Beranda Berita Properti Timur Jakarta Makin Kinclong, Kota Jababeka Siap Rilis Hunian Baru

Timur Jakarta Makin Kinclong, Kota Jababeka Siap Rilis Hunian Baru

0
jababeka residence
Kawasan Jababeka Residence di Cikarang, Bekasi. (dok. Jababeka)

PropertyandTheCity.com, Jakarta – Kota Mandiri (township) Jababeka di Cikarang, Kab. Bekasi, Jawa Barat, terus bersolek. Sebagai kota baru, kota seluas 5.600 hektare yang dibangun sejak tahun 1989 ini dapat menciptakan pasar tersendiri dan berkembang menjadi kota yang terintegrasi.

Di masa depan, kota yang digagas PT Jababeka Tbk., salah satu korporasi nasional yang dinilai sukses membangun sejumlah kota mandiri ini, digadang-gadang makin berkembang menjadi kota baru yang hidup dan maju dengan basis ekonomi sangat kuat.

Kota Jababeka mencakup kawasan hunian (1.400 ha) dan kawasan industri (4.000 ha). Kawasan industrinya saat ini dihuni tidak kurang dari 2.000 perusahaan nasional dan multinasional.

Selain ribuan aktifitas pabrik, berbagai kalangan menyebut potensi besar dari wilayah Kota Jababeka di timur Jakarta, karena masifnya pengembangan proyek infrastruktur di koridor itu.

Ada 10 proyek infrastruktur di koridor timur yang saat ini berjalan pun sudah rampung dikerjakan. Yaitu, double-double track kereta komuter Manggarai (Jakarta)-Cikarang, proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT) Cawang (Jakarta)-Bekasi, jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan, jalan tol JORR 2 Cimanggis-Cibitung, kereta cepat Jakarta-Bandung, pelabuhan Patimban, bandara Karawang, Kawasan Ekonomi Khusus Bekasi-Karawang-Purwakarta, (Bekapur), rencana MRT tahap III Balaraja-Cikarang, hingga jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek yang sudah beroperasi sejak Desember 2019.

“Ke depan kawasan Jababeka akan semakin mudah diakses dari penjuru Jabodetabek karena MRT fase III Cikarang-Balaraja dan LRT Jakarta-Cikarang nantinya akan berhenti tepat di tengah Kota Jababeka. Harapannya apa yang kami rancang ini dapat memberi dampak positif bagi perekonomian Kota Jababeka dan sekitarnya,” ujarFerry Thahir, Senior General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, dalam siaran pers yang dikutip Jumat (17/5).

Kota Jababeka menjadi percontohan dalam mengembangkan Eco Industrial Estate atau pengembangan kawasan industri ramah lingkungan, musabab lebih dari 15% dari total lahan township diplot untuk ruang terbuka hijau sekaligus paru-paru kota. Fasilitas lapangan golf seluas 70 hektare menjadikan ini terlihat hijau dan asri, kontras dengan pamor kawasan industri yang polutif.

Fasilitas water treatment plant dan waste water treatment plant untuk mengolah dan menyuplai air bersih ke seluruh kota sudah tersedia. Respon pengembang terhadap isu berkelanjutan diwujudkan dalam penggunaan penggunaan PLTS di sejumlah area.

Pengembang membangun Fabrication Laboratory Correctio berkolaborasi dengan BRIN untuk merancang dan melaksanakan program riset, pengembangan dan pemanfaatan teknologi, serta inovasi yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

“PT Jababeka Tbk selaku pengembang tidak hanya fokus pada sektor ekonomi, tetapi  juga memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat dengan memperhatikan aspek lainnya seperti sosial dan lingkungan,” papar Ferry.

Rumah Cicilan Rp3 Juta
Satu diantara sejumlah proyek residensial yang dipasarkan di Kota Jababeka ialah Jababeka Residence yang merangkum rumah tapak premium di klaster Golf Villas, Kraton Residence, dan The Oscar, serta Hollywood Boulevard Signature dan Sudirman Boulevard untuk produk komersial.

Klaster Ibuki di Jababeka Residence.

PT Jababeka, Tbk., tak mengelola proyek residensial ini sendirian. Pihaknya melibatkan raksasa properti asing seperti Creed Group, Keihan Group dan Mitsui Fudosan Asia.

Kuartal I tahun ini dilansir tiga klaster di kawasan mega klaster Sport City (34 hektar), yaitu Sevilla Townhouse, Monaco Townhouse, dan Wimbledon Townhouse. Seluruh unit diklaim hampir habis tandas terjual. “Peminatnya mayoritas merupakan first home buyer,” terang Ferry.

Terbaru, developer bersama Mitsui Fudosan Asia (MFA) segera merilis klaster Ibuki. Ada dua tipe yang ditawarkan oleh klaster Ibuki yakni Ibuki Hakusan (LB43/LT45) dan Ibuki Fujisan (LB54/LT60).

“Harga unitnya sangat terjangkau dengan cicilan mulai dari Rp3 jutaan per bulan,” jelasnya.

“3 poin menarik dari Ibuki yakni sistem ventilasi yang bagus, 24 jam keamanan dengan one gate system, dan proyek hasil kolaborasi dengan MFA. Pemilihan material bangunan pun tidak sembarangan, Jababeka Residence dan MFA menghadirkan hunian yang nyaman dan berkualitas,” pungkasnya.

+ posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini