan tersembunyi seperti ottoman dengan ruang penyimpanan di dalamnya, atau meja kopi dengan laci. Ini membantu menjaga barang-barang tetap terorganisir dan tidak berantakan.

  1. Pilih Dekorasi yang Membawa Efek Visual

Pilih dekorasi dengan pola vertikal atau horizontal untuk memberikan ilusi ruang yang lebih tinggi atau lebih luas. Wallpaper dengan garis-garis vertikal bisa membuat langit-langit terlihat lebih tinggi, sementara garis horizontal bisa membuat dinding terlihat lebih lebar.

Baca juga: Long Weekend Idul Adha dan Liburan Sekolah, KAI Tambah Perjalanan di 3 Rute Favorit

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan rumah mungil yang terasa luas, nyaman, dan estetis. Fokus pada fungsi dan penataan yang baik untuk memaksimalkan setiap inci ruang yang ada. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini