KENARI DJAJA INOVASI PRODUK NEW NORMAL

0
32
INOVASI PRODUK NEW NORMAL
Hendra B Sjarifudin Co Founder & President Director PT Kenari Djaja Prima

Inovasi jadi kunci sukses Kenari Djaja sebagai distributor produk produk perlengkapan pintu berkualitas. Bahkan, rangkaian produk new normal juga turut dihadirkan mengikuti perkembangan era kekinian.

Kenari Djaja akan memasuki usianya ke-56 tahun pada 27 Februari 2021. Tidak ada yang menyangka, toko kecil di pojok Pasar Kenari, Salemba, Jakarta Pusat ini, bakal menjelma menjadi distributor bahkan produsen beragam produk dan perlengkapan, pintu dan jendela. Bahkan, telah pula dijuluki “Raja Kunci”.

Produk-produk Kenari Djaja menyasar semua segmen pasar, mulai dari low end sampai dengan high end, dari rumah sederhana hingga rumah mewah. Atau dari segi harga, berkisar mulai Rp70.000 sampai Rp100 jutaan. Tidak hanya itu, Kenari Djaja juga merambah ke beberapa produk perlengkapan pendukung lainnya, seperti partisi kaca, partisi peredam, juga partisi cubicle toilet.

Bahkan, produk kuncinya pun terus berinovasi seturut perkembangan zaman. Seperti electrical door lock, master key system, yakni satu anak kunci untuk banyak pintu, hingga inovasi di era digital dengan hadirnya digital lock. Termasuk juga pengendalian kunci pintu melalui smartphone.

INOVASI PRODUK NEW NORMAL

Tidak ketinggalan, inovasi produk new normal di era pandemi Covid-19 ini juga telah dilakukan sedari awal pandemi melanda dunia. Deretan produk no touch solution dihadirkan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus mematikan tersebut. Sehingga cukup dengan mendekatkan telapak tangan, pintu sudah bisa terbuka secara otomatis.

“Di era new normal, kami menghadirkan produk yang meminimalisir sentuhan tangan dengan kunci atau gagang pintu, maka kami hadirkan kunci pintu tanpa disentuh,” kata Hendra B Sjarifudin, Co Founder & President Director of PT Kenari Djaja Prima.

Inovasi lainnya adalah produk Door Foot Pull KEND. Buka pintu dengan cara diinjak. Produk terjangkau ini dijual hanya sekitar Rp70.000. Door Foot Pull bisa dipasang di pintu kaca dan pintu kayu. Sudah banyak toko, ritel seperti gerai makanan cepat saji, termasuk universitas dan rumah sakit yang mengaplikasikan salah satu inovasi terbaru Kenari Djaja ini.

Sementara Desk Partition, berupa partisi penyekat di meja kantor yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di antara karyawan. Beberapa perkantoran dan perbankan juga telah menggunakan produk Desk Partition tersebut. “Kami adalah pelopor yang menghadirkan inovasi produk-produk seperti ini,” tegas Hendra.

Inovasi, bagi Hendra adalah kunci dalam menjaga eksistensi Kenari Djaja sekaligus juga strategi menghadapi ketatnya persaingan pada pangsa produk sejenis. “Banyak kompetitor yang meniru produk kami, tapi kualitas tidak sebanding dengan Kenari Djaja,” tegasnya.
Strategi lainnya, adalah memperkuat promo dan pemasaran melalui
digital marketing. Mulai dari tim internal, hingga media online dan channel media sosial kembali didorong. Ada juga produk-produk e-catalogue, yang sejatinya sudah dilakukan sebelum pandemi. e-catalogue juga sudah bisa diunduh melalui aplikasi berbasis Android.

Salah satu produk terbaru dari Kenari Djaja yang baru dirilis Januari ini adalah gagang pintu dengan merek, KEND. Gagang pintu terlihat minimalis namun elegan dengan tampilan kokoh dan eksklusif. Produk anyar ini diyakini akan sangat diminati pasar Indonesia, terutama kalangan menengah atas. “Produk-produk kami yang juga tinggi peminatnya, seperti Electrical Door Lock Kwiksket Kevo, termasuk KEND Digital Door Lock. Kalau untuk Belleza biasanya untuk rumahrumah menengah ke bawah, juga banyak digunakan,” ungkap Hendra.

Bahkan dalam waktu dekat, Kenari Djaja juga akan kembali merilis produk baru berbasis smart home. Termasuk produk-produk semi classic juga kembali akan dihadirkan dalam bentuk yang terbaru.

Jaringan distribusi Kenari Djaja juga telah tersebar di seantero Nusantara. Produk-produk berkualitas Kenari Djaja tersebut didominasi oleh produk Italia dan beberapa negara Eropa lainnya, kemudian dari Amerika, serta beberapa dari negara Asia, seperti China,Jepang, dan Korea.

Selama berkiprah sebagai distributor produk perlengkapan pintu, Kenari Djaja telah menorehkan berbagai prestasi. Antara lain adalah lima rekor yang diapresiasi oleh Museum Rekor Indonesia (MURI):
Distributor Pertama Khusus Kunci dan Perlengkapannya (2019), Distributor Kunci Pertama yang Menyediakan Jasa Layanan Darurat 24 Jam (2019), Distributor Kunci Pertama yang Mengenalkan Sistem Masterkey untuk Bangunan dan Rumah Tinggal (2019), Distributor Kunci yang Memiliki Ruang Pamer Terbanyak (2020), dan Distributor Kunci Pertama yang Memasarkan Merek Dagang Sendiri (2020).

[Pius Klobor]