Mowilex Raih Tiga Penghargaan di TOP CSR Awards 2020

Perjalanan aktivitas Corporate Social Responsibiliy (CSR) sudah dimulai PT Mowilex Indonesia sejak berdiri dan mendapat respon positif dari masyarakat.

0
107
Mowilex Indonesia Top CSR 1
Mowilex Indonesia raih tiga penghargaan dalam ajang TOP CSR Awards 2020. (Foto: Mowilex)

Propertyandthecity.com, Jakarta – Mowilex Indonesia, merk cat tembok premium yang diproduksi di Indonesia sejak tahun 1970, diapresiasi atas berbagai aktivitas sosialnya (Corporate Social Responsibility/CSR). Dalam ajang TOP CSR Awards 2020 yang diselenggarakan beberapa waktu lalu tersebut, Mowilex meraih tiga penghargaan sekaligus dalam tiga kategori berbeda.

PT Mowilex Indonesia adalah salah satu perusahaan yang cukup aktif dalam melakukan berbagai aktivitas sosialnya. Secara konsisten Mowilex melakukan aksi sosial mulai dari pemberian bantuan tanggap bencana alam nasional, membantu pemerintah kota dalam program kota layak anak dan program Community Development guna peningkatan kapasitas Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dalam menjaga estetika kota.

Baca: Kantongi Sertifikat Karbon Netral, Mowilex Indonesia Komitmen Lestarikan Lingkungan

Mowilex juga turut serta dalam kampanye kesadaran terhadap orang-orang berkebutuhan khusus (multidisabilitas) dengan merevitalisasi panti multidisabilitas yang hanya terdiri dari lima panti di seluruh Indonesia.

Aksi Mowilex peduli terus berlanjut, sebagai perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang bersertifikat Netral Karbon, penting bagi Mowilex untuk melaksanakan program CSR yang berfokus pada sustainability (berkelanjutan).

Program komitmen terhadap lingkungan dimulai dari mengurangi pemakaian plastik sebanyak 80% dalam delapan tahun ke depan. Kemudian melalui perusahaan induk Mowilex, Asia Coatings Enterprises Pte Ltd, Mowilex juga turut serta melakukan konservasi habitat Hiu Paus di Teluk Saleh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat melalui organisasi Conservation International hingga 5 tahun ke depan.

Memasuki tahun 2020, program Keberlanjutan Mowilex tetap konsisten dengan isu lingkungan, yaitu melakukan program penanaman 50.000 bibit pohon di seluruh Indonesia dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke 50 tahun.

Hal ini sesuai dengan 3 pilar program keberlanjutan PT Mowilex Indonesia yaitu Kurangi (Avoid), Hindari (Reduce), Imbangi (Offset).

Baca: Dinding Rembes? Berikut Tips dari Aquaproof

Pada tahun 2020, Indonesia mengalami banyak sekali krisis lingkungan mulai dari banjir yang terjadi pada bulan Februari 2020, Mowilex menyumbangkan total 680 liter cat untuk sekolah yang membutuhkan setelah terkena dampak banjir.

Saat pandemi Covid 19 menyerang di bulan Maret 2020, meski turut terkena imbas, PT Mowilex Indonesia diinisiasi melalui kepedulian karyawan, menyumbangkan lebih dari 26.000 buah masker yang di distribusikan ke seluruh cabang Mowilex dan toko, serta 14.000 Alat Pelindung Diri (APD) berstandar medis untuk tenaga kesehatan melalui PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia).

Tiga Kategori

Aksi nyata kepedulian ini membawa Mowilex menjadi pemenang 3 kategori Award dalam Ajang penghargaan CSR terbesar di Indonesia, TOP CSR Awards 2020 untuk kategori TOP CSR Awards 2020 # Star 4, TOP Leader on CSR Commitment 2020, TOP CSR Awards 2020 – Program Perlindungan Lingkungan.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Penyelenggara TOP CSR Awards 2020 M Lutfi Handayani kepada Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer PT Mowilex Indonesia, pada hari Rabu, 29 Juli 2020 di Hotel Sultan, Jakarta.

Tidak mudah untuk mendapatkan Award di 3 kategori sekaligus, karena ada 3 aspek utama yang menjadi penilaian yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang Social Responsibility, aspek GCG (Good Corporate Governance) dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi serta daya saing bisnis perusahaan.

Baca: Aksi Sosial Mal Ciputra Semarang Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Lutfi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan TOP CSR Awards 2020 diikuti oleh 200 perusahaan dengan CSR terbaik di Indonesia. “Hasilnya sebanyak 100 perusahaan yang mendapatkan penghargaan TOP CSR Awards 2020,” ujarnya.

Kegiatan award-award CSR yang lain, fokus penilaian hanya pada aspek memenuhi terhadap ISO 26000/aspek lingkungan. Sedangkan Penilaian TOP CSR Awards 2020 lebih lengkap.

Tidak hanya sekadar memenuhi terhadap Ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, tapi juga memperhatikan aspek GCG, dan keselarasan antara CSR dengan strategi bisnis perusahaan”.

Anna Yesito Wibowo menambahkan, CSR, bagi perusahaannya adalah inisiatif berkelanjutan. “Kami ingin menciptakan dunia yang lebih baik dengan komitmen menjalankan 3 pilar keberlanjutan kami, yakni Kurangi (Avoid), Hindari (Reduce), Imbangi (Offset), serta community development yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Baca: Cara Menata Apartemen Agar Anak Betah Belajar Selama Masa Pandemi

Lebih lanjut, Anna mengatakan, Mowilex siap menjalankan kampanye di era new normal ini, yaitu Mewarnai Indonesia Baru. Kegiatan ini sebagai respon perusahaan terhadap krisis akibat pandemi Covid-19.