Sa Pa Yang Memanjakan Mata Anda

0
652
Sa Pa

Propertyandthecity.com – Vietnam kini sedang gencar mempromosikan kawasan wisatanya. Salah satu destinasi yang sudah mendunia adalah keindahan sawah-sawah di Sa Pa.

Masih terkesima dengan keindahan alam negeri Vietnam, tetapi nama Ha Long Bay begitu dianggap lumrah karena terlalu banyak wisatawan yang datang. Tidak ada salahnya wisatawan segera beralih ke destinasi baru yang belum banyak orang lain datangi.

Baca: HO CHI MINH CITY DENYUT NADI EKONOMINYA VIETNAM

Pemandangan alam pedesaan dengan hamparan sawah hijau di bukit hijau yang luas. Salah satu dari 7 hamparan sawah dengan pemandangan terindah di Asia dan dunia versi pembaca Majalah Travel And Leisure ini ada di Sa Pa. Destinasi ini merupakan sebuah kota kecil di perbatasan sebelah barat daya Vietnam, tepatnya di Provinsi Lao Cai. Jaraknya sekitar 350 km dari Ibu Kota Hanoi atau sekitar 5 – 6 jam dengan menggunakan bus melalui jalur tol atau 10-12 jam menggunakan kereta.

Sa Pa berhawa sejuk dengan suhu udara rata-rata harian berkisar 15 – 18 derajat Celcius dan hampir selalu diselimuti kabut, karena terletak di lereng Gunung Fansipan yang memiliki ketinggian 3.143 meter di atas permukaan laut. Karena cuacanya yang sering berubah-ubah, Sa Pa dikenal sebagai kota dengan empat musim dalam sehari, yaitu musim semi di pagi hari, musim panas di siang hari, musim gugur di sore hari dan musim dingin di malam hari.

Keunikannya tidak hanya terletak pada alamnya yang memukau, terdapat lima etnis minoritas yang tinggal di lembah Sa Pa, yaitu Etnis Hmong, Dao , Tay, Giay, dan sebagian kecil suku Xa Pho. Kelima etnis minoritas tersebut tinggal menyebar di berbagai desa di sekitar Sa Pa, dengan gaya hidup yang masih tradisional.

Keunikan etnis-etnis tersebut adalah busana dan aksesoris yang biasa mereka pakai dalam kehidupan sehari-hari. Etnis-etnis tersebut (khususnya kaum wanita), selalu mengenakan busana dan aksesoris meriah dan berwarna-warni. Wisatawan yang berkunjung tidak hanya melihat aktivitas harian mereka, tetapi juga bisa berfoto dengan busana khas etnis tersebut.

Bulan-bulan yang layak jadi pilihan untuk berkunjung ke Vietnam.

Mei

Saat penduduk Sa Pa sedang menanam padi di sawah yang di bukit-bukit. Ini juga musim berbagai jenis bunga. Cuacanya sejuk, stabil, harihari kering dan malam dingin. Orang di sini hanya menanam padi satu kali setiap tahun.

September – Oktober

Merupakan musim paling indah karena tanaman padi mulai berisi dan berwana kuning sejauh mata memandang.

November – Januari

Ini bulan masuk musim dingin, suhu turun 10 derajat celcius dan bisa mencapai dibawah 0 derajat celcius. Anda yang berkunjung di bulan-bulan ini baiknya mempersiapkan pakaian dingin yang lengkap. Apalagi di periode ini salju biasa turun.

Februari

Waktu dimana bunga Sakura bersemi hampir di seluruh Sa Pa. Ratusan pohon Sakura mekar di bukit-bukit memesona jiwa orang yang berwisata ke Sa Pa.