Home Liputan Utama Timur Jakarta, THE SLEEPING GIANT

Timur Jakarta, THE SLEEPING GIANT

1161
0
TOMMY SATRIOTOMO, OPERATIONAL DIRECTOR DELTAMAS

Kawasan barat Jakarta seperti di Serpong tumbuh pesat lantaran para pengembang bersatu dan mengintegrasikan kawasannya dengan infrastruktur. Bagaimana dengan pengembang di timur Jakarta ini?

Baca juga, Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation Hadirkan Rumah Canggih Bergaya Jepang

Sebetulnya kami di sini juga sudah saling terintegrasi antar kawasan. Seperti Kota Deltamas yang bersebelahan dengan Lippo Cikarang kemudian ke kawasan MM2100. Jadi selain akses tol, kami juga ada akses antar kawasan dan secara umum, keunggulan di koridor ini adalah infrastruktur yang lebih lengkap. Kami juga punya akses yang baru akan dibangun pemerintah di kawasan selatan, yakni Tol Jakarta-Cikampek 2. Jalan tol ini sejajar dengan Jakarta-Cikampek 1 yang sudah ada sekarang. Jalan tol ini juga pintunya ada di Deltamas.

Saat ini, kami para developer juga sudah semakin bersatu melalui wadah Mapanesia. Kami sangat menyambut baik karena developer-developer besar bersatu untuk promo bersama. Dengan demikian maka gaung promonya menjadi lebih besar. Sehingga bisa membuka wawasan semua orang bahwa kawasan timur Jakarta ini adalah sebuah kawasan baru yang nantinya pasti akan menjadi nomor satu.

Keunggulannya pada kawasan industri, aksesibilitas dan infrastruktur, sehingga perkembangan kotanya pun akan mengarah ke timur, karena ke barat sudah tidak mungkin. Sehingga kenapa kita harus bersinergi dengan developer-developer besar yang lain, yakni untuk membuat arah timur ini menjadi suatu kawasan eksotik dan menarik. Apalagi dunia internasional sudah tahu bahwa kawasan timur Jakarta ini untuk investasi sudah menjadi nomor satu. Dan kalau sudah menjadi kawasan investasi nomor satu maka harus didukung oleh residensial dan komersial. Itu sudah pasti.

Saat ini justru menjadi momentum bagi kita para developer untuk menggiatkan pengembangan kawasan timur. Apalagi infrastruktur di kawasan ini juga sedang giat dibangun sehingga pasar kita harus menjadi
lebih menarik. Inilah saatnya kita bersama-sama para developer besar bergandengan tangan untuk membuat koridor timur menjadi lebih menarik. Kalau kita bilang kawasan ini sebagai the sleeping giant,
raksasa yang tertidur. Pastinya ke arah barat akan kalah.

Apa saja kegiatan konkrit yang akan dilakukan oleh forum Mapanesia?

Saat ini kami sedang godok sehingga kalau jalan bersamasama maka gaungnya akan lebih terdengar. Tentunya akan mendongkrak kawasan ini menjadi lebih kencang.

Apa harapan terbesar dari Deltamas dengan dibentuknya forum Mapanesia ini?

Kalau Mapanesia ini berhasil membuat brand image, pastinya Deltamas juga akan ikut terangkat, karena berada di dalamnya. Ini suatu terobosan yang bagus, kita bisa berkolaborasi, berpromosi bersama, sehingga pastinya gaungnya akan lebih terdengar.

Apakah sejauh ini Mapanesia sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah?

Kalau tidak salah terakhir dengan REI dan Kementerian PUPR. Tetapi yang terpenting adalah Mapanesia ini terlebih dahulu kita matangkan. Setelah kita sudah menjadi sesuatu yang kuat baru kita mengajak pemerintah untuk bersinergi.

Ada kesan kawasan timur Jakarta sebagai kawasan industri yang panas, kualitas air bakunya yang kurang bagus, Apa yang dilakukan oleh Deltamas?

Air bersih adalah salah satu poin yang paling penting, baik untuk residensial komersial maupun industrial. Saat ini kami sudah bisa memproduksi air bersih yaitu sebesar 24.000 m3 per hari, padahal kebutuhan kita baru kira-kira 12.000 m3 per hari. Sehingga kita sangat concern dengan air bersih. Kualitas airnya pun selalu kita tes standarnya dan tidak lebih rendah dari PAM Jaya.

Apakah yang harus dilakukan pemerintah untuk ikut mendorong pengembangan kawasan timur Jakarta ini?

Sudah sangat jelas terlihat bahwa pemerintah sangat mendukung pengembangan kawasan timur Jakarta, terutama dengan pembangunan infrastrukturnya. Mulai dari kereta api cepat hingga jalan tol, terakhir adalah elevated tol. Dengan adanya berbagai infrastruktur tersebut maka
harga tanah juga ikut naik, ekonomi juga akan naik.

Tetapi kenapa banyak orang masih berpikiran bahwa potensi investasi terbaik di kawasan barat Jakarta?

Ini juga menjadi salah satu tugas kita untuk mengkampanyekan potensi di kawasan timur ini. Yang jelas potensi timur ke depannya akan sangat besar sekali, sehingga kalau bukan sekarang maka akan sangat terlambat.
Inilah momentumnya.●