PP PROPERTI: Tiga Proyek Menguak Timur Jakarta

Tiga proyek PT PP Properti di timur Jakarta membuktikan antusiasnya pengembang BUMN ini menatap masa depan timur Jakarta. Terbukti di tengah wabah Covid-19 take up rate penjualan produk residensial PP Properti tetap tinggi.

0
121
Grand Kamala Lagoon
Grand Kamala Lagoon (dok. PP)

Propertyandthecity.com, Jakarta – Bukan sebuah kalau PT PP Properti Tbk masuk ke timur Jakarta. Pengembang BUMN ini tahu betul timur Jakarta sedang tumbuh dan punya magnet tinggi sebagai kawasan hunian. Bahkan, dalam kondisi melemahnya perekonomian akibat wabah Covid-19 pengembang di timur Jakarta tetap gencar membangun proyeknya. PP Properti sendiri punya tiga proyek di timur Jakarta yaitu Grand Kamala Lagoon, Little Tokyo, Grand Anila Apartment.

Menurut Taufik Hidayat, Direktur Utama PT PP Properti, Tbk, pengembang di kawasan timur Jakarta adalah pengembang yang sudah berpengalaman dalam menghadapi situasi krisis seperti yang terjadi saat ini wabah Covid-19. Magnet paling besar adalah adanya infrastruktur yang lengkap seperti jalan tol, tol elevated Japek, kereta api cepat Bandung-Jakarta, airport, dryport, LRT, MRT, Pelabuhan laut. Berbagai fasilitas lengkap seperti rumah sakit, sekolah, kampus, entertainment center.

Baca: YOHAN YAN: Sunrise Sedang Terjadi di Timur Jakarta

“Tidak bisa dipungkiri bahwa pesatnya pembangunan infrastruktur di kawasan timur Jakarta mendorong pesatnya pertumbuhan industri. Karyawan yang bekerja di kawasan industri tersebut membutuhkan hunian yang layak dan dalam jumlah besar. Hal inilah yang mendorong pesatnya pertumbuhan properti di kawasan timur Jakarta,” papar Taufik.

Hal yang harus diingat, lanjut Taufik, kalau bicara koridor atau kawasan timur Jakarta adalah kawasan pengembangan ekonomi di bagian timur Jakarta yang tidak hanya sampai di sekitar Bekasi tetapi terus sampai ke area yang terdapat infrastruktur yang secara signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional secara luas, setidaknya sampai di kawasan bandara Kertajati dan pelabuhan Subang.

Produk PP Properti di sepanjang kawasan timur Jakarta meliputi Grand Kamala Lagoon di Bekasi Barat, Apartemen River view and Apartemen Little Tokyo di Cikarang dan Aerocity Kertajati. Di semua lokasi tersebut proses pengembangan, penjualan dan pembangunan telah berjalan. Jenis pengembangannya merupakan mixed-use high rise development dengan segmen pasar utamanya middle class.

Baca: Proyek PP Properti di Timur Jakarta Catat Penjualan Tertinggi di Masa Pandemi

Terkait penjualan produk PP Properti di timur Jakarta, menurut Taufik, secara umum, take up rate penjualan produk residensial (apartemen dan rumah tapak) PP Properti selama masa pandemi Covid-19 relatif tinggi meskipun tidak sebesar pada masa sebelum pandemi termasuk yang di kawasan timur Jakarta. Yang menarik bahwa selama masa pendemi Covid-19, take up rate penjualan yang tertinggi dari seluruh produk PP Properti adalah apartemen di kawasan Grand Kamala Lagoon yang merupakan bagian dari kawasan timur Jakarta.

Hal ini karena kawasan mixed-use Grand Kamala Lagoon seluas 25 hektar yang telah berkembang pesat yangg terdiri jalan permanen, akses keluar masuk kawasan yang nyaman, shopping mall yang sudah beroperasi, sekolah internasional dan adanya 2 tower apartemen yang sudah dihuni. Adapun strategi bisnis PP Properti khususnya di masa pandemi ini meliputi promotion strategy, pricing strategy dan consumer relation management strategy.

Baca: MAPANESIA (2): Pengembang Koridor Timur Bersinergi

“Kami maintenance konsumen yang ada saat ini khususnya yang sedang mengalami kesulitan membayar cicilan agar tidak melakukan pembatalan. Konsumen puas dengan layanan ini lalu mereka melakukan advocacy ke calon konsumen lainnya. Kami juga mempercepat penyelesaian pembangunan unit apartemen dan mempercepat proses serah terima unit yang telah memenuhi syarat minimal pembayaran,” papar Taufik.