Sofyan Djalil: Bank Tanah Terbentuk Januari 2017

0
445

foto:sindonew.com

Awal Januari 2017 Bank Tanah sudah terbentuk. Begitu ada lembaganya, Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan segera merumuskan Peraturan Pemerintah (PP). Hal itu dikatakan Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (17/11/2016).

Pernyataan Sofyan bertolak belakang dengan Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Budi Situmorang yang menyebutkan bahwa untuk mempercepat realisasi bank tanah, maka payung hukumnya adalah peraturan menteri (permen) ATR/BPN. Namun begitu, Sofyan kembali menjelaskan bahwa kebutuhan bank tanah ini mendesak bagi negara karena sebagai penguasa air dan tanah, negara tidak punya tanah untuk membangun infrastruktur.

“Bank tanah sangat penting bagi negara untuk membangun karena kenyataannya selama ini bank tanah banyak dimiliki pengembang properti swasta. Selain itu, bank tanah juga akan menjadi cara pengendalian harga dan juga pengendalian penguasaan tanah,” kata Sofyan. Penyediaan tanah untuk perumahan rakyat merupakan amanat pasal 28H ayat 1 Undang Undang Dasar 1945 dan juga Pasal 40 UU nomor 39 Tahun 1999 yang menegaskan hak bertempat tinggal merupakan hak asasi manusia. Adapun penggunaan tanah berdasarkan UUPA tersebut antara lain untuk keperluan negara, peribadatan, pusat-pusat kehidupan masyarakat, sosial, kebudayaan, dan kesejahteraan.(w)