Beranda Marketing Breaktrough SALES MARKETERS ARE THE FRONT LINE OF CREATIVITY

SALES MARKETERS ARE THE FRONT LINE OF CREATIVITY

0
Kreativitas

“Memproduksi konten sama pentingnya dengan memproduksi produk” – Subiakto

Kreativitas sebagai Kekuatan untuk berkembang. Data dan analitik mungkin lebih diutamakan dibandingkan kreativitas dalam mengatasi tantangan pemasaran modern, namun kreativitas masih tetap bernilai—jika dilakukan dengan cara yang benar.

baca juga, Didukung Teknologi AI, Samsung Pamerkan Peralatan Dapur Canggih pada CES 2024

Kreativitas adalah proses yang dapat dilalui otak/akal kita untuk melihat masalah dari sudut pandang baru dan menemukan solusi yang bekerja di luar batas “pendekatan standar”. Dalam dunia pemasaran yang mengutamakan optimalisasi dan jaminan hasil, sales pemasar dituntut berpikir out of the box. Namun seringkali, kita tetap berpegang pada jalan yang telah kita lalui dengan pedoman, meniru pesaing kita, atau melakukan perbaikan pada metode yang sudah jadul.

Perlunya kita untuk menekankan pentingnya kreativitas dalam pemasaran. Baik pada masa transisi, saat pemasaran berupaya mengembangkan pasar baru dengan menemukan kebutuhan yang belum terpenuhi, atau saat krisis ekonomi terjadi ketika pelanggan, karyawan, dan mitra membutuhkan inspirasi untuk menemukan ketahanan, menjadi kekuatan di balik tidak membiarkan pemasaran dengan status quo.

Pertumbuhan telah menjadi tanggung jawab bersama. Seiring dengan semakin kompleksnya pertumbuhan yang disebabkan oleh perubahan sosial, teknologi, dan ekonomi yang cepat, banyak sales pemasar merespons dengan mengandalkan data dan analisis. Meskipun alat analisis ini sekarang sering dipandang penting bagi setiap pemasar kontemporer, terdapat indikasi adanya ketidakseimbangan. Kini mungkin kekurangan
kreativitas yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia pemasaran modern, seperti yang terlihat dari berkurangnya kreatifitas dan rendahnya penekanan pada keterampilan kreatif sales pemasar.

Kreativitas dapat melampaui komunikasi produk dan konten, menggunakan pemikiran inovatif untuk membentuk bagaimana pola dirancang, tantangan diubah menjadi peluang, sales pemasar berkolaborasi dan terlibat dengan pelanggan serta dengan pemangku kepentingan lainnya.

Kreativitas dalam bentuk ini memang berkontribusi terhadap pertumbuhan. Pemasar dengan pertumbuhan lebih tinggi tidak hanya cenderung
memandang ide-ide kreatif sebagai hal yang penting bagi kesuksesan jangka panjang, mereka juga cenderung menciptakan lingkungan yang mendukung pemikiran kreatif dengan mendorong pengambilan risiko dan kolaborasi.

Pada saat kita melihat pergeseran dari keterampilan kreatif ke keterampilan analitis di seluruh fungsi pemasaran, sales pemasar dengan pertumbuhan tinggi mempertimbangkan pemikiran kreatif sebagai salah satu atribut terpenting dari bakat. Kita saat ini mungkin kekurangan kreativitas yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia pemasaran properti, rendahnya penekanan pada keterampilan kreatif di kalangan sales pemasar.

Salah satu fitur dari pendekatan baru ini adalah bahwa kreativitas tidak lagi terbatas pada individu atau tim tertentu. Nyatanya, salah satu elemen kunci keberhasilan transformasi pemasaran kreatif adalah menemukan materi konten/penawaran “tersembunyi” dari sumber yang mengejutkan, tidak hanya sales pemasaran sendiri, namun juga mitra eksternal dan pelanggan, yang semuanya dapat berperan sebagai sumber ide-ide kreatif.

baca juga, White On White, Why Not?

Meskipun ide-ide kreatif dapat datang dari sumber mana pun, sales pemasaran terkadang berada pada posisi terbaik dalam mengidentifikasi dan mengaktifkan ide-ide ini di seluruh pemasaran. Sebagai sales pemasar yang paling dekat dengan konsumen, menerjemahkan ide-ide ini ke dalam penerapan penawaran praktis mungkin menjadi kunci untuk mendorong kesuksesan penjualan. Maka, mungkin tidak mengherankan jika kita melihat sales pemasar dengan pertumbuhan tinggi lebih banyak bersandar pada pemasaran yang kreatif.

Sales pemasar mempertimbangkan strategi berikut untuk mendorong kreativitas:

  • Kreativitas tidak lagi terbatas pada iklan atau konten saja. Hal ini mengubah prioritas sales pemasar menjadi konsisten memberikan produk, layanan, dan pengalaman yang membuat suatu produk menonjol. Tantangan terbesar bagi sales pemasar adalah untuk mampu memberikan layanan atau pengalaman berbeda yang melampaui apa yang inovatif atau tradisional dalam industri pemasaran. Pengalaman-pengalaman tersebut harus relevan dan sesuai dengan fluktuasi budaya, ekonomi, atau politik di negara tempat kita berada. Bersikap konsisten dari waktu ke waktu akan membuat sales pemasar menonjol di pasar.
  • Sales pemasar dan fungsi pemasaran dapat memainkan peran utama dalam transformasi konten, semuanya harus selaras dengan aspirasi pemasaran. Kolaborasi ini memungkinkan untuk “mengkomersialkan produk dan solusi inovatif secara andal kepada pelanggannya,” yang pada akhirnya meningkatkan dampak dari penawaran tersebut.
  • Menginspirasi untuk berpikir secara berbeda. Mendorong pengambilan risiko dan memberikan ruang untuk kegagalan dapat mendorong pemikiran kreatif. Menghubungkan fungsi-fungsi dan ide-ide ke dalam satu strategi terpadu sekaligus memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri.

Jenis kombinasi pemikiran kreatif dengan kolaborasi inilah yang dapat menghasilkan tipe perubahan transformatif yang mendorong pertumbuhan.

Kita hidup di era penciptaan bersama. Kolaborasi kreatif dengan mitra kreatif eksternal juga bisa sangat peduli terhadap suatu produk dan mungkin terlihat lebih autentik di mata konsumen dibandingkan produk itu sendiri. Melalui konten kreator dan influencer, memiliki banyak pengikut di media sosial dan secara aktif mencari produk selaras untuk diajak bekerja sama. Produk-produk yang bersedia berbagi pendapatnya
dengan produk terpilih lainnya yang berpotensi menghasilkan komunitas yang lebih kuat.

Berikut adalah beberapa cara terbaik bagi sales pemasar untuk mengikutsertakan kreator sebagai mitra strategis dalam kreativitas dan rencana pertumbuhan:

  • Memberikan kebebasan berkreasi. Secara definisi, pembuat konten dianggap berhasil dalam menghasilkan informasi dengan cara
    yang melibatkan audiens inti. Memberikan kebebasan kepada kreator untuk mengekspresikan kemampuan mereka menghasilkan konten yang lebih menarik, membantu mempertahankan suara autentik yang sangat penting bagi kreator dan konsumen.
  • Relevansi sebagai kunci utama. Mencari kreator yang memiliki platform sosial yang sama dengan target audiens produk dan menampilkan citra yang sesuai dengan produknya. Prioritas utama ketika memutuskan apakah akan bermitra adalah “relevansi produk dengan pemirsa saya” prioritas yang lebih tinggi daripada nilai uang dari suatu kemitraan. Kemitraan yang kuat dapat mencakup rencana bagaimana konten dapat diperkuat sedemikian rupa sehingga mengarah pada pertumbuhan sales pemasar dan pembuat konten.
  • menunjukkan bahwa keselarasan ekspektasi yang jelas penting untuk membentuk kemitraan yang ideal dengan sales pemasar.

Dalam setiap aspek kreativitas modern, kemitraan dengan para kreator kemungkinan besar akan efektif jika diintegrasikan ke dalam strategi ide kreatif yang lebih besar, dan bukan hanya sekedar konten saja. Menghubungkan pemangku kepentingan, fungsi, dan ide yang sebelumnya berbeda-beda ke dalam upaya terpadu untuk menanamkan pemikiran kreatif. Namun, dengan kombinasi pengetahuan pelanggan dan ketajaman pemasaran, sales pemasar berada pada posisi yang tepat untuk memimpin transformasi ini dan berpotensi mengungkap sumber pertumbuhan baru.

Firman Cecak
Praktisi dan Edukator Kreatif Pemasaran Branding Idea- Creative Marketing Founder @berbedapembeda #BeraniKreatif  | + posts

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini