Beranda Berita Properti Long Weekend Idul Adha dan Liburan Sekolah, KAI Tambah Perjalanan di 3...

Long Weekend Idul Adha dan Liburan Sekolah, KAI Tambah Perjalanan di 3 Rute Favorit

9
0
Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur.

PropertyandTheCity.com, Jakarta – Kementerian Perhubungan jauh-jauh hari telah mengantisipasi peningkatan mobilitas pada masa libur panjang Hari Raya Idul Adha 1445 H dan libur sekolah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan transportasi kereta api jalur selatan dan jalur utara. Menhub melakukan peninjauan dengan kereta inspeksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) dari Stasiun Purwokerto menuju Stasiun Kroya, Stasiun Tegal, hingga Stasiun Semarang, Sabtu (15/6/2024).

“Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” kata Menhub seperti dikutip keterangan tertulis Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

PT KAI telah menambah perjalanan kereta api (KA) 20% untuk rute-rute favorit tersebut. Seperti Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Solo dan sebaliknya.

Selama 14 – 18 Juni 2024 KAI menyediakan 923.503 tempat duduk. Mengoperasikan 1.849 perjalanan KA atau 370 perjalanan KA per hari.

Hingga tanggal 15 Juni 2024, KAI telah menjual 810.579 tiket atau 88% dari dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan, untuk perjalanan sampai 18 Juni.

Selain itu KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasar Turi – Ketapang pp selama 15-19 Juni 2024, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang berlibur ke Bali. Menhub memastikan aspek keselamatan terpenuhi dengan ramp check kereta.

Kemenhub bekerja sama dengan Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten, juga melakukan ramp check terhadap bus umum dan bus pariwisata pada Sabtu (15/6) dan Minggu (16/6) secara serentak di seluruh Indonesia.

“Untuk transportasi darat, pada musim liburan yang krusial adalah daerah pariwisata. Karena itu saya melakukan inspeksi di beberapa tempat. Alhamdulillah tadi di Purwokerto bagus sekali. Harapan saya itulah yang dilakukan oleh masyarakat transportasi, mengutamakan keselamatan,” ujar Menteri Budi Karya.

Sedangkan pada penyeberangan, Menhub mengatakan rute Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) dan Merak-Bakauheni akan ramai pada liburan saat ini.

“Penyeberangan harus siap dengan jumlah mobilitas masyarakat yang banyak pada liburan kali ini, berikan pelayanan yang terbaik dan proses berangkat dan pergi upayakan secepat mungkin,” tandas Menhub.

Di sektor penerbangan, selain memastikan keselamatan udara terpenuhi melalui ramp check pesawat, Menhub pengelola bandara dan operator menambah jumlah penerbangan untuk rute favorit seperti ke Solo, Yogyakarta, dan Bali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini